Begini Tampilan CFMoto MT800, Mirip Honda Africa Twin

CFMoto 800

CFMoto bermitra dengan KTM rancang motor bergenre tualang. Model itu diberi nama MT800. Desainnya sudah terkuak dan menyerupai Honda Africa Twin. Namun urusan dapur pacu, memanfaatkan milik KTM 790. Buat yang terus mengikuti perkembangan CFMoto, pasti menyadari kalau mereka memproduksi sepeda motor KTM untuk pasar Asia. Lebih tepatnya, KTM merelokasi penggarapan Duke 790 dan 790 Adventure ke Cina. Tidak hanya itu, pabrikan sepeda motor asal Tiongkok juga membeli hak atas sejumlah teknologi mesin perusahaan Austria, yang utamanya adalah mesin 790 LC8.

Hasil dari kemitraan itu akhirnya tercipta CFMoto MT800. Unit yang telah jelas terlihat, sama persis dengan spy shot beredar Oktober lalu. Styling-nya lebih mirip motor ADV tradisional dibanding KTM Adventure. Ia tampil serbabaru dan menampilkan gaya yang unik, serta mengusung banyak fitur teknik KTM. Misalnya, rangka, mesin, dan pengaturan suspensi yang sangat mirip dengan 790. Namun bahasa desain MT800 lebih menarik, meski tidak terlalu khas.

Tampang depan sedikit mirip Honda CRF1100 Africa Twin. Pakai windshield besar yang berdiri tegak di atas lampu utama. Bentuk headlamp juga dibuat agresif. Bagian bawahnya diberi sinar tambahan dari foglamp. Pakai setang lebar dan dilengkapi handguard di tiap sisinya. Tangki bahan bakar mengembung padat dan sisi kiri maupun kanan dipasangkan engine guard. Berfungsi melindungi cover tangki dan bagian mesin.

Baca Juga: KTM 250 Adventure Tak Lama Lagi Rilis, Honda CRF250 Rally Punya Rival Kuat

Belum ada kepastian di negara mana bakal dijual. Tapi motor ini terlihat memakai elemen yang diwajibkan di Eropa dan AS. Salah satunya ada komponen reflektor samping pada suspensi depan. Indikasi ini jelas bahwa desain yang telah dibuat ditujukan untuk penjualan global.

Rangkanya mencirikan KTM 790, meski desain swingarm milik CFMoto. Tampaknya punya ukuran lebih panjang dari pada yang digunakan KTM. Jarak sumbu roda si adventure Cina lebih panjang dari 790 Adventure, meningkat dari 59,4 inci menjadi 60,3 inci.

CFMoto 800

Untuk mesin, dapat diasumsikan bahwa iterasi KTM 790 LC8 akan menggerakkan mesin ini. Mungkin di-tweak dengan performa yang berbeda. Secara spesifikasi, ia berarti menggendong mesin berkubikasi 799 cc, DOHC, parallel twin, berpendingin cairan dengan 6 percepatan. Diklaim mampu menghasilkan tenaga maksimal 95 Hp pada 8.000 rm dan torsi 88 Nm pada 6.600 rpm. Dalam hal intake dan knalpot, diharapkan MT800 menjadi pemain yang cukup baik, terutama jika datang dengan label harga yang menarik. Terlebih bila dirinya sudah menyandang status lolos uji emisi Euro 5.

Baca Juga: Triumph, Kawasaki dan KTM Luncurkan Produk Global Berbarengan

Meskipun bergaya tualang, kaki-kaki MT800 sangatlah berbeda dengan KTM 790 maupun 890 Adventure. Ia memiliki desain yang lebih berorientasi pada jalan raya. Rodanya berdiameter lebih kecil, dengan bagian depan 19 inci dan belakang 17 inci. Masing-masing dibalut dengan ban 110/80 dan 150/70. Sementara saudara dari Austria pakai ring 21 inci depan dan 18 inci belakang. CFMoto tampaknya punya bobot lebih berat, yakni 203 kg.

Seiring pilihan bagasi, motor ini hendak dijual dalam dua varian model yang berbeda. Versi jalan raya yang dilengkapi dengan cast wheels dan bagian bawah mesin terbuka. Sedang model satu lagi lebih berani dengan menggunakan roda ruji. Ukurannya sama, tapi ditambah komponen pelat aluminium untuk melindungi knalpot dan casing mesin bawah. Suspensi dan rem dibuat serupa, termasuk kaliper radial-mount dan Bosch 9.1MP ABS.

MT800 bukan satu-satunya model hasil kerja sama CFMoto dengan KTM yang diharapkan dalam beberapa bulan mendatang. Perusahaan Cina itu juga telah mengumumkan motor jenis tourer bermesin 1.250 cc. Unit menggunakan versi mesin V-twin KTM yang telah dimodifikasi. Dan presentasi investor KTM awal tahun ini mengatakan bahwa CFMoto bakal ditugaskan untuk membuat berbagai model KTM 750 cc untuk pasar global. Termasuk 750 Duke, 750 Adventure, dan 750 Supermoto T. (Bgx/Odi)

Sumber: Ride Apart, Cycle World, Living with Gravity

Baca Juga: KTM Duke 390 Generasi Mendatang Punya Radar Cruise Control?

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Ducati Pamerkan Semua Produk Andalan di EICMA 2024, Termasuk Motor Francesco Bagnaia
    Ducati Pamerkan Semua Produk Andalan di EICMA 2024, Termasuk Motor Francesco Bagnaia
    Zenuar Yoga . 15 Nov, 2024
  • Royal Enfield Hadirkan Rangkaian Produk Baru di EICMA 2024
    Royal Enfield Hadirkan Rangkaian Produk Baru di EICMA 2024
    Zenuar Yoga . 15 Nov, 2024
  • Hadir Sejak 2021, Smoot Motor Jadi Solusi Mobilitas Bagi Ojek Online
    Hadir Sejak 2021, Smoot Motor Jadi Solusi Mobilitas Bagi Ojek Online
    Zenuar Yoga . 14 Nov, 2024
  • IMOS 2024 Capai 98.791 Pengunjung dan Nilai Transaksi Hampir Rp70 miliar
    IMOS 2024 Capai 98.791 Pengunjung dan Nilai Transaksi Hampir Rp70 miliar
    Zenuar Yoga . 13 Nov, 2024
  • Ribuan Gembala Motor Bebek Berkumpul di Indonesia Cub Meeting 2024
    Ribuan Gembala Motor Bebek Berkumpul di Indonesia Cub Meeting 2024
    Ardiantomi . 12 Nov, 2024
  • Pilihan Skutik Simpel Minim Fitur Canggih
    Pilihan Skutik Simpel Minim Fitur Canggih
    Zenuar Yoga . 23 Okt, 2024
  • Tak Mau Merek Cina, Ini Pilihan Motor Listrik dari Brand Jepang
    Tak Mau Merek Cina, Ini Pilihan Motor Listrik dari Brand Jepang
    Zenuar Yoga . 14 Okt, 2024
  • Daftar Harga Skuter Matik Murah Tak Sampai Rp20 Juta di Indonesia
    Daftar Harga Skuter Matik Murah Tak Sampai Rp20 Juta di Indonesia
    Anjar Leksana . 24 Sep, 2024
  • Ini Bedanya Nmax Turbo dengan Nmax Turbo Tech Max
    Ini Bedanya Nmax Turbo dengan Nmax Turbo Tech Max
    Zenuar Yoga . 02 Sep, 2024
  • Ada Model Baru, Mana Skutik Maxi Yamaha 155 Paling Enak Dipakai Harian?
    Ada Model Baru, Mana Skutik Maxi Yamaha 155 Paling Enak Dipakai Harian?
    Zenuar Yoga . 22 Agu, 2024
  • Bedakan Busi Asli dan Palsu Sangat Mudah, Ini Caranya!
    Bedakan Busi Asli dan Palsu Sangat Mudah, Ini Caranya!
    Zenuar Yoga . 24 Jun, 2024
  • Tips Mudah Menjaga Keawetan Cat Doff pada Motor
    Tips Mudah Menjaga Keawetan Cat Doff pada Motor
    Alvando Noya . 10 Mei, 2024
  • Agar Tetap Optimal, Lakukan Hal Ini Setelah Motor Dipakai Mudik
    Agar Tetap Optimal, Lakukan Hal Ini Setelah Motor Dipakai Mudik
    Zenuar Yoga . 16 Apr, 2024
  • Supaya Vespa Matic Anda Tetap Bugar saat Ditinggal Mudik, Lakukan Ini
    Supaya Vespa Matic Anda Tetap Bugar saat Ditinggal Mudik, Lakukan Ini
    Zenuar Yoga . 08 Apr, 2024
  • Cara Mudah Merawat Sistem Pengereman Sepeda Motor
    Cara Mudah Merawat Sistem Pengereman Sepeda Motor
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2024
  • First Ride Moto Guzzi Stelvio: Sajikan Pengalaman Baru Berkendara
    First Ride Moto Guzzi Stelvio: Sajikan Pengalaman Baru Berkendara
    Zenuar Yoga . 08 Nov, 2024
  • Test Ride Yamaha NMax "Turbo": Pembuktian 560 Kilometer Bali-Lombok
    Test Ride Yamaha NMax "Turbo": Pembuktian 560 Kilometer Bali-Lombok
    Bangkit Jaya Putra . 12 Agu, 2024
  • First Ride Yamaha Nmax "Turbo": Pembuktian Performa dan Fitur Terbaru
    First Ride Yamaha Nmax "Turbo": Pembuktian Performa dan Fitur Terbaru
    Setyo Adi Nugroho . 01 Jul, 2024
  • Test Ride Aprilia SR-GT 200 Replica: Lincah dan Punya Balans Bagus di Jalan Pegunungan
    Test Ride Aprilia SR-GT 200 Replica: Lincah dan Punya Balans Bagus di Jalan Pegunungan
    Eka Zulkarnain . 20 Jun, 2024
  • First Ride All New Honda Beat Street: Ubahan Bikin Pengendalian Lebih Asyik!
    First Ride All New Honda Beat Street: Ubahan Bikin Pengendalian Lebih Asyik!
    Zenuar Yoga . 06 Jun, 2024