Chery Tiggo 8 Pro sudah facelift di negara asalnya, Cina. OTO Group mendapat kesempatan langsung untuk melihat wujudnya di Wuhu, markas Chery International. Nah, karena model Tiggo 8 Pro juga diniagakan di Tanah Air, tak menutup kemungkinan versi terbaru ini akan dibawa juga oleh Chery Sales Indonesia (CSI) dalam waktu dekat.
Berstatus facelift, Tiggo 8 Pro mendapat revisi wajah. Komponen grill menggunakan akses baru menyerupai berlian. Untuk desain headlamp, foglamp, dan bumper tak ada yang berbeda.
Dari sisi samping, penambahan footstep otomatis jadi ubahan yang paling terlihat. Ketika pintu dibuka, baik sisi depan atau belakang, secara elektronik pijakan kaki akan turun membantu akses penumpang masuk ke dalam kabin.
Ubahan paling besar ada di bagian buritan. Versi pembaruan minor dari Tiggo 8 Pro di Cina ini sekarang menggunakan tail light LED vertikal yang menyambung dari sisi kiri dan kanan. Visual belakangnya semakin modern karena dilengkapi juga dengan combi rear lamp LED.
Melihat bagian interior, kami bisa bilang revisinya signifikan. Area dashboard dibuat lebih modern, pendekatan yang diambil mirip Omoda 5. Dia pakai screen large yang berfungsi untuk panel meter dan juga panel hiburan.
Selain itu, tuas transmisi juga berubah. Tampil lebih mewah yang lagi-lagi mirip dengan kepunyaan Omoda 5. Nuansa dalam kabin Tiggo 8 Pro facelift tampil lebih modern dengan kelir hitam kombinasi batch. Semakin menarik, area dashboard atas dan bawah dibalut soft touch.
Bahan soft touch turut menghiasi bagian doortrim depan dan pintu belakang. Versi terbaru ini tetap dilengkapi dengan panoramic sunroof yang cukup besar. Peranti ini membuat SUV medium 7 kursi itu terkesan lebih lapang.
Tiggo 8 Pro di Cina hadir dalam 3 varian mesin. Pertama Pro Standar berbekal enjin 1.600 cc TGDI yang mampu hasilkan tenaga 194 Hp pada 5.500 rpm dan torsi puncak 290 Nm mulai 2.000-4000 rpm.
Kedua adalah opsi mesin PHEV. Di balik kapnya bersamayam mesin 1.500 cc turbo dan 2 motor listrik. Perpaduan keduanya mampu hasilkan tenaga hingga 230 Hp dan torsi puncak tembus 545 Nm. Output itu disalurkan lewat transmisi DHT (Dedicated Hybrid Transmission).
Baterai yang digunakan versi PHEV berkapasitas 19,27 kWh. Ketika dipakai dalam mode versi full listrik jarak tempuhnya bisa tembus 80 sampai 95 km. Adapun untuk durasi pengecasannya adalah 3 jam hingga penuh.
Kemudian varian terakhir adalah Tiggo 8 Pro berpenggerak all wheel drive (AWD). Opsi ini dijejali mesin berkubikasi 2.000 cc turbo yang sanggup hasilkan tenaga maksimal 250 Hp pada 5.500 rpm dan torsi puncak 390 Nm mulai 1.750-4000 rpm.
Dari penjelasan salah satu management Chery di Wuhu, spesifikasi mesin dari ketiga varian Tiggo 8 pro tak mengalami ubahan. Masih mengemas spek sama dengan model sebelum facelift. Menarik buat ditunggu kehadiran Chery Tiggo 8 Pro versi terbaru di Indonesia. Langkah ini akan memperkuat komitmen CSI yang memang fokus berniaga di segmen SUV Tanah Air. Nantikan saja tanggal mainnya. (Kit/Odi)
Baca Juga: Chery Omoda 5 EV Debut di Shanghai Auto Show 2023
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.