Kolaborasi dua pabrikan Jepang Suzuki dan Toyota siap merilis Engage pada Juli 2023. Ia merupakan hasil rebadge (alih logo) dari Innova Hycross atau disebut Kijang Innova Zenix di Indonesia. Belum debut, namun gambarnya sudah bocor, bertebaran di jagad maya. Lokasi berada di pabrik Toyota Bidadi, India. Dari sini bisa dilihat terdapat perbedaan eksterior, khususnya bagian kisi-kisi dan bumper depan.
Tampak grille Suzuki Engage mengikuti gaya desain Grand Vitara 2023. Bagian jaring-jaring tengah terbagi dua, dengan bingkai kromium. Sedangkan lampu kabut berjenis LED horizontal. Mirip seperti pahatan Modellista, splitter depan dilapisi cat silver metallic. Ia menggunakan pelek sekitar 17 inci dwiwarna. Deret ini menjadi diferensiasi eksterior produk dari Innova Hycross di Negeri Bharata.
Untuk bocoran tampilan kabin belum tersedia. Namun diyakini format masih sama dengan Innova, hanya saja terdapat perbedaan logo S di tengah lingkar kemudi. Jantung pacu sama kepunyaan Innova HEV. Ia pakai mesin TNGA 2.0L berkode M20A-FXS plus dorongan motor listrik. Tenaga ICE tersembur 152 PS pada 6.000 rpm dan torsi 187 Nm pada 4.400-5.200 rpm. Kinerja mesin 1.987 cc 4 silinder Dual VVT-i ini diperkuat penggerak dinamo listrik berdaya 113 PS dan torsi 205 Nm. Tenaga gabungan mencapai 186 PS dalam sistem. Penyaluran pakai transmisi e-CVT ke roda depan.
Motor elektrik berukuran ringkas sengaja dibenamkan guna menambah output power. Termasuk, downsized transaxle sebagai penyalur tenaga ke roda depan yang ditingkatkan kinerjanya. Menurut pabrikan, formulasi baru tersedia demi menyajikan efisiensi terbaik dan lebih senyap ketika beroperasi. Baterai Innova Hycross Hybrid menggunakan jenis Ni-MH dengan kapasitas 1,31 kWh.
Penyimpan setrum ini dikemas dalam paket yang kompak dan disimpan di bawah kedua jok depan. Jadi, tanpa mengurangi ruang di area kabin. Terdapat juga filter di tutup saluran udara pendingin baterai. Alhasil penumpukan debu di jalur pendinginan ditekan guna mencegah penurunan usia pakai baterai akibat peningkatan suhu baterai.
Jika tak ada ubahan, maka mobil dilengkapi dengan sistem (ADAS) keselamatan generasi terbaru. Suzuki diuntungkan, karena belum punya teknologi semacam Toyota Safety Sense 3 (TSS 3.0). Kalau dibedah, isinya meliputi Pre-Collision System (PCS), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), Lane Departure Alert (LDA) & Lane Tracing Assist (LTA), serta Automatic High Beam (AHB).
“Ini merupakan kendaraan jenis kendaraan strong hybrid, tiga baris, top-of-the-line dalam hal harga. Kami membelinya dari Toyota. Saya tidak berpikir volumenya bakal sangat besar. Namun hal ini adalah terobosan kendaraan dalam arti tertentu. Karena teknologi hybrid ramah lingkungan. Unit akan datang kira-kira dalam dua bulan atau lebih,” ungkap RC Bhargava, Maruti Suzuki Chairman, beberapa waktu lalu. (Alx/Odi)
Source: Motorbeam
Baca Juga: Toyota Innova Zenix Rebadge Jadi Suzuki, Mulai Dipasarkan Juli 2023
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.