Lain negara, beda pula selera dan strategi dagangnya. Kalau di Indonesia, Toyota Kijang Innova hanya bermesin 2,0 liter bensin dan 2,4 turbo diesel. Sedangkan untuk pasar Filipina, jantung pacu dipakai malah lebih besar. Seluruh varian menggunakan mesin 2,8 turbo diesel, seperti Fortuner di sini. Harganya variatif, mulai dari tipe J M/T 1,86 juta peso (Rp330 juta) hingga V A/T 1,75 juta peso (Rp488 jutaan).
Kalau dari tampilan, secara umum hampir sama seperti model di sini. Mulai dari bentuk kisi-kisi depan, bodi samping hingga buritan tak berbeda. Tatanan kabin pun demikian. Ada wood panel di dasbor untuk kasta tertinggi. Namun setir berada di kiri, menyesuaikan regulasi di sana. Ukuran tubuh jua sama, dengan panjang 4.735 mm, lebar 1.830 mm dan tinggi 1.795 mm. Pelek ring 17 inci.
Mengenai performa, Innova di Filipina mengandalkan mesin 1GD-FTV 4-cylinder, in-line 16 valve, Double Overhead Camshaft (Variable Nozzle Turbocharger/Intercooler). Opsi penyaluran tenaga ke roda belakang pakai manual 5-speed atau 6-speed matik konvensional. Ia menjadi mobil keluarga bertenaga tinggi. Daya tersembur maksimal mencapai 174 PS di 3.400 rpm dan momen puntir maksimum 360 Nm diraih sejak 1.200-3.400 rpm.
Baca Juga: Penampakan Toyota Innova Hybrid Terlihat di India
Sebagai varian tertinggi, Innova 2.8 V A/T punya kelengkapan cukup. Sorot depan menggunakan LED projector type + halogen, LED front fog lamps. Beranjak ke kabin, di sana jok berbahan fabric (noble brown). Konsumen mendapati Smart Entry, Push Start System, Eco + Power. Sektor hiburan pakai head unit 2DIN multi-koneksi. Dapat sambung via Apple Carplay, Android Auto dan Smart Device Link (SDL).
Untuk urusan keselamatan, tersedia bantalan udara di beberapa titik. Di antaranya driver, front passenger, side, curtain shield & knee (driver). Lantas bagian pengereman pakai cakram di depan plus tromol di belakang. Sudah disokong Brake Assist, ABS, EBD, Vehicle Stability Control (VSC) serta Hill-Start Assist Control (HSA) agar tak menggelundung saat berhenti di tanjakan. Lantas, mungkinkah pasar Indonesia memiliki Innova bermesin 2,8 turbo diesel?
“Kami menyuguhkan mesin 2,8 liter turbo diesel. Dan saat ini lebih kami fokuskan di model SUV seperti Fortuner. Setiap produk baru atau penyegaran dari produk yang kami luncurkan pastinya selalu mendengarkan suara konsumen dari produk-produk ini. Itulah kenapa perusahaan lebih memprioritaskan (enjin) 1GD ini untuk Fortuner dulu. Pastinya ke depan kami akan terus mendengarkan suara konsumen mengenai mesin 1GD ini untuk model lain. Tapi untuk saat ini memang lebih fokus di Fortuner yang terlihat sangat jelas demand-nya,” ucap Anton Jimmy, Marketing Director PT Toyota Astra Motor, saat ditanya perihal Innova 2,8 liter, beberapa waktu lalu. (Alx/Odi)
Baca Juga: Generasi Baru Toyota Fortuner Bakal Punya Varian Mild-Hybrid Diesel
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.