Jika Anda mengincar hatchback bekas guna berselancar di perkotaan. Mazda2 lawas masih tetap oke, baik dari performa maupun kenyamanan berkendara. Harganya kini semakin murah mulai Rp150 jutaan untuk tahun lawas generasi ketiga. Bentuk tubuh masih mirip dari unit gres di diler. Perpanjangan STNK pun relatif aman di kantong. Tahun keluaran 2015 saja sekitar Rp2,5 jutaan, produksi 2017 Rp3 jutaan dan 2019 sekira Rp4 jutaan. Besaran juga bergantung pada varian mana yang dibeli.
Di pasar mobil bekas Jabodetabek. Mazda2 R AT keluaran 2015 dilepas Rp150 jutaan. Lalu tahun produksi 2016 Rp165 jutaan. Kalau mau naik tingkat lebih komplet bisa ambil trim GT AT 2017 dibanderol Rp175 jutaan. Sementara kelir GT Soul Red memang lebih mahal, lantaran jadi warna khas (benchmark) pabrikan. Untuk NIK sama, bisa dijual Rp180 jutaan. Lalu tipe R AT 2019 dijajakan Rp210 jutaan. Sedangkan unit anyar sekarang berbanderol Rp327,7 juta on the road Jakarta.
Baca Juga: Mazda2 Hybrid 2022 Berbasis Toyota Yaris Debut untuk Pasar Eropa
Mekanikal pacu Mazda2 berkonfigurasi 4 silinder 1,5 liter Skyactiv. Ia menyuplai dorongan torsi maksimal 141 Nm pada 4.000 rpm. Tenaga puncak dihasilkan mencapai 108 PS di 4.000 rpm. Jika Anda membeli seri GT atau kasta tertinggi. Mobil sudah dibekali idling stop system i-Stop yang mematikan mesin saat kondisi macet Stop and Go. Sehingga bisa membantu menghemat asupan bahan bakar.
Walau mengambil unit bekas sebaiknya beli varian atas sekalian. Sebab punya fitur mode berkendara Sport. Makin tangkaslah ia berkat sisipan paddle shift di balik setir. Anda lebih praktis mengutak-atik posisi gear dan putaran mesin sesuai kebutuhan. Sedangkan di Trim R AT belum ada. Tapi seluruh Mazda2 sudah didukung teknologi G-Vectoring Control (GVC), sebagai bagian dari Skyactiv Vehicle Dynamics. Jadi kala Anda bermanuver tajam, mobil masih bisa kita kontrol lebih baik. Niscaya fun to drive mudah didapat.
Sang hatchback Mazda2 disenjatai lebih banyak fitur keamanan. Mulai dari dual SRS airbags, rem ABS, EBD, EBA, Dynamic Stability Control (DSC), Traction Control System (TCS), emergency stop signal (ESS) dan hill launch assist (HLA). Makin keren, pada varian GT dilengkapi advanced blind spot monitoring system. Plus rear cross traffic alert dan smart city brake support (SCBS). Fitur terakhir ini, sekarang Mazda tak menyediakan di model anyar dengan alasan menjaga harga kompetitif.
Lanjut ke sistem infotainment, Mazda2 menggunakan MZD Connect dengan floating monitor 7 inci. Layar mengambang di atas dasbor terasa premium dan bisa dikendalikan melalui dial putar di konsol tengah. Anda bisa mengintegrasikan smartphone, Bluetooth, USB, navigasi dan tampilan kamera mundur. Rasanya unit bekas tetap bisa diandalkan. Toh model facelift tak terlalu berbeda dari keluaran 2015 ke atas. Yang penting, pastikan diler dan bengkel resmi ada di dekat hunian Anda untuk layanan purnajual. (Alx)
Baca Juga: Mazda CX-5 Facelift 2022 Resmi Tampil ke Publik, Dijual Mulai Tahun Depan
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.