Yamaha Motor Co., Ltd. turut menjajakan sepeda motor jenis sport, XSR125. Sebelumnya ia sempat dipamerkan di Japan Mobility Show 2023 dan rencana mulai dijual di Negeri Matahari Terbit pada 8 Desember nanti. Mengenai harga, unit dilepas 506.000 yen atau Rp52,32 jutaan. Ya, lebih mahal dari XSR155 di Indonesia (Rp37,77 juta). Barang ini diimpor dari sini, sekaligus diproduksi oleh Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).
Yang jelas Yamaha Indonesia tidak akan menjajakan varian ini. Sebab mereka sudah memiliki XSR155. Menilik spesifikasi XSR125, sangat beda. Karena kubikasi ruang bakar lebih kecil. Konfigurasi silinder tunggal bervolume 124 cc SOHC tanpa VVA. Tenaga maksimal hanya 15 PS di 10.000 rpm dan torsi 12 Nm pada 8.000 rpm. Sedangkan versi 155 cc mampu memberi tenaga 19,27 PS di 10.000 rpm dan torsi 14,7 Nm pada 8.500 rpm. Semua unit memiliki teknologi VVA guna memperkuat power di putaran menengah sampai atas.
Baca Juga: Yamaha Indonesia Rilis Nmax, Aerox, Grand Filano dan Fazzio Versi Lite Lebih Murah
Sistem penyalur daya sama, menggunakan manual (kopling) enam percepatan. Walau mesin kecil, namun Yamaha XSR125 tetap diberi assist dan slipper clutch. Fungsinya untuk mempermudah perpindahan gigi. Kemudian sistem slipper clutch mencegah roda belakang mengunci sehingga tidak akan terjadi slip.
alau dilihat tampangnya agak mirip versi Indonesia. Namun ada sedikit perbedaan dimensi. Yamaha XSR125 punya panjang total 2.030 mm, lebar 805 mm, tinggi 1.075 mm, wheelbase 1.325 mm. Sedangkan milik XSR155 punya panjang 2.007 mm, lebar 804 mm dan tinggi 1.080 mm serta jarak sumbu roda 1.330 mm. Ground clearance keduanya sama 170 mm.
Tampilannya tidak ada perbedaan berarti antara XSR kecil dengan versi Tanah Air. Boleh dibilang guratnya sama persis. Mengenakan komposisi ala motor retro berupa: lampu bundar, sein terpisah, hingga stoplamp bulat minimalis. Bentuk dan pahatan tangki pun sama. Dibuat kekar serta proporsional hingga ke belakang. Tidak terlihat terlalu kurus meski bermesin keci 125 cc.
XSR125 mewariskan fitur bawaan sang kakak, versi 155. Ia memiliki perangkat lumayan lengkap. Di tengah setang, sebuah layar digital menyajikan informasi seputar kendaraan. Ada putaran mesin, kecepatan, posisi gear, jarak tempuh dan fuel gauge terpampang di situ. Tentu dibingkai krom melingkar, sehingga tetap bergaya klasik nan kontemporer. Belum tuntas, sektor pencahayaan diberi teknologi LED. Baik untuk sorot depan maupun belakang. Bahkan, tertera DRL setengah lingkaran di headlight, mempermanis visual.
Beralih ke kaki-kaki, perbekalannya sama saja seperti di Indonesia. Frame utama bermodel Delta Box. Khas Yamaha yang sekaligus membuatnya tampak kekar. Lantas fork upside down tentu jadi bawaan, dengan diameter 37 mm tanpa reflektor. Di belakang, penopangnya shock breaker tunggal berikut travel 110 mm. Peranti keamanan deselerasi pakai cakram depan belakang dan disokong ABS. Di jepang, XSR125 tersedia dalam empat pilihan warna: perak, biru muda, hitam, serta merah. (Alx)
Baca Juga: Yamaha Kasih Jaminan Rangka 5 Tahun untuk Seluruh Skuter Matik
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.