Versi melar BMW 3 Series resmi dijual untuk pasar India. Diberi nama Gran Limousine dengan kode G28, ia menjadi 3er LWB setir kanan pertama setelah perwujudan serupa mejeng duluan di Cina. Dapat dipastikan sorotan utama adalah diferensiasi dimensi tubuh. Sewajarnya ketika kaki dipanjangkan, tubuhnya juga mengikuti.
Tercatat penambahan jarak antarsumbu sejauh 110 mm yang berimbas pada penambahan dimensi eksterior 120 mm. Diukur secara menyeluruh, Gran Limousine mencatatkan angka 4.829 mm. Well, masih belum sebesar 5 Series G30 memang dengan pengukuran 4.936 mm. Namun dari 3 series standar, dipastikan ruang kaki belakang semakin lega. Tepatnya, kebagian ekstra 43 mm.
Begitu area belakang ditarik, hal ini disebut memudahkan akses ke kabin. Tapi bukan sekadar memudahkan akses dan menambah ruang kaki, kenyamanan ikut ditingkatkan. Bangkunya dibekali bantalan lebih tebal.
Baca Juga: Panduan Beli BMW 320i, Ketahui Spesifikasi, Harga Baru dan Bekasnya
Namun pada bagian lainnya, G28 tetap membawa desain original G20. Setitik pembeda, kabin Gran Limousine dihiasi aksen kromium pada konsol tengah dan setir. Diferensiasi lainya terletak di finishing kayu pada dasbor, sound system Harman Kardon, bangku yang lebih nyaman, dan pilihan material pembungkus.
Perbekalan fitur kurang lebih sama. Menganut paket Live Cockpit Professional System berupa instrumentasi digital 12,3 inci plus monitor touchscreen 10,25 inci di tengah. Dukungan integrasi smartphone berupa Android Auto dan Apple CarPlay tak ketinggalan hadir. Di lain sisi, ia membawa kelengkapan seperti panoramic sunroof, lampu full LED, ambient lighting, AC otomatis 3 zona, bangku elektrik, hingga park assist plus reversing assistant.
Urusan gaya eksterior mungkin sekilas sulit ditemukan perbedaan. Lenggoknya nyaris identik dengan model standar. Paling banter lubang knalpot mengotak dan emblem L. Baru kalau ditilik lagi, pintu belakang ternyata besar dan mendominasi proporsi tubuh. Pun satu pembeda bisa dilihat dari pembagian trim di Anak Benua. Standar Gran Limousine dipaketkan trim Luxury Line yang lebih elegan sementara model sedan tidak.
Pembagian variannya sendiri terpisah antara dua model utama yakni peminum bensin 330 Li dan versi diesel 320 Ld. Standarnya menganut trim Luxury Line, dibanderol mulai dari 5,15 juta Rupee untuk 330 Li dan 5,23 juta Rupee buat model diesel. Kalau dikonversi berarti sekitar Rp 993 juta hingga Rp 1,012 miliar. Di samping itu, tersedia pula versi limitasi bertubuh sporty M Sport di 330 Li seharga 5.39 juta rupee (sekitar Rp 1,04 miliar).
Baca Juga: BMW iX, Flagship EV Realisasi Vision iNext
Mengacu pembagian varian, bisa diketahui jenis pemacunya. Serupa versi G20, 330 Li mengadopsi unit empat silinder turbo berkapasitas 2,0 liter kode B48. Total gelontoran tenaga disebut mencapai 258 PS pada 5.000 rpm. Pergerakan diawali capaian torsi puncak 400 Nm serendah 1.550 rpm hingga 4.400 rpm. Sanggup menuntaskan akselerasi ke 100 kpj dalam tempo 6,2 detik.
Lain cerita di 320 Ld, tertanam enjin diesel turbo B47. Dari empat ruang bakar dan kapasitas 2,0 liter dapat terlontar tenaga 190 PS di putaran 4.000 rpm. Sebagaimana karakteristik mesin diesel, torsinya jelas kuat. Siapkan 400 Nm pada 1.750 sampai 2.500 rpm. Potensi mesin diesel sendiri menyuguhkan akselerasi secepat 7,6 detik untuk sampai ke titik 100 kpj.
Bisa dibilang market India punya fetish terhadap mobil memanjang meski tidak separah Cina. Tak mengherankan bila akhirnya BMW 3 Series Gran Limousine ikut mencari peruntungan. Eksistensi 3er LWB dengan setir kanan pun membuka probabilitas untuk dipasarkan lebih meluas. Kalau terbaca ada permintaan, bukan hal mustahil pula bila kemudian ia mengaspal di Tanah Air. (Krm/Odi)
Sumber: Cardekho
Baca Juga: BMW X4 M Facelift 2022 Kedapatan Sedang Uji Jalan
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.