Bukan Transmisi Biasa, Begini Cara Merawat D-CVT Mobil Daihatsu

Daihatsu Rocky interior

 

KEY TAKEAWAYS

  • D-CVT memiliki mekanisme kerja dengan belt seperti CVT konvensional lain

    Saat kecepatan tinggi di atas 60 km/jam, perpindahan tenaga disalurkan dari belt ke split gear
  • Transmisi merupakan salah satu bagian penting dari mobil. Ia berfungsi untuk menyalurkan, sekaligus meningkatkan torsi ataupun kecepatan. Fungsinya dapat menyesuaikan kondisi mobil. Daihatsu selalu mengembangkan perangkat di dalam produk. Salah satunya adalah komponen penyalur tenaga. Perlu diketahui beberapa tipe transmisi seperti manual, otomatis konvensional dan CVT. Tapi ADM saat telah mengembangkan transmisi baru yang disebut D-CVT (dual mode CVT). Perawatannya gampang.

    Dalam hal perawatan, transmisi D-CVT juga terbilang mudah. Hanya perlu dua hal yang harus dipastikan yaitu: melakukan pengecekan volume dan kualitas oli secara berkala. Perlu dicatat, pemeriksaan dilakukan setiap 20.000 km atau 12 bulan. Juga saat penggantian oli setiap 80.000 km atau 48 bulan (mana yang tercapai lebih dulu).

    Menurut Astra Daihatsu Motor, transmisi New D-CVT (Dual Mode Continuously Variable Transmission) memiliki keunggulan lebih halus. Misal ketika berpindah gigi dan efisiensi bahan bakar bisa semakin efisien sekitar 5 persen. Teknologi transmisi ini terbilang baru di Indonesia. Sudah diaplikasikan di Rocky, All New Xenia dan New Sirion.

    Nah, tipe transmisi ini memiliki mekanisme kerja dengan belt seperti CVT konvensional lain. Tetapi yang berbeda ialah, dikombinasikan dengan split gear yang merupakan keunggulan dari D-CVT. Saat kecepatan tinggi di atas 60 km/jam, perpindahan tenaga disalurkan dari belt ke split gear. Sehingga akselerasi mobil dapat maksimal dan dapat menghemat konsumsi bahan bakar.

    Baca Juga: Transmisi D-CVT New Daihatsu Sirion Beda dengan Honda Brio, Begini Cara Kerjanya

     

    D-CVT Daihatsu

    Adapun kelemahan CVT tradisional kerap mengalami power-loss dan suara mendengung tinggi saat akselerator ditekan mengganggu. Lalu CVT selalu ingin menjaga output di putaran mesin puncak. Itulah mengapa selalu menggerung keras dulu sebelum mulai berakselerasi. Jelas kurang nyaman, ada rasa seolah enjin selalu disiksa. Saat melaju kencang, CVT ada di rasio tertinggi yang bisa berdampak terhadap efisiensi bahan bakar. Maka Daihatsu menambahkan planetary gear.

    Penggunaan transmisi ini juga tidak jauh berbeda dengan jenis automatic secara umum. Yaitu mengoperasikan tuas transmisi di posisi D (drive) pada saat berkendara, R (reverse) pada saat mundur. Dan sudah dibekali dengan posisi S (sport), berfungsi untuk mendapatkan akselerasi lebih tinggi. Di model macam Rocky maupun Xenia, terdapat posisi M (manual). Memungkinkan pengemudi dapat merasakan sensasi memindahkan gigi secara manual. Bahkan di New Sirion dilengkapi dengan posisi B (brake). Guna memaksimalkan engine brake ketika di jalan turunan.

    “Kami berharap, dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang komponen, mekanisme kerja, perawatan. Termasuk tips dan trik dalam penggunaan transmisi D-CVT. Sehingga kendaraan kesayangan sahabat tetap dalam kondisi nyaman & optimal,” ujar Bambang Supriyadi, Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor. (Alx/Odi)

     

    Baca Juga: All New Daihatsu Xenia Tidak Pakai CVT Biasa, Ini Keistimewaannya

    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Mobil Daihatsu Unggulan

    Artikel Mobil Daihatsu dari Carvaganza

    • Daihatsu Tembus Penjualan 155 Ribu Unit Jelang Akhir 2024
      Daihatsu Tembus Penjualan 155 Ribu Unit Jelang Akhir 2024
      Anjar Leksana . 17 Des, 2024
    • Daihatsu Resmikan DOJO Center di Malang, Kembangkan Kualitas Lulusan SMK dan Universitas
      Daihatsu Resmikan DOJO Center di Malang, Kembangkan Kualitas Lulusan SMK dan Universitas
      Muhammad Hafid . 11 Des, 2024
    • Daihatsu Kembali Dukung Turnamen Indonesia Masters 2025, Sediakan Hadiah Rp7,5 M
      Daihatsu Kembali Dukung Turnamen Indonesia Masters 2025, Sediakan Hadiah Rp7,5 M
      Anjar Leksana . 27 Nov, 2024
    • GJAW 2024: Daihatsu Tebar Kebahagiaan, Beri Apresiasi Kepada Konsumen Spesial
      GJAW 2024: Daihatsu Tebar Kebahagiaan, Beri Apresiasi Kepada Konsumen Spesial
      Wahyu Hariantono . 23 Nov, 2024
    • Daihatsu Mendekati Penjualan 150.000 Unit Tahun Ini, Merek Terlaris Kedua di Indonesia
      Daihatsu Mendekati Penjualan 150.000 Unit Tahun Ini, Merek Terlaris Kedua di Indonesia
      Zenuar Yoga . 20 Nov, 2024

    Artikel Mobil Daihatsu dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Road Test
    • Hingga November 2024 Daihatsu Kumpulkan Penjualan 155 Ribu Unit
      Hingga November 2024 Daihatsu Kumpulkan Penjualan 155 Ribu Unit
      Anjar Leksana . 13 Des, 2024
    • Hingga November 2024 Daihatsu Kumpulkan Penjualan 155 Ribu Unit
      Hingga November 2024 Daihatsu Kumpulkan Penjualan 155 Ribu Unit
      Anjar Leksana . 13 Des, 2024
    • Daihatsu Donasikan Alat Manufaktur ke SMK dan Universitas
      Daihatsu Donasikan Alat Manufaktur ke SMK dan Universitas
      Anjar Leksana . 11 Des, 2024
    • Hadiah Naik, Daihatsu Kembali Sponsori Turnamen Indonesia Masters 2025
      Hadiah Naik, Daihatsu Kembali Sponsori Turnamen Indonesia Masters 2025
      Anjar Leksana . 26 Nov, 2024
    • Daihatsu Sajikan Banyak Hiburan dan Aktivitas Selama GJAW 2024
      Daihatsu Sajikan Banyak Hiburan dan Aktivitas Selama GJAW 2024
      Wahyu Hariantono . 23 Nov, 2024
    • Komparasi Tiggo 5X Lawan WR-V, Rocky, dan Raize
      Komparasi Tiggo 5X Lawan WR-V, Rocky, dan Raize
      Setyo Adi Nugroho . 19 Jun, 2024
    • New Toyota Rush GR Sport Vs New Daihatsu Terios R, Pilih Mana?
      New Toyota Rush GR Sport Vs New Daihatsu Terios R, Pilih Mana?
      Setyo Adi Nugroho . 15 Apr, 2024
    • Mengingat Keunggulan Daihatsu Rocky, Tawaran Menarik di Segmen SUV Kecil
      Mengingat Keunggulan Daihatsu Rocky, Tawaran Menarik di Segmen SUV Kecil
      Setyo Adi Nugroho . 17 Nov, 2023
    • Membandingkan Varian CVT Termurah, Daihatsu Rocky 1.2 M Vs Toyota Raize 1.2 G
      Membandingkan Varian CVT Termurah, Daihatsu Rocky 1.2 M Vs Toyota Raize 1.2 G
      Setyo Adi Nugroho . 12 Sep, 2023
    • Komparasi New Low SUV Terpanas Bulan Ini, Suzuki XL7 Hybrid VS Daihatsu Terios
      Komparasi New Low SUV Terpanas Bulan Ini, Suzuki XL7 Hybrid VS Daihatsu Terios
      Setyo Adi Nugroho . 19 Jun, 2023
    • First Drive All New Daihatsu Ayla 1.0L MT dan 1.2L CVT, Tidak Terasa Murahan
      First Drive All New Daihatsu Ayla 1.0L MT dan 1.2L CVT, Tidak Terasa Murahan
      Setyo Adi Nugroho . 17 Mar, 2023
    • Road Test Daihatsu Xenia 1.5 R CVT ASA: Fitur Keselamatannya Istimewa!
      Road Test Daihatsu Xenia 1.5 R CVT ASA: Fitur Keselamatannya Istimewa!
      Rizki Satria . 23 Mar, 2022
    • First Drive All New Daihatsu Xenia 1.5 R CVT ADS: FWD dan CVT Jadi Andalan
      First Drive All New Daihatsu Xenia 1.5 R CVT ADS: FWD dan CVT Jadi Andalan
      Anindiyo Pradhono . 06 Des, 2021
    • Daihatsu Sigra R Deluxe: Melebihi Ekspektasi
      Daihatsu Sigra R Deluxe: Melebihi Ekspektasi
      Anindiyo Pradhono . 17 Jan, 2017