Industri otomotif nasional menorehkan banyak peningkatan. Dampak positif ini juga dirasakan Suzuki Indomobil Sales (PT SIS) yang mencatatkan penjualan positif hingga akhir 2022. Secara keseluruhan, mereka menyalurkan kendaraan 89.067 unit. New Carry, XL7 dan All New Ertiga mendominasi selama satu tahun penuh. Pencapaian ini menjadi pembuktian Suzuki sebagai merek yang berusaha memenuhi semua lini kebutuhan konsumen di setiap segmen.
“Jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Penjualan secara retail mengalami peningkatan untuk ketiga unit kebanggaan Suzuki itu. Bahkan, bila dibandingkan dengan bulan sebelumnya selama 2022. Pada Desember Carry berikan catatan penjualan tertinggi. Ia berhasil berkontribusi sebanyak 60 persen. Disusul oleh XL7 18 persen dan ketiga adalah All New Ertiga 12 persen. Kami berterima kasih kepada pelanggan setia Suzuki,” terang Randy R. Murdoko, Asst. to Dept. Head 4W Sales PT Suzuki Indomobil Sales (24/1).
Dari Januari hingga Desember, Carry varian pick-up mengalami peningkatan 2 persen. Total penjualan sebanyak 52.322 unit. Catatan positif lainnya, berhasil menguasai 52 persen market share di kategori kendaraan niaga ringan. Asal tahu, penjualan jenis mini pick-up seluruh Indonesia 99.992 unit. Kesuksesan tidak berhenti di situ. Di kategori kendaraan niaga berjenis pick-up secara keseluruhan. Market share penjualan retail Carry juga berkontribusi 33 persen dari total penjualan retail kendaraan niaga jenis pick-up sebesar 156.271 unit.
Baca Juga: Suzuki Jimny 5 Pintu Akhirnya Meluncur
Suzuki XL7 juga mencatatkan performa bagus. Laku 15.998 unit atau mengalami peningkatan sebesar 9 persen dibandingkan dengan 2021. Sedangkan Desember kemarin, meningkat 25 persen dikomparasi November. Selanjutnya, kontributor utama ketiga adalah All New Ertiga. Dari keseluruhan trim, varian hybrid berikan kontribusi sebesar 59 persen selama Desember 2022. Penjualan retail juga diklaim meningkat 7 persen dibandingkan bulan sebelumnya.
Selain ketiga kontributor utama. Laporan penjualan mobil CBU (Completely Built Up) Suzuki juga berikan angin segar selama 2022. SIS berhasil menjual 5.785 unit CBU secara retail dan naik 4 persen. Model global seperti S-Presso dan Baleno menjadi dua penyumbang utama. Hal ini menjadi pertimbangan juga dalam memasarkan produk lain di Tanah Air.
“Bertambah kebutuhan dan aktivitas, atau munculnya usaha baru yang dilakukan oleh masyarakat. Membuat penjualan Suzuki meningkat pada tahun lalu. Ditambah dengan peluncuran model-model mobil Suzuki baru yang menarik selama 2022. Mampu memikat hati konsumen. Dua hal inilah yang menurut Suzuki menjadi penentu terpilihnya produk kami sebagai teman aktivitas masyarakat sehari-hari,” tutup Randy, dalam laporan penjualan bulanan. (Alx/Odi)
Baca Juga: Berkenalan dengan Suzuki Fronx, Calon Pesaing Toyota Raize dan Honda WR-V
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.