All New Toyota Kijang Innova Zenix punya dua varian, reguler dan hybrid. Untuk tipe G CVT, kini jadi tipe termurah, dijual Rp419 juta. Sedangkan G Hybrid dilego Rp458 juta on the road Jakarta. Kacek keduanya cuma Rp39 juta. Mengenai kelengkapan fitur hampir mirip. Namun sektor mekanis jauh berbeda. Mulai dari bantingan suspensi, hingga performa karakter berkendara. Mari kita bedah poin pertimbangan masing-masing unit.
Enaknya beli Innova Zenix HEV, pakai mesin TNGA 2.0L berkode M20A-FXS plus dorongan motor listrik. Tenaga ICE tersembur 152 PS pada 6.000 rpm dan torsi 187 Nm pada 4.400-5.200 rpm. Kinerja mesin 1.987 cc 4 silinder Dual VVT-i ini diperkuat penggerak dinamo listrik berdaya 113 PS dan torsi 205 Nm. Tenaga gabungan mencapai 186 PS pada sistem.
Namun perlu diketahui, baterai Innova Zenix Hybrid menggunakan jenis Ni-MH dengan kapasitas 1,31 kWh. Harganya sekitar Rp30 jutaan. Memang Toyota memberi garansi hingga 8 tahun atau jarak tempuh 160 ribu kilometer. Tapi, kelak pemilik harus memikirkan biaya penggantian bila performanya sudah menurun. Saat pengujian Jogja-Semarang-Jakarta, tipe ini memang lebih irit ketimbang mesin bensin konvensional.
Baca Juga: Toyota Kijang Innova Zenix Punya Visibilitas dan Fleksibilitas Tinggi Karena Hal Ini
Kalau Innova Zenix G CVT, berbekal mesin bensin 2,0 liter Dynamic Force. Keluaran torsi puncak 205 Nm sejak 4.500 rpm. Sedangkan tenaga maksimal baru didapat di 6.600 rpm sebesar 174 PS. Tipe ini tetap layak dibeli, misal buat Anda yang memang sedari dulu suka generasi Kijang. Nah, lantaran sama-sama grade G, maka kelengkapan masih sama.
Innova Zenix G, menggunakan material jok pakai jenis kain (fabric) kombinasi warna coklat plus hitam. Begitu pula di area door trim maupun dasbor. Untuk meter cluster, ia berbekal layar MID TFT 7 inci. Bagian hiburan, tertanam head unit mengambang 9 inci multi-sambungan ke gawai. Tipe termurah ini belum diberi air purifier, pakai manual adjuster headlamp, serta rear defogger. Namun di G HEV, Anda bisa memilih EV dan Sport Mode, vehicle approach notice, corner sensor.
Guna menunjang keamanan berkendara. Kijang Innova Zenix Hybrid G series diberi perangkat safety cukup. Konsumen mendapatkan dual SRS airbag, sistem pengereman ABS, EBD, Brake Assist. Peranti standar lain berupa Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA) dan Isofix. Bagi yang ini naik kelas, maka sebaiknya ambil G HEV sekalian. Respons mesin jauh lebih mantap. Bahkan bisa semakin efisien bahan bakar bila cara menjaga putaran (rpm) baik. (Alx/Odi)
Baca Juga: Perbandingan Rasa Toyota Kijang Innova Zenix Gasoline dan Hybrid, Ini Bedanya
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.