BMW M5 masuk Indonesia langsung dengan trim Competition. Opsi bagi pecinta kecepatan yang merasa M5 standar masih terasa kurang. Ia mendapat limpahan tenaga lebih besar dan kemampuan super saat track day. Seperti model M lain, unit datang pasti terbatas. Harganya pun sangat fantastis mencapai Rp4,789 miliar (Off-the-Road). Menggambarkan kehebatan tersembunyi dalam jubah sedan elegan.
Semua itu bersumber dari unit S63B44T4 V8 4,4-liter twin-turbo. Para insinyur M memeras kemampuan mesin hingga tenaganya mencapai 625 hp dan torsi 750 Nm. Karakter enjin dapat diubah melalui tombol. Pilihannya Efficient, Sport dan Sport Plus untuk disesuaikan kebutuhan harian maupun balap. Lewat tombol M1 dan M2, konfigurasi kustom dapat dipilih sendiri. Isinya termasuk pengaturan M xDrive, DSC, mesin, transmisi, bobot setir hingga peredaman.
Paling membedakan M5 F90 dengan generasi sebelumnya adalah penggerak empat roda (AWD). Sistem M xDrive spesifik untuk M memberi kemampuan traksi meningkat tajam kala berpacu di atas sirkuit. Namun naluri mobil sport penggerak belakang tetap ada lewat mode RWD. Bila memilih ini, M5 Competition tetap bisa diajak menari layaknya drifter ulung.
Transmisi M Steptronic 8-percepatan dengan Drivelogic menambah sensasi sport makin kentara. Sebagai penyalur utama ke empat roda, sanggup menuntaskan akselerasi 0-100 kpj dalam 3,4 detik saja. Menuju 200 kpj cuma butuh 10,8 detik. Tapi kecepatan puncak dibatasi secara elektrik di 250 kpj. Cukup untuk menorehkan catatan waktu 7:35,90 di sirkuit Nurburgring. Meski begitu, M5 Competition bukanlah mobil yang selalu haus bahan bakar. Konsumsi rata-rata berdasar UN ECE hanya 9,4 kpl. Emisi CO2 pun tercatat 243 g/km.
Baca Juga: BMW 5 Series Disempurnakan, Makin Mewah dan Mutakhir
Detail eksterior lebih sangat dari M5 biasa. Semua dirancang sesuai fungsi sebagai BMW M. Contohnya intake besar di depan memastikan sistem pendinginan dan rem selalu optimal tersuplai aliran udara. Atap carbon fibre-reinforced plastic (CFRP) mampu menghemat bobot dan menciptakan balance terbaik. Khusus Competition dibiarkan alami sehingga tampak makin sangar.
Diffuser belakang turun memperlancar aliran udara dari kolong. Ditopang side skirt dan spoiler penambah karakter buas yang makin intimidatif. Tentu jangan lupakan desain spion yang sangat khas mobil-mobil M. Begitu masuk ke kabin nuansanya juga penuh adrenalin. Kokpit serasa drive-oriented dengan ergonomi amat preisi. Elemen utama dari M5, adanya indikator rpm dan kapan waktu tepat untuk shifting. Data ini dapat terefleksi di head-up display.
“Sports car mewah terbaru ini merupakan kombinasi terbaik dari semua kemewahan dan kenyamanan dari sedan bisnis dipadukan dengan performa tinggi dan juga teknologi terdepan. Dan sports car ini hadir dalam jumlah yang sangat terbatas namun tetap dapat dipesan hingga di tahun depan,” kata Jodie O’tania, Director of Communications BMW Group Indonesia.
Meski dijual sangat terbatas, BMW M5 Competition tetap mendapat BMW Service Inclusive. Semua biaya perawatan selama 5 tahun atau 60.000 km, mana yang lebih dulu, dibebaskan. Termasuk juga garansi 36 bulan tanpa batasan jarak tempuh. Kemudian ban dilindungi BMW Group Tire Coverage selama 2 tahun. Setiap ban yang rusak akan diganti baru sesuai syarat dan ketentuan. (Odi)
Baca Juga: BMW M5 CS Kudeta Posisi M5 Competition Sebagai Raja Performa 5 Series
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.