Bergaya ala Royal Enfield, Honda GB350 C Dilepas Rp70 Jutaan

Honda GB350 C

Sepeda motor klasik semakin diminati khalayak global. Honda Motor Jepang baru saja merilis GB350 C di Jepang. Harga jual 668.800 yen atau setara Rp73 jutaan. Kalau dilihat tampangnya mirip dengan Royal Enfield Bullet 350 yang menjadi salah satu rival terdekat. Hanya saja posisi jok motor antara pengemudi dan penumpang terpisah. Di sana, unit tersedia dalam dua pilihan warna: puco blue dan gunmetal black metallic. 

KEY TAKEAWAYS

  • Honda GB350 C meluncur di Jepang

    Harga Honda GB350 C Rp70 jutaan
  • Mengenai dimensi motor, Honda GB350 C memiliki panjang 2.205 mm, lebar 790 mm, tinggi 1.105 mm dan jarak sumbu roda 1.440 mm. Lalu ground clearance 165 mm, cocok buat diajak bertualang ke pegunungan maupun alam terbuka. Tinggi kursi cuma 800 mm, sehingga bagi rata-rata postur orang Asia tidak begitu jinjit. Bobotnya juga tergolong sedang, 186 kg saja. 

    Ia menggendong mesin berkode NC59E silinder tunggal overhead camshaft engine (OHC) 4-tak berpendingin udara. Ruang bakar 348 cm3 berikut diameter kali langkah 70 mm x 90,5 mm. Sedangkan rasio kompresinya tergolong rendah, 9,5 : 1 sehingga bisa menenggak bensin RON rendah. Sistem pengabutan PGM-FI memberi output daya maksimum 15 kW (20 PS) pada 5.500 rpm dan torsi puncak 29 Nm di 3.000 rpm. Honda GB350 C pakai kopling basah multiplat berikut penyaluran transmisi manual lima percepatan. Tangki berukuran 15 liter. Lantas apakah irit BBM?

    Berdasar hasil pengujian laboratorium Honda, GB300 C sanggup meminum bensin 47 km/liter. Namun nilai konsumsi bahan bakar saat laju pengetesan konstan 60 km/jam. Jika digunakan berboncengan, membawa beban dan kondisi lalu lintas ramai, pasti hasilnya berbeda. Nah, lanjut ke bagian kaki-kaki. Ia menggunakan pelek cast wheel dengan profil ban depan 100 / 90 mm - 19M / C 57H. Lalu di belakang 130 / 70-18M / C 63H. Jenis yang dipasang sudah cakram hidrolik di semua roda. Jujur tampilannya menawan ketika dipandang. 

    Nuansa klasik GB350 C begitu kentara. Lampu depan membulat dengan bingkai logam. Beberapa panel terlihat menggunakan sentuhan kromium seperti covel luar spion, penutup samping mesin, knalpot dan suspensi belakang. Tidak berlebihan, jadi punya nilai estetika tersendiri. Kemudian pelana coklat bikin tampilan mencolok. Garpu depan bertipe teleskopik yang diberi pelindung. Lengan ayun belakang diberi dual shockbreaker demi memberi stabilitas lebih. 

    Menggunakan struktur konstruksi sama, ia menjadi pelengkap bagi GB350 dan GB350 S di pasar Jepang yang sudah mengaspal duluan pada Maret 2021. Apakah cocok dipasarkan di Indonesia? Dengan skema perpajakan seperti sekarang ini agaknya susah. Apalagi kalau harus impor dari sana. Pastinya harga jual menjadi sangat tidak kompetitif. Di segmen big bike, Honda Rebel 500 saja dilepas Rp200 jutaan di sini. (Alx)

    Baca Juga: Mengenal Mule Pro-DXT FE, Segmen Baru yang Digarap Kawasaki Indonesia

    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Motor Honda Unggulan

    Artikel Motor Honda dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Road Test
    • Selang Beberapa Bulan Meluncur, Harga Honda Beat Bekas 2024 Makin Murah
      Selang Beberapa Bulan Meluncur, Harga Honda Beat Bekas 2024 Makin Murah
      Anjar Leksana . Hari ini
    • Yayasan AHM Beri Beasiswa ke Duta Safety Riding
      Yayasan AHM Beri Beasiswa ke Duta Safety Riding
      Zenuar Yoga . 18 Sep, 2024
    • Transformasi All New Honda Spacy 2024 Mirip Vespa
      Transformasi All New Honda Spacy 2024 Mirip Vespa
      Anjar Leksana . 18 Sep, 2024
    • Tampil Klasik, Honda GB350 C Bergaya ala Royal Enfield
      Tampil Klasik, Honda GB350 C Bergaya ala Royal Enfield
      Anjar Leksana . 17 Sep, 2024
    • Pendaftaran HBD 2024 Telah Dibuka, Digelar di Tiga Pulau Besar
      Pendaftaran HBD 2024 Telah Dibuka, Digelar di Tiga Pulau Besar
      Zenuar Yoga . 03 Sep, 2024
    • Harga Mirip, Pilih Yamaha Nmax “Turbo” Tech Max atau Honda CBR150R ABS?
      Harga Mirip, Pilih Yamaha Nmax “Turbo” Tech Max atau Honda CBR150R ABS?
      Zenuar Yoga . 16 Jul, 2024
    • Buat Penggunaan Harian, Pilih Yamaha Nmax “Turbo” atau Honda ADV160?
      Buat Penggunaan Harian, Pilih Yamaha Nmax “Turbo” atau Honda ADV160?
      Zenuar Yoga . 05 Jul, 2024
    • Rivalitas Yamaha Nmax “Turbo” vs Honda PCX160 ABS Memasuki Babak Baru, Mana Layak Dipilih?
      Rivalitas Yamaha Nmax “Turbo” vs Honda PCX160 ABS Memasuki Babak Baru, Mana Layak Dipilih?
      Zenuar Yoga . 24 Jun, 2024
    • Pertarungan All New Honda Beat Street vs Suzuki Nex Crossover vs Yamaha X-Ride, Siapa Terbaik?
      Pertarungan All New Honda Beat Street vs Suzuki Nex Crossover vs Yamaha X-Ride, Siapa Terbaik?
      Zenuar Yoga . 07 Jun, 2024
    • Cek Fakta Menarik All New Honda Beat Series yang Terjual 23 juta Unit
      Cek Fakta Menarik All New Honda Beat Series yang Terjual 23 juta Unit
      Zenuar Yoga . 06 Jun, 2024
    • First Ride All New Honda Beat Street: Ubahan Bikin Pengendalian Lebih Asyik!
      First Ride All New Honda Beat Street: Ubahan Bikin Pengendalian Lebih Asyik!
      Zenuar Yoga . 06 Jun, 2024
    • First Ride Honda Stylo 160: Desain Retro Tapi Ada Rasa yang Sama
      First Ride Honda Stylo 160: Desain Retro Tapi Ada Rasa yang Sama
      Setyo Adi Nugroho . 04 Feb, 2024
    • First Ride New Honda CBR250RR SP QS: Pembuktian Total Control yang Bikin Nagih!
      First Ride New Honda CBR250RR SP QS: Pembuktian Total Control yang Bikin Nagih!
      Zenuar Yoga . 07 Okt, 2022
    • Test Ride Honda ADV 160 ABS: Pembuktian di Jalan Menantang Sejauh 125 Km
      Test Ride Honda ADV 160 ABS: Pembuktian di Jalan Menantang Sejauh 125 Km
      Bangkit Jaya Putra . 21 Jul, 2022
    • First Ride Honda ADV 160: Penyempurnaan Bikin Happy!
      First Ride Honda ADV 160: Penyempurnaan Bikin Happy!
      Setyo Adi Nugroho . 07 Jul, 2022