BYD kali pertama mengenalkan DiSus Intelligent Body Control System (DiSus System) pada 2023 di Shenzhen, Tiongkok. Teknologi ini merupakan terobosan untuk jenis new energy vehicle (NEV). Sistem digadang mampu meningkatkan dinamika kendaraan, keselamatan, kenyamanan dan kinerja dalam berbagai kondisi berkendara. Pengembangan perangkat ini, menurut perusahaan. Menjadikannya sebagai pabrikan mobil Tiongkok pertama pemilik sofistikasi kontrol bodi smart vehicles.
“DiSus System mewakili langkah signifikan dalam teknologi kontrol bodi kendaraan. Selain meningkatkan pengalaman dalam berkendara. DiSus System juga membuat NEV lebih nyaman, lincah, aman. Tentunya memperkuat posisi BYD sebagai pemimpin dalam inovasi teknologi NEV. Kemampuan update sistem dari jarak jauh (OTA update) semakin menegaskan komitmen perusahaan dalam menyediakan teknologi mutakhir kepada konsumen. Kami percaya, DiSus System dikembangkan mampu memaksimalkan performa fitur. Sehingga meningkatkan keamanan dan kenyamanan konsumen saat berkendara pada masa depan,” ungkap Eagle Zhao, President Director PT BYD Motor Indonesia (26/7).
Gagasan utama BYD dalam pengembangan DiSus System berasal dari sensasi berkendara ringan, stabil dan tenang di segala medan. Ia merupakan sistem suspensi otomatis yang secara cerdas dapat menyesuaikan kondisi jalan. Oleh karena itu, perangkat menawarkan kolaborasi pengendalian bareng konstruksi bodi dengan gerakan lateral, memanjang dan vertikal. Klaim pabrikan, dinamika berkendara semakin aman nyaman dan menyenangkan.
Kemudian DiSus System juga dikatakan bisa meminimalisasi tiga hal. Yaitu body roll saat menikung, pitch di kendaraan saat berjalan di jalan bergelombang. Lalu ketiga, getaran diredam secara optimal di jalan tidak rata. Hal ini sangat bermanfaat khususnya ketika mobil sedang berada di tikungan dengan kecepatan tinggi dan dalam situasi pengereman darurat. BYD selalu mengedepankan kenyamanan. DiSus System terus beradaptasi dengan kondisi jalan serta gaya berkendara. Ia bakal mengoptimalkan pengaturan redaman dan suspensi agar menghasilkan pengendaraan ternyaman, bahkan di lanskap tidak rata.
Lebih jauh lagi, DiSus System meningkatkan pengendalian dan kelincahan kendaraan yang memudahkan pengemudi lebih percaya diri menavigasi tikungan. Serta menjaga kontak ban secara optimal dengan jalanan. DiSus System dirancang untuk beradaptasi dengan gaya dan preferensi berkendara individu. Pengemudi dapat menyesuaikan pengaturan sistem melalui interface intuitif. BYD menegaskan kembali komitmen terhadap inovasi teknologi dan memberikan pengalaman berkendara terbaik kepada konsumen. Terobosan sistem ini menetapkan tolok ukur baru dalam teknologi pengendalian bodi kendaraan. Menunjukkan potensi NEV dalam mendefinisikan kembali lanskap otomotif masa depan.
Perangkat DiSus System hanya dimiliki di kendaraan premium BYD dengan beberapa fungsi seperti menaikan suspensi, mengatur kekerasan suspensi dan penyesuaian redaman. Lalu camping levelling (perataan kabin saat mobil dalam keadaan menanjak). DiSus System membuat perjalanan lebih nyaman lantaran menggunakan suspensi aktif. Terintegrasi bersama sensor dan kamera guna memantau keadaan jalan secara otomatis. Sistem ini mendukung ADAS dan adaptasi dengan beberapa mode berkendara agar mencapai ultimate comfort.
Nah, DiSus System menawarkan berbagai gaya berkendara, termasuk mode comfort dan mode sport. Saat mengaktifkan mode comfort, terjadi penyesuaian suspensi agar memberikan kenyamanan maksimal di dalam kabin. Dalam mode sport, suspensi semakin rigid, meningkatkan handling saat berkendara kecepatan tinggi.
Sensor dan kamera DiSus System bisa mengetahui medan dilalui, rintangan serta melihat keadaan jalan sejauh 150 m melalui akurasi deteksi kurang lebih 3 mm dari setiap sisi bodi mobil. Sekaligus memberikan reaksi akurat hingga ≥ 99 persen . Kontrol DiSus System juga semakin mudah dengan akses ke berbagai device seperti smartphone, PAD/head unit dan voice intelligent. Sistem memiliki kontrol canggih terhadap body roll kanan kiri serta tekanan suspensi. Itulah formulasi BYD dalam meracik stabilitas Yangwang U8, seperti unit terpajang di booth GIIAS 2024.
Yangwang U8 memiliki kemampuan off road, menjadi sorotan utama dengan daya angkat beban sebesar lima ton. Bobot mobil sebesar 3.460 kg/3,5 ton. DiSus P bisa mengangkat beban seberat 5 ton dan bisa bekerja dengan tekanan hingga 53 MPa. Sang SUV gambot mempunyai ketahanan suhu dari -40 derajat hingga 85 derajat celcius. Mampu berjalan dengan nyaman dan aman di segala cuaca.
Mobil ini juga dilengkapi sertifikasi IP68, memberikan ketahanan terhadap debu dan air hingga satu meter selama 30 menit. Keunggulan teknologi DiSus-P Yangwang U8 dilengkapi durabilitas suspensi dalam keadaan ekstrim. Dari titik tertinggi 200 mm hingga ke paling rendah 120 mm secara tiba-tiba hingga lebih dari 300.000 kali. Sehingga dikatakan melebihi durabilitas keadaan suspensi kendaraan lain secara umum. (Alx)
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.