BMW M8 Competition, Sedan Sport dengan Torsi 750 Nm
JAKARTA -- BMW belum berhenti memberikan kejutan bagi publik otomotif Tanah Air. Pabrikan asal Jerman itu merupakan brand yang paling rajin menghadirkan model-model baru. Bersamaan dengan BMW Exhibition di Plaza Senayan, Jakarta, BMW menghadirkan dua model baru, sedan kencang keluarga BMW M GmbH terbaru.
Sedan empat itu yang dibanderol lebih dari Rp 6 miliar ini lahir dari arena balap. M8 Competition hadir dalam dua versi, yaitu Coupe dan Gran Coupe, menyusul meluncurnya Seri 8 (840i) Gran Coupe sebulan sebelumnya. Grand tourer (GT) termewah dan terkencang BMW ini menjadi Seri M kesekian yang datang ke Tanah Air tahun ini. Sebelumnya, BMW telah meluncurkan M5 Competiton 35 Jahre Edition, serta X3 M Competition dan X4 M Competition.
BMW lebih dulu mengembangkan mobil ini dalam wujud mobil balap ketahanan (endurance) M8 GTE, sebelum meluncur versi produksinya tahun lalu. Ragam sirkuti balap ketahanan dunia, termasuk Le Mans, menjadi lahan R&D dari M8.
“Hari ini juga merupakan hari yang istimewa karena BMW Indonesia luncurkan BMW M8 Coupé dan BMW M8 Competition Gran Coupé pertama di Indonesia. Ini berarti BMW Indonesia sudah tawarkan rangkaian BMW M lengkap dan sekali lagi tegaskan bahwa M adalah huruf terkuat dalam segmen sportscar di Indonesia. Kedua model tersebut akan menjadi flasgship BMW M dengan mesin kuat yang menghasilkan torsi hingga 750 Nm, ragam fitur baru, dan fitur paling mewah,” kata Jodie O’tania, Director of Communications BMW Group Indonesia.
Baca juga: BMW Exhibition di Plaza Senayan, Ini Promo Menariknya
Jantung Pacu
Model pertama bermoniker M8 dalam sejarah BMW ini mengandalkan jantung pacu V8 4,0 liter twin-turbo. Inilah yang menjadi daya tariknya. BMW M8 Competition Coupe menghasilkan tenaga 600 hp dan Gran Coupe menyimpan tenaga 625 hp. Keduanya membuncahkan torsi wah yang mencapai 750 Nm. Berkat transmisi otomatis M Steptronic 8-speed dengan Drivelogic dan M xDrive, akselerasi 0-100 km/jam hanya dalam 3,2 detik.
Sistem penggerak M xDrive alias all-wheel drive, dapat dipilih sesuai kebutuhan untuk beroperasi dalam mode 4WD, 4WD Sport dan 2WD. Tentunya mode 2WD akan bisa memanjakan pengemudi yang inginkan aksi lebih seru, menikmati oversteer lebih bebas.
Baca juga: BMW Luncurkan Seri 5 dan MINI JCW Edisi Khusus Kemerdekaan RI
Adopsi karakter khas mobil balap ke jalan raya diwakili oleh chassis yang didukung electronic damper yang adaptif. Begitu juga dengan kemudi yang menggunakan teknologi M Servotronic untuk respons dan feeling yang lebih baik. Sementara penghenti laju, sudah dibekali cakram M Carbon Ceramic.
Secara dimensi hanya ada perbedaan 200 mm pada panjang wheelbase versi Coupe dan Gran Coupe. Namun keduanya sama-sama tampil semakin sporty dengan jubah M Sport. Mulai dari intake besar, M gills di samping, spion serat karbon aerodinamis, spoiler belakang, serta diffuser besar di belakang. Bahkan BMW menyediakan opsi M Carbon Package untuk tampilan lebih sangar dan bobot lebih ringan.
Baca juga: BMW 840i M Technic Gran Coupé, Sports Car Mewah Seharga Rp 2,4 Miliar
Interior
Bagian interior menyajikan jok semi bucket dengan aksen two tone pada lapisan kulitnya. Lalu ada juga setir yang sudah dilengkapi tombol M mode di dalamnya, untuk aktifkan pengaturan individual. Sajin informasi kepada pengemudi didukung dengan instrument cluster full digital, serta head-up display.
Di antara seluruh model Seri M yang ada, M8 Competition menjadi satu-satunya yang menyediakan mode Track pada pilihan mode berkendaranya. Performa keseluruhan mesin, transmisi, kemudi dan suspensi akan dimaksimalkan untuk kerahkan kemampuan terbaik M8. Namun pengemudi tetap masih bisa melakukan kombinasi pengaturan sesuai keinginannya, melalui opsi mode Individual.
Baca juga: Modifikasi BMW E30 1989, “Gimana Saya Aja”
Untuk pasar Indonesia, M8 Competition ditawarkan dengan harga Rp 6,749 miliar untuk versi Coupe dan Rp 6,689 miliar pada Gran Coupe. Semuanya dalam kondisi off the road. Angka tersebut menjadikan M8 Competition menjadi model termahal yang dipasarkan BMW di Indonesia saat ini. Di kelasnya, M8 siap melawan Mercedes-AMG GT 4-Door, Porsche Panamera Turbo S, serta Audi RS7.
Oh ya, pembelian termasuk BMW Service Inclusive, sebuah program yang membebaskan semua biaya perawatan kendaraan untuk pelanggan selama 5 tahun atau 60.000 km, mana saja yang lebih dulu, dan juga mencakup garansi 36 bulan tanpa keterbatasan jarak tempuh. Ban kendaraan ini juga dilindungi oleh BMW Group Tire Coverage selama 2 tahun, yang mencakup 100% biaya penggantian hingga 4 ban per tahun. (Wahyu/Raju)
Artikel Unggulan
- Terbaru
- Populer
Artikel yang direkomendasikan untuk anda
Mobil BMW Unggulan
- Populer
Artikel Mobil BMW dari Carvaganza
Artikel Mobil BMW dari Oto
- Berita
- Artikel Feature
- Road Test