Mengenal Adaptive Cruise Control Milik Wuling Almaz RS, Bukan Fitur Berkendara Otonom

Wuling Almaz RS

Laju otomatis Wuling Almaz RS berpegang erat pada Advanced Driving Assistance System (ADAS). Fungsinya bisa meringankan beban berkendara hingga meminimalisir berbagai risiko celaka. Salah satu kemampuan yang cukup fungsional adalah Adaptive Cruise Control. Sanggup menjaga laju konstan sekaligus menjaga jarak secara otomatis.

Terdapat tiga jenis kemampuan di dalamnya untuk sajikan pengendalian ‘rasa otomatis’. Paling mendasar adalah Adaptive Cruise Control (ACC). Memungkinkan pengemudi untuk menentukan laju konstan otomatis berikut menjaga jarak dengan kendaraan di hadapan. Kemampuannya didukung Bend Cruise Assistance (BCA) untuk mengurangi kecepatan sesuai radius tikungan di hadapan. Harus dicatat, BCA mungkin tidak bisa beroperasi bila radius menikung terlalu kecil.

Sokongan asisten berkendara adaptif ini dilanjut oleh Traffic Jam Assistance (TJA). Bila diaktifkan, mobil dapat melakukan stop and go secara mandiri. ACC dan Lane Keeping Assist (LKA) pun akan ikut beroperasi kala sistem bekerja. Lebih dari itu, Intelligent Cruise Assistance (ICA) padukan kemampuan ACC dan alat penjaga posisi di tengah jalur secara bersamaan di kecepatan 60-150 kpj.

Baca Juga: Serbamodern Tak Harus Mahal, Simak Nilai Unggul Wuling Almaz RS atas Harga Jualnya

wuling almaz RS

Nah, bukan tidak mungkin basis fitur cruise control adaptif malah tidak dapat diaktifkan kala Anda berkendara. Jangan dulu menyalahkan komponen kendaraan sebab bisa jadi ada syarat yang belum dipenuhi. Harus diketahui, untuk dapat melancarkan bantuan adaptif ini perlu memenuhi beberapa syarat. Misal mengencangkan sabuk pengaman, menutup rapat pintu, dan menyalakan Electronic Stability Control. Di samping itu, pastikan juga Anda tidak melebihi batas kecepatan ACC, menempatkan transmisi di posisi D, dan tidak mengunci Electronic Parking Brake.

Peran Besar ADAS

Bantuan berkendara Wuling Almaz RS tidak selesai sampai di situ. Masih ada peranti ekstra Lane Keeping Assistance (LKA) guna menjaga posisi mobil tetap berada di dalam jalur. Sisipan Intelligent High Beam Assistance (IHMA) bakal memberikan penerangan optimal di malam hari tanpa menyilaukan pengemudi di arah berlawanan. Mengalihkan lampu jauh atau dekat sesuai parameter tertentu.

Paling penting di antara seluruh paketnya adalah bantuan untuk menjaga keselamatan berkendara. Seminimalnya terdapat Safe Distance Warning (SDW), bertugas memberikan peringatan ketika jarak kendaraan di hadapan terlalu dekat. Baru dari situ Forward Collision (FCW) akan bekerja bila mendeteksi potensi terjadinya celaka. Kegentingan ditunjukkan secara visual dari panel instrumen, audio, hingga haptic feedback pada pedal rem agar pengemudi dapat sesegera mungkin menginjak pedal rem.

Terakhir bila respons pengemudi dinilai kurang atau bahkan tidak ada sama sekali, sistem pengereman akan langsung mengintervensi. Mau itu menambah daya penghela laju hingga melakukan tindakan pengereman darurat dapat ia lakukan. Sangat membantu menghindari risiko terjadinya celaka atau meminimalisir dampak dari kerusakan. Untuk diketahui, setelah melakukan pengereman maksimal, sistem bakal melepas kuncian setelah dua detik.

Baca Juga: Beda Fitur Wuling Almaz RS dan Reguler Cukup Signifikan, Harga Tetap Kompetitif

interior wuling almaz RS

Segala kemampuannya terdengar seperti sistem pengendali otonom bukan? Untuk melaju ibarat tak perlu lagi menginjak pedal gas lantaran adaptive cruise control siap menyesuaikan laju sesuai kondisi lalu lintas. Untuk apa pula setir karena ada bantuan menjaga posisi di tengah. Pun kalau nyaris menabrak, rem akan bekerja mandiri. Tapi jangan gegabah, semua ini hanya bantuan berkendara dan bukan pengganti tugas sang pilot manusia.

“Ternyata menurut SAE, fitur-fitur yang ada di Almaz RS, membuat kendaraan kami tersebut dikategorikan sebagai level 2 Driving Automation. Yang artinya, kalau secara singkat, mobil tersebut bukanlah mobil otonom,” ujar Danang Wiratmoko sebagai Product Planning Wuling Motors pada gelaran media briefing online (21/4). Yep, bisa disimpulkan, tanggung jawab atas keselamatan jelas berada di tangan pengemudi sementara sistem hanya hadir sebagai asisten.

“ADAS bersifat sebagai bantuan, dan tidak menggantikan peran utama pengemudi. Tiap pengemudi harus selalu waspada dan bertanggung jawab terhadap kondisi lalu lintas dan tetap aktif merespon keadaan sekitar”, terang Danang dalam keterangan resmi. (Krm/Odi)

Baca Juga: Memahami Teknologi WISE, Menikmati Kendali dalam Genggaman Smartphone

Jelajahi Wuling Almaz RS

  • Tampak Depan Bawah Wuling Almaz RS
  • Tampak Grille Almaz RS
  • Fog lamp depan Almaz RS
  • Lampu depan Almaz RS
  • lampu belakang Almaz RS
  • Pelek Almaz RS
  • Wuling
Wuling Almaz RS
Rp 385,5 - 444,2 Juta Cicilan : Rp 8,8 Juta

Model Mobil Wuling

Mobil Wuling
  • Wuling Almaz Hybrid
    Wuling Almaz Hybrid
  • Wuling Almaz RS
    Wuling Almaz RS
  • Wuling Alvez
    Wuling Alvez
  • Wuling Binguo EV
    Wuling Binguo EV
  • Wuling Cloud EV
    Wuling Cloud EV
  • Wuling Confero
    Wuling Confero
Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Wuling Unggulan

  • Yang Akan Datang

Bandingkan & Rekomendasi

Tren SUV

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil Wuling Almaz RS dari Carvaganza

  • Harga Menarik, Begini New Wuling Almaz RS Dibanding Para Rivalnya
    Harga Menarik, Begini New Wuling Almaz RS Dibanding Para Rivalnya
    Anjar Leksana . 17 Okt, 2023
  • Serba-Serbi Menarik Soal Penyegaran Wuling Almaz RS
    Serba-Serbi Menarik Soal Penyegaran Wuling Almaz RS
    Alvando Noya . 12 Okt, 2023
  • Bedah Fitur Keselamatan New Wuling Almaz RS, Ini Daftar Lengkapnya
    Bedah Fitur Keselamatan New Wuling Almaz RS, Ini Daftar Lengkapnya
    Muhammad Hafid . 10 Okt, 2023
  • Punya Wajah Baru, Ini Daftar Fitur Unggulan New Wuling Almaz RS
    Punya Wajah Baru, Ini Daftar Fitur Unggulan New Wuling Almaz RS
    Muhammad Hafid . 09 Okt, 2023
  • Harganya Menarik, Ini Perbedaan New Wuling Almaz Dibanding Sebelumnya
    Harganya Menarik, Ini Perbedaan New Wuling Almaz Dibanding Sebelumnya
    Alvando Noya . 06 Okt, 2023

Artikel Mobil Wuling Almaz RS dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test
  • Ragam Program Akhir Tahun dari Wuling, Ada Produk ICE dan EV
    Ragam Program Akhir Tahun dari Wuling, Ada Produk ICE dan EV
    Setyo Adi Nugroho . 11 Des, 2024
  • Tak Cuma Punya Efisiensi dan Performa, New Wuling Almaz RS Pro Hybrid Juga Berbekal Fitur Canggih
    Tak Cuma Punya Efisiensi dan Performa, New Wuling Almaz RS Pro Hybrid Juga Berbekal Fitur Canggih
    Ardiantomi . 19 Nov, 2024
  • Memahami Kecanggihan New Wuling Almaz RS Pro Hybrid
    Memahami Kecanggihan New Wuling Almaz RS Pro Hybrid
    Muhammad Hafid . 01 Apr, 2024
  • New Wuling Almaz RS Pro Hybrid Tetap Tampil di IIMS 2024 Demi Goda Konsumen SUV 7-penumpang
    New Wuling Almaz RS Pro Hybrid Tetap Tampil di IIMS 2024 Demi Goda Konsumen SUV 7-penumpang
    Alvando Noya . 20 Feb, 2024
  • Komunitas Wuling Almaz Sukses Touring Lintas Tiga Negara
    Komunitas Wuling Almaz Sukses Touring Lintas Tiga Negara
    Setyo Adi Nugroho . 11 Jan, 2024
  • New MG HS Lawan Sepadan Wuling Almaz RS, Begini Perbandingannya
    New MG HS Lawan Sepadan Wuling Almaz RS, Begini Perbandingannya
    Setyo Adi Nugroho . 26 Jan, 2023
  • Pulang Kampung ke Jogja Naik Wuling Almaz RS, Tepis Stigma Mobil Cina
    Pulang Kampung ke Jogja Naik Wuling Almaz RS, Tepis Stigma Mobil Cina
    Rizki Satria . 09 Mei, 2022
  • Pulang Kampung ke Jogja Naik Wuling Almaz RS, Serasa Disopiri!
    Pulang Kampung ke Jogja Naik Wuling Almaz RS, Serasa Disopiri!
    Rizki Satria . 09 Mei, 2022