Begini Jadinya saat Honda Membesut Rebel Jadi CL500 Scrambler

Honda CL500

 

KEY TAKEAWAYS

  • Honda CL500 merupakan model global

    Karena Rebel 500 dijual disini, tak menutup kemungkinan versi Scrambler juga masuk
  • Pada 23 Maret, Honda Motor Co., Ltd merilis CL500. Dari tampilan sudah terlihat kalau ia menggunakan basis Rebel yang dijadikan versi scrambler. Posisi rangka, tangki dan bagian lain tampak mirip. Di balik sasis, duduk mesin DOHC 4 katup empat silinder segaris berpendingin cairan dengan kubikasi 471 cc. Di Negeri Matahari Terbit, harga setelah pajak menjadi 863.500 yen atau setara Rp100 jutaan.

    Honda CL500 merupakan model yang dikembangkan dengan slogan Express Yourself. Tujuannya ialah menciptakan sepeda motor supaya dapat dinikmati secara santai sesuai kebutuhan aneka gaya hidup. Sekaligus menonjolkan diri si pengendara. Dibanding Rebel sebagai cruiser. Tampilan baru malah lebih cocok dibuat bergaya scrambler. Jok datar dan posisi knalpot ke atas jadi terlihat kekar.

    Jantung pacu mengusung sistem 4-stroke dua silinder segaris DOHC 4 valve dibarengi radiator. Diameter dalam kali langkah 67 mm x 66,8 mm. Gerak dua piston menghasilkan output maksimum 34 kW (46 PS) di 8.500 rpm dan torsi puncak 43 Nm sejak 6.250 rpm. Penyaluran tenaga pakai transmisi manual enam percepatan berikut assist and slipper clutch. Fitur digunakan untuk mengurangi beban pengoperasian tuas kopling. Sekaligus mereduksi lompatan roda belakang selama perpindahan gigi.

    Baca Juga: Harga dan Spek Honda Rebel CMX500, Tunggangan para Pejabat Kemenkeu

    Honda CL500

    Sama seperti adiknya, CL250. Honda CL500 mengekspresikan gaya scrambler dengan pipa pembuangan tipe atas, bantalan tangki (12 liter) mendongak. Sorot depan mengandalkan LED daymaker. Panel meter bulat menampilkan beragam informasi kendaraan. Termasuk spion berbentuk lingkaran, menekankan gaya klasik kontemporer.

    Bodinya menggunakan frame jenis diamond chassis. Menurut Honda, konfigurasi macam ini demi mengoptimalkan kekakuan serta keseimbangan bobot. Suspensi teleskopik atas dan ban berpola semi blok. Posisi berkendara tegak memungkinkan motor melahap beragam medan. Mulai dari jalan beraspal hingga tanah semi off-road.

    Untuk ukuran, Honda CL500 memiliki panjang 2.175 mm, lebar 830 mm, tinggi 1.135 mm, jarak sumbu roda 1.485. Kemudian ground clearance 155 mm, serta tinggi tempat duduk 790 mm. Bobot kendaraan 192 mm, radius putar 2,6 meter. Profil ban 110/80 ring 19 inci depan dan belakang 150/70 17 inci. Semua dibekali cakram ABS. Ia dibilang tetap nyaman buat dikendarai dua orang.

    Dengan metode WMTC, Honda CL500 dijanjikan memiliki konsumsi bahan bakar sampai 43 km/liter. Nah, karena ia merupakan model global. Tak menutup kemungkinan kalau Astra Honda Motor (AHM) menjajakan produk serupa di sini. Sebab big bike Rebel 500 saja didagang. Versi scrambler seharusnya bisa melengkapi lini produk, bila kelak mengaspal di Tanah Air. (Alx/Odi)

     

    Baca Juga: Honda Gold Wing Versi Terbaru Meluncur di Indonesia

    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Motor Honda Unggulan

    Artikel Motor Honda dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Road Test
    • Skema Kredit All New Honda Scoopy
      Skema Kredit All New Honda Scoopy
      Bangkit Jaya Putra . 07 Nov, 2024
    • 14 Perbedaan All New Honda Scoopy dengan Model Lama
      14 Perbedaan All New Honda Scoopy dengan Model Lama
      Bangkit Jaya Putra . 05 Nov, 2024
    • Honda Memperbarui Scoopy, Ubahan Desain dan Fitur Signifikan
      Honda Memperbarui Scoopy, Ubahan Desain dan Fitur Signifikan
      Muhammad Hafid . 05 Nov, 2024
    • Honda ICON e: dan CUV e: Tampil Perdana di IMOS 2024
      Honda ICON e: dan CUV e: Tampil Perdana di IMOS 2024
      Zenuar Yoga . 30 Okt, 2024
    • AHM Kasih Warna Baru Buat Honda ST125 Dax
      AHM Kasih Warna Baru Buat Honda ST125 Dax
      Zenuar Yoga . 30 Okt, 2024
    • Harga Mirip, Pilih Yamaha Nmax “Turbo” Tech Max atau Honda CBR150R ABS?
      Harga Mirip, Pilih Yamaha Nmax “Turbo” Tech Max atau Honda CBR150R ABS?
      Zenuar Yoga . 16 Jul, 2024
    • Buat Penggunaan Harian, Pilih Yamaha Nmax “Turbo” atau Honda ADV160?
      Buat Penggunaan Harian, Pilih Yamaha Nmax “Turbo” atau Honda ADV160?
      Zenuar Yoga . 05 Jul, 2024
    • Rivalitas Yamaha Nmax “Turbo” vs Honda PCX160 ABS Memasuki Babak Baru, Mana Layak Dipilih?
      Rivalitas Yamaha Nmax “Turbo” vs Honda PCX160 ABS Memasuki Babak Baru, Mana Layak Dipilih?
      Zenuar Yoga . 24 Jun, 2024
    • Pertarungan All New Honda Beat Street vs Suzuki Nex Crossover vs Yamaha X-Ride, Siapa Terbaik?
      Pertarungan All New Honda Beat Street vs Suzuki Nex Crossover vs Yamaha X-Ride, Siapa Terbaik?
      Zenuar Yoga . 07 Jun, 2024
    • Cek Fakta Menarik All New Honda Beat Series yang Terjual 23 juta Unit
      Cek Fakta Menarik All New Honda Beat Series yang Terjual 23 juta Unit
      Zenuar Yoga . 06 Jun, 2024
    • First Ride All New Honda Beat Street: Ubahan Bikin Pengendalian Lebih Asyik!
      First Ride All New Honda Beat Street: Ubahan Bikin Pengendalian Lebih Asyik!
      Zenuar Yoga . 06 Jun, 2024
    • First Ride Honda Stylo 160: Desain Retro Tapi Ada Rasa yang Sama
      First Ride Honda Stylo 160: Desain Retro Tapi Ada Rasa yang Sama
      Setyo Adi Nugroho . 04 Feb, 2024
    • First Ride New Honda CBR250RR SP QS: Pembuktian Total Control yang Bikin Nagih!
      First Ride New Honda CBR250RR SP QS: Pembuktian Total Control yang Bikin Nagih!
      Zenuar Yoga . 07 Okt, 2022
    • Test Ride Honda ADV 160 ABS: Pembuktian di Jalan Menantang Sejauh 125 Km
      Test Ride Honda ADV 160 ABS: Pembuktian di Jalan Menantang Sejauh 125 Km
      Bangkit Jaya Putra . 21 Jul, 2022
    • First Ride Honda ADV 160: Penyempurnaan Bikin Happy!
      First Ride Honda ADV 160: Penyempurnaan Bikin Happy!
      Setyo Adi Nugroho . 07 Jul, 2022