Dalam strata bawah All New Daihatsu Xenia, diisi tipe M dan X. Kita sudah pernah bahas Xenia M sebagai trim termurah dari sekian banyak varian Xenia. Harganya tak sampai Rp200 juta, tapi mengalami banyak peningkatan dibanding model terdahulu. Terutama dari rasa berkendara yang mengikuti platform dan penggerak baru. Fiturnya pun lebih berkelas terutama peranti keselamatan. Namun tetap terlalu sederhana untuk dijadikan mobil pribadi. Lain halnya bila difungsikan sebagai armada fleet atau operasional perusahaan.
Kalau butuh mobil keluarga namun bujet terbatas, coba lirik trim lebih tinggi. Ada All New Xenia tipe X yang ditawarkan dalam dua pilihan transmisi: manual dan CVT. Penambahan dana tidak terlampau banyak jika dibandingkan Xenia M. Varian Xenia 1.3 X M/T dibanderol Rp193,9 juta dan CVT Rp209,3 juta. Harga berdasar data per Desember di laman resmi Daihatsu. Ingat, ini masih mendapat insentif PPnBM 100 persen dari pemerintah. Kalau tidak berlanjut pada Januari 2022 mendatang, tentu akan mengalami kenaikan.
Untuk Xenia 1.3 X M/T cukup tambah Rp3 juta dari Xenia 1.3 M M/T. Semua kelengkapan tipe M sudah pasti ada di X. Seperti head lamp LED, dual airbag, ABS+EBD, speed sensing auto door lock, konfigurasi kursi sofa mode, one touch tumble, double blower dan banyak lainnya. Namun dari tampilan luar, Xenia M terlalu simpel tanpa diberi pelek alloy. Jadi masih pakai model kaleng yang terlihat sekali sisi kesederhanaannya.
Baca Juga: Cek Kelengkapan dan Fitur yang Dimiliki All New Daihatsu Xenia Termurah 1.3 M M/T
Tentu Xenia X tampak lebih mewah dari luar. Peleknya alloy 15-inci dibalut ban 185/65 sama seperti Xenia 1.3 tipe R. Antena sudah model shark fin tidak model tarik jadul seperti di M. Bagian lain tetap sama polosnya, misal tanpa ada elemen kromium dan minus lampu kabut. Sementara interior ada tambahan Folded Assist Grip di kursi belakang dan Mid Range Speaker. Head unit masih standar ukuran 7-inci dan tanpa audio steering switch.
Kalau ingin dijadikan mobil keluarga, saran kami pilih CVT. Selain lebih nyaman berkendara, terlebih dengan segala kelebihannya, khusus girboks ini punya fitur keselamatan lebih komplet. Ya, sudah tersemat Vehicle Stability Control (VSC) yang bakal menjaga kestabilan serta mencegah melintir atau kehilangan kendali. Begitu pula kehadiran Hill Start Assist (HSA) guna membantu saat beranjak jalan di tanjakan. Kedua peranti itu tak ada di Xenia X M/T. Tentunya sangat layak dengan tawaran harga tak sampai Rp210 juta.
Secara teknis sesuai spesifikasi enjin varian 1,3-liter. Berupa unit 1NR-VE 4-silinder 1.329 cc DOHC Dual VVT-i penghasil tenaga 97,9 PS di 6.000 rpm dan torsi 122 Nm di 4.200 rpm. Mesin lama yang terkenal kuat dan irit, tapi kini berubah posisi menjadi penggerak roda depan (FWD). Jelas ada perubahan karakter. Mulai dari tarikan lebih responsif, bisa lebih efisiens dan hilangnya dengung gardan khas Xenia lawas. (Odi)
Baca Juga: Varian Termahal All New Daihatsu Xenia 1.5 R CVT ADS, Punya Apa Saja?
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.