BMW Motorrad Luncurkan M 1000 RR Edisi 50 Tahun

BMW M 1000 RR 50th edition

Merayakan BMW M, BMW Motorrad luncurkan M 1000 RR 50 Tahun M Anniversary Edition. Hanya dibuat terbatas dan dibungkus dalam paket lengkap. Jelas paket kompetisi M termasuk di dalamnya. Lalu dilabur warna mencolok Sao Paulo Yellow dan disematkan lambang 50 Tahun BMW M yang bersejarah.

KEY TAKEAWAYS

  • Spesifikasi masih sama dengan versi reguler

    Dibekali mesin empat silinder paralel berkapasitas 999 cc, DOHC, 212 hp dan 113 Nm
  • Rancang desain sesuai dengan filosofi M. Membawa semangat balap hampir 100 tahun konstruksi sepeda motor oleh BMW Motorrad dan 50 tahun kendaraan BMW M. Oleh karena itu, M 1000 RR 50 Years M dilengkapi dengan paket M 50 Tahun opsional. Termasuk lencana peringatan 50 Tahun M, perangkat lunak pemicu waktu putaran GPS M, penutup kursi belakang dan kit penumpang, swingarm aluminium anodized perak yang lebih ringan dan rantai M Endurance yang dilapisi DLC yang bebas perawatan.

    Paket opsional juga mencakup bagian aluminium dan karbon yang diberikan dengan logo M. Untuk M Billet kit terdiri dari pelindung mesin aluminium billet, tuas rem dan kopling lipat, pijakan kaki pengendara M yang dapat disesuaikan, pelindung tuas rem depan. Sedang Paket Karbon M termasuk sepatbor depan dan belakang karbon, panel samping fairing atas, penutup tangki karbon kiri dan kanan, pelindung rantai karbon, dan penutup sproket.

    Harga dasar M 1000 RR $32.495 (Rp476 jutaan). Bila mengambil opsional paket 50 tahun M maka ada tambahan sekitar $4.500 (Rp66 jutaan). Atau bisa ditotal unit istimewa ini dijual $36.995 (Rp542 jutaan). Sekadar informasi, M 1000 RR yang pernah dijual di Indonesia harganya mencapai Rp1,6 miliar off the road.

    Baca Juga: BMW Motorrad Indonesia Rilis M 1000 RR Sebuas Superbike, Harganya Setara SUV X5

     

    Spesifikasi M 1000 RR

    BMW M 1000 RR 50th edition

    Lantaran ini hanya mencakup sebuah tampilan edisi ulang tahun, spesifikasi masih sama dengan versi reguler. BMW M 1000 RR dibekali mesin empat silinder paralel berkapasitas 999 cc, DOHC, berpendingin cairan dengan sistem bahan bakar injeksi yang sudah ditingkatkan tenaganya. Serta dipadukan teknologi BMW ShiftCam.

    Konfigurasinya untuk memvariasikan waktu buka dan tutup katup yang telah dimodifikasi secara komprehensif ke arah mesin sport balap. Output tenaga mencapai 212 hp di 14.500 rpm dengan torsi puncak di angka 113 Nm di putaran 11.000 rpm, plus kecepatan maksimal hingga 15.100 rpm. Ia mampu berlari 0 hingga 62 mph (100 km/jam) dalam 3,1 detik dan mencapai puncak 190 mph (306 km/jam).

    Selain itu pabrikan juga menambahkan winglet di bagian depan yang memberikan aksen balap. Terpasang di tiap sisi fairing dan didesain untuk membantu menjaga bagian depan motor tetap rendah selama akselerasi. Memungkinkan pula pengendara menggunakan membuka gas penuh tanpa harus khawatir wheelying.

    Menurut BMW, winglet yang terpasang sudah diuji di lintasan balap dan juga terowongan angin (wind tunnel). Terbuat dari serat karbon, komponen ini jelas menghasilkan aerodinamika yang mumpuni guna memperoleh waktu putaran lebih cepat.

    Rahasia lain dari M 1000 RR kenapa bisa melesat cepat karena ada reduksi bobot. Beratnya cuma 192 Kg atau 5 kg lebih ringan dari S 1000 RR. Pemangkasan beban disebabkan oleh sistem knalpot yang lebih ringan 3,7 kg. Pelek karbon 'M' yang juga lebih ringan 1,7 kg dari yang aluminium normal. Menggunakan model racing ring 17 inci dibalut ban 120/70 di depan dan belakang 200/55.

    Buat penghenti laju mengandalkan produk Nissin, namun dikembangkan ulang oleh divisi M agar mampu memberikan stabilitas pengereman serta kemampuan kontrol yang maksimum, di jalan raya maupun di lintasan balap. Depan pakai kaliper radial yang lebih ringan dengan cakram ganda yang lebih tebal dibanding RR standar. Secara umum, penjepit disk itu memiliki lapisan anodisasi biru yang dikombinasikan dengan logo M.

    Rangkaian mode berkendara juga telah disediakan, sama dengan S 1000 RR. Ada Rain, Road, Dynamic, Race. Namun ada peningkatan untuknya, yakni pengaturan Race Pro (Race Pro 1-3). Ia juga mendapatkan spesifikasi fitur tertinggi dari BMW, seperti generasi terbaru Dynamic Traction Control (DTC), quickshifter down shift dan fungsi wheelie DTC dengan boks sensor 6-axle.

    Kontrol wheelie yang ada dapat disesuaikan dengan cermat dalam mode 'Race Pro'. Dari situ juga ada tambahan tiga lagi untuk pengaturan rem. Menariknya, dia juga diberikan peluncuran untuk start balapan yang sempurna dan Pit-Lane-Limiter untuk kecepatan presisi di jalur pit. Serta Hill Start Control Pro untuk kemudahan start di lereng gunung.

    Sebagai pelengkap, sistem informasi di sepeda motor ini ditampilkan melalui layar TFT 6,5 inci. Sajian data yang lebih komprehensif bisa ditampilkan dengan menggunakan paket optional yang menawarkan penggunaan M GPS laptrigger dan M GPS data logger (Original BMW Motorrad Accessories) melalui antarmuka OBD cluster instrumen.

     

    Sejarah M Division

    BMW M 1000 RR 50th edition

    Jika Anda tidak akrab dengan sejarah BMW, pada 1972 BMW Motorsport GmbH didirikan sebagai divisi motorsport resmi BMW. Dengan ide untuk menyatukan semua aktivitas motorsport BMW di bawah satu atap dan membangun kendaraan balap performa tinggi, termasuk untuk balap motor. BMW 3.0 CSL (Coupe Sport Light Construction) memulai debutnya sebagai mobil balap pertama BMW Motorsport GmbH pada 1973.

    BMW 3.0 CSL memulai debutnya di Kejuaraan Mobil Touring Eropa pada musim 1973. Ketika itu sudah menggunakan skema tiga warna BMW Motorsport, yakni biru, ungu dan merah dengan latar belakang putih salju yang masih menentukan sampai hari ini. Kemudian versi update-nya Blue - Dark Blue - Red yang menentukan tampilan logo BMW M dan kendaraan BMW M hingga saat ini.

    Skema warna legendaris juga dapat ditemukan pada kendaraan BMW M pertama yang dikembangkan untuk jalan raya pada paruh kedua 1970-an. Kelir itu juga menjadi ciri kendaraan balap yang akan datang dan kesuksesan motorsport mereka. Misalnya, pada 1978 mobil super sport M1 dan seterusnya, hingga mobil balap Formula 1 yang dikendarai Nelson Piquet memenangkan Kejuaraan Dunia Formula 1 pada 1983. Selain itu BMW juga mencicipi kesuksesan off-road pada 1980-an di reli Paris-Dakar.

    Tidak hanya di dunia mobil balap, keberhasilan dan inovasi BMW yang luar biasa juga berasal dari motorsport. Bahkan dalam dekade pertama sejarah perusahaan, BMW dan motorsport dikaitkan dengan nama-nama yang tak terlupakan seperti Ernst Jakob Henne dan Georg "Schorsch" Meier.

    Kemenangan legendaris "Schorsch" Meier dengan BMW supercharged-nya di Piala Turis Senior 1939 di Isle of Man tidak terlupakan. 75 tahun setelah kesuksesan “Schorsch” Meier di Senior TT, Michael Dunlop kembali sukses di tahun 2014 dengan BMW S 1000 RR. Dan di tahun-tahun berikutnya, RR meninggalkan jejak di Tourist Trophy dengan kemenangan lebih lanjut. Warisan balap bersejarah inilah yang dirayakan BMW dengan 50 Tahun M Package M 1000 RR. (Bgx/Odi)

     

    Baca Juga: BMW Motorrad Rilis Varian R 18 Transcontinental dan R 18 B

    Jelajahi BMW M 1000 RR

    • Tampak depan serong BMW M 1000 RR
    • Tampak belakang serong BMW M 1000 RR
    • Tampak depan BMW M 1000 RR
    • Tangki BBM BMW M 1000 RR
    • Mesin BMW M 1000 RR
    • Ban depan BMW M 1000 RR
    • Lampu depan BMW M 1000 RR
    • Pandangan pengendara BMW M 1000 RR
    • Jok BMW M 1000 RR
    • Silencer BMW M 1000 RR
    • Rem depan BMW M 1000 RR
    • Rem belakang BMW M 1000 RR
    • BMW
    • ban belakang BMW M 1000 RR
    • windshield BMW M 1000 RR
    • sistem pendinginan BMW M 1000 RR
    • Speedometer BMW M 1000 RR
    • Tampak belakang BMW M 1000 RR
    BMW M 1000 RR
    Rp 1,6 Milyar Cicilan : Rp 36,51 Juta

    Model Motor BMW

    Motor BMW
    • BMW C 400 GT
      BMW C 400 GT
    • BMW C 400 X
      BMW C 400 X
    • BMW C Evolution
      BMW C Evolution
    • BMW F 700 GS
      BMW F 700 GS
    • BMW F 750 GS
      BMW F 750 GS
    • BMW F 800 R
      BMW F 800 R

    Don't Miss

    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Motor BMW Unggulan

    • Yang Akan Datang

    Bandingkan & Rekomendasi

    Tren Super Sport

    • Yang Akan Datang

    Artikel Motor BMW M 1000 RR dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Dijual Tahun Depan, Intip Spesifikasi BMW M 1000 RR dan M 1000 R Terbaru
      Dijual Tahun Depan, Intip Spesifikasi BMW M 1000 RR dan M 1000 R Terbaru
      Zenuar Yoga . 12 Okt, 2022
    • BMW Motorrad Rilis M 1000 R Tahun Depan, Tenaganya Kalahkan Ducati Streetfighter V4 dan MV Agusta Brutale 1000
      BMW Motorrad Rilis M 1000 R Tahun Depan, Tenaganya Kalahkan Ducati Streetfighter V4 dan MV Agusta Brutale 1000
      Zenuar Yoga . 20 Sep, 2022
    • BMW Luncurkan M 1000 RR 50 Tahun M Anniversary Edition
      BMW Luncurkan M 1000 RR 50 Tahun M Anniversary Edition
      Zenuar Yoga . 23 Mei, 2022
    • Inilah Moge BMW M 1000 RR yang Bakal Jadi Safety Bike MotoGP Mandalika, Harganya Tembus Rp1,6 Miliar
      Inilah Moge BMW M 1000 RR yang Bakal Jadi Safety Bike MotoGP Mandalika, Harganya Tembus Rp1,6 Miliar
      Bangkit Jaya Putra . 17 Mar, 2022
    • Superbike BMW M 1000 RR Spek WSBK Resmi Mengaspal di Indonesia, Harganya Rp1,6 Miliar
      Superbike BMW M 1000 RR Spek WSBK Resmi Mengaspal di Indonesia, Harganya Rp1,6 Miliar
      Bangkit Jaya Putra . 16 Feb, 2022
    • Adu Spek dan Fitur BMW M 1000 RR vs Honda CBR 1000RR-R SP, Selisih Harganya Rp600 Jutaan
      Adu Spek dan Fitur BMW M 1000 RR vs Honda CBR 1000RR-R SP, Selisih Harganya Rp600 Jutaan
      Bangkit Jaya Putra . 17 Feb, 2022