All New Toyota Veloz Q CVT TSS sebagai varian tertinggi dilepas Rp291,5 juta OTR Jakarta. Sebagai mobil keluarga tujuh penumpang, kelengkapannya terbilang komprehensif. Sekarang ia dibikin sendiri oleh Toyota Motor Manufacturing Indonesia. Lain cerita dengan Avanza yang lahir dari jalur produksi Daihatsu, bareng Xenia. Begitu banyak diferensiasi antarproduk hingga tipe. Bila Anda membeli unit termahal, maka mendapat bergelimang fitur dan sejumlah benefit.
Yang pertama, All New Veloz memakai enjin 1,5 liter 2NR-VE empat silinder DOHC. Gerak piston memberi tenaga 106 PS di 6.000 rpm dan torsi 14 Kgm (137 Nm) pada 4.200 rpm. Ia menerapkan teknologi Dual VVT-i agar menghasilkan tenaga memadai dengan efisiensi bahan bakar optimal di berbagai kondisi jalan. Itu juga ditingkatkan melalui transmisi CVT. Penyaluran daya baru ini dilengkapi perangkat split gear, dikembangkan untuk memberikan rasio gigi lebih lebar. Yakni agar menciptakan akselerasi bertenaga nan mulus. Serta pengalaman jelajah senyap.
Veloz Q CVT TSS menggunakan rem cakram berventilasi 15 inci di depan dan piringan solid di belakang. Sistem mengadopsi Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD) dan Braking Assist (BA). Varian tertinggi ini mengantongi enam airbags (pengemudi/ penumpang/ samping/ tirai). Vehicle Stability Control juga ada, guna menjaga kendaraan selama manuver cepat di tikungan. Hill Start Assist jua terpasang, agar berjalan mulus saat menanjak dan tak menggelundung.
Baca Juga: Generasi Baru Avanza-Xenia 2022 Berubah Jadi FWD dan Pakai CVT, Ini Keuntungannya
Kalau Anda beli Veloz Q CVT TSS. Konsumen dapat menikmati All Round View Camera untuk membantu manuver pengguna dengan memantau secara jelas situasi di sekitar mobil. Selanjutnya, terdapat Rear Crossing Traffic Alert dalam memberikan notifikasi jika ada potensi tabrakan, saat mobil mundur. Terus Blind Spot Monitoring, kasih sinyal melalui grafik di kaca spion sebagai peringatan ketika ada mobil lain yang bergerak di area tak terlihat.
Selain itu, kasta tertinggi dilengkapi dengan wireless charger di konsol tengah sebagai fitur premium. Tuas rem parkir konvensional berganti pakai electric parking brake with brakehold. Hanya melalui satu sentuhan tombol. Terdapat pula new push start button untuk menghidupkan dan mematikan mobil. Serta fitur auto AC, secara efektif nan cerdas mendinginkan suhu kabin. Meter cluster sudah full digital. Sayang, Toyota tak diberikan cruise control. Padahal pesaingnya punya.
Nilai jual lain berupa fitur keselamatan aktif, yakni Toyota Safety Sense (TSS). Fitur pertama berupa Pre-Collision Warning and Pre-Collision Braking yang mengandalkan sistem radar. Ia dirancang untuk membantu mengurangi risiko tabrakan dengan kendaraan lain di depan. Caranya memberikan daya pengereman, bahkan hingga berhenti darurat jika diperlukan. Lalu ada Pedal Missoperation Control, mengurangi potensi kecelakaan akibat salah menginjak pedal gas. Sontak sistem memberi alarm peringatan, menerapkan pengereman dan membatasi distribusi tenaga agar mobil melambat.
Fitur ketiga ialah Lane Departure Warning and Lane Departure Prevention. Ia membantu mencegah mobil berpindah jalur secara tidak sengaja di jalan. Bisa memberikan suara alarm saat mobil bergerak menyamping di jalan lurus. Terakhir, namun tidak kalah penting adalah Front Departure Alert. Perangkat memberikan peringatan yang dapat didengar, ketika mobil di depan tiba-tiba bergerak mendekat. Misal saat sedang mengantri di tengah kemacetan. (Alx)
Baca Juga: Toyota Raih 4.502 SPK di GIIAS 2021, Avanza dan Veloz Jadi Bintang Utama
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.