Walau meluncur pada 2023, namun Toyota Agya generasi kedua sudah banyak unit bekasnya. Misalkan saja di area Jabodetabek. Versi seken semakin terjangkau di kantong. Nah, secara umum, ia terbagi menjadi dua kategori yakni kelas LCGC dan hatchback city car. Sebagai perbandingan, harga baru di diler Jakarta trim G MT Rp175,4 juta, G CVT Rp191,4 juta dan 1.2 GR-S CVT Rp353,5 juta. Sedangkan seken lumayan terjangkau bagi first time buyer atau pembeli pertama.
Kisaran Harga Agya Bekas di Jabodetabek
Baca Juga: Toyota Luncurkan New Veloz X-Urban, Tampilan Makin Gahar
Rata-rata jarak penggunaan masih rendah, karena usia juga belum genap satu tahun. Kemudian bentuk bodi, cat dan interior kebanyakan dalam kondisi relatif bagus. Beda dengan Ayla. Seluruh tipe Agya 2023 menggunakan satu opsi enjin 1,198 cc liter tiga silinder 12 katup, DOHC Dual VVT-i. Resultan pembakaran injeksi sanggup membuncah sampai 88 PS pada 6.000 rpm. Momen puntir maksimal diraih 113 Nm di 4.500 rpm.
Opsi penyaluran energi kinetik melalui Dual Mode Continuously Variable Transmission (D-CVT). Tersedia pula girboks manual lima percepatan. Menurut pabrikan, pemacu daya ini punya banyak kelebihan dibanding model lawas 1,2 liter empat silinder (sama dengan Calya-Sigra). Dalam materi presentasi Toyota saat peluncuran kala itu. Menurut riset internal mereka, konsumsi bahan bakar All New Agya bisa mencapai 21,0 km per liter kalau pakai penyaluran CVT. Sedangkan tipe transmisi manual 5-speed tembus 21,7 km per liter. Lalu buat akselerasi (overtake) dari 40-80 km/jam didapat 6,7 detik. Sedangkan model lawas 7,2 detik.
Baik Toyota Agya GR Sport maupun G CVT, semuanya diberikan paddle shift. Tidak tersedia di Brio RS sekalipun. Walau bukan teknologi baru, namun bisa menambah kesenangan berkendara. Kesan sporty bisa timbul saat kita memindahkan rasio gigi virtual. Tinggal menjentikkan jari kanan atau kiri di balik setir untuk mengatur kecepatan sesuai kebutuhan.
Nilai jual lain berupa meter cluster (MID) layar digital TFT 7 inci. Selain tampil semakin keren, segala macam informasi di dalamnya lebih mudah terbaca pengemudi, apalagi saat malam hari. Terus, agar mengikuti tren kendaraan modern. Toyota Agya 2023 menggunakan head unit layar sentuh tujuh inci gaya mengambang (floating monitor). Tersedia segala macam fungsi koneksi. Ada fitur mirroring, ditambah sambungan via Bluetooth, AUX-IN dan USB untuk mendengarkan musik.
Sistem wireless charger pun ada. Tapi hanya tersedia di Agya GR Sport. Pengguna smartphone high-end sangat terbantu untuk mengecas baterai tanpa ribet menggunakan kabel. Tinggal letakkan di konsol tengah, otomatis terisi. Bagian ini menjadi kelebihan tersendiri di kelas city car. (Alx)
Baca Juga: Cara Toyota Wujudkan Netralitas Karbon di Industri Otomotif dan Produknya
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.