Setahun belakangan adalah eranya small SUV berlimpah fitur tapi harganya terjangkau. Duo pabrikan Jepang pun tak mau ketinggalan. Toyota Raize dan Daihatsu Rocky meluncur membawa banyak kejutan untuk pasar Indonesia. Mereka berdua langsung sukses menggebrak pasar yang masih segar ini.
Terutama Daihatsu Rocky. Namanya sudah tersohor sejak 1990an. Membangkitkan kembali nama mobil tangguh yang pernah eksis sebagai kembaran Taft, Hiline dan Feroza. Namun generasi baru ini, tampil dengan konsep dan desain yang lebih urban dan atraktif.
Tidak cuma jual nama. Rocky yang dikembangkan oleh Daihatsu di Jepang sebagai kei car ini, dibangun di atas platform modern DNGA (Daihatsu New Global Architecture). Dikembangkan dengan konsep Kualitas Tinggi dengan Harga Terjangkau, Teknologi Terkini, serta memperhatikan detail terkecil. Di Indonesia, Rocky adalah produk Daihatsu pertama yang dipasarkan dengan mengandalkan platform DNGA.
Arsitektur baru dikembangkan dengan perhatian sampai detail terkecil. Seperti ukuran, berat, harga dan waktu, dengan tujuan menghasilkan kendaraan yang efisien. Bagi Rocky, DNGA memungkinkannya untuk dibekali berbagai teknologi dan fitur canggih. Bahkan dengan platform ini, dipercaya untuk menjadi basis produksi model kembarannya dari pabrikan saudara senegara.
Tak heran kalau kemudian menjadi idola baru penggemar SUV kompak. Melihat harga yang ditawarkan, Rocky juga mengusik segmen Low MPV (Multi Purpose Vehicle) dan Small Hatchback, namun memiliki nilai utilitas tinggi dan dipersenjatai ragam fitur baru. Terutama dalam hal keselamatan yang masih langka di dua kelas tadi. Apalagi nama besar Daihatsu yang sudah puluhan tahun hadir di Indonesia menempatkannya di posisi yang kuat.
Kemutakhiran platform DNGA dikombinasikan dengan desain yang kontemporer. Mengikuti selera konsumen generasi muda yang menjadi targetnya. Seolah sadar dengan kecenderungan masyarakat masa kini yang peduli dengan penampilan atraktif dan ‘tech savvy-ness’, Daihatsu Rocky punya formula tepat. Jangan heran kalau nantinya DNGA semakin banyak digunakan di model-model baru Daihatsu berikut.
Dari luar terlihat Daihatsu merancang tampilan tegas layaknya SUV sejati. Disertai elemen desain modern nan atraktif sesuai dan tetap mengedepankan karakter tangguh. Highlight lainnya yang diusung adalah paket ASA (Advanced Safety Assist) yang mengemas rangkaian fitur keselamatan seperti Pre Collision Warning, Pre Collision Braking, Pedal Misoperation Control, Front Departure Alert, Lane Departure Warning, dan Lane Departure Prevention.
Bukan hanya itu, Daihatsu juga dengan beraninya memberi opsi mesin yang anti-mainstream untuk konsumen sini. Ada dua varian, yaitu 1.0 liter turbo dan 1.2 liter non-turbo, yang sama-sama berkonfigurasi 3-silinder. Mesin 1.0 liter turbo inilah yang ikut mencuri perhatian khalayak Tanah Air, karena merupakan hasil pengembangan sepenuhnya baru. Sesuai tren global saat ini, bukan hanya menyajikan efisiensi konsumsi bahan bakar ramah lingkungan, tapi secara bersamaan juga sanggup berikan performa mumpuni. Saat masih banyak pabrikan lain malu-malu beranjak ke mesin mungil tiga silinder, Daihatsu dengan tanpa ragu melakukannya.
Sebagai pendatang baru yang sukses mencuri perhatian, siap-siap saja menyaksikan Daihatsu Rocky menjadi idola baru di pasar otomotif Indonesia. Platform canggih, kaya teknologi dan fitur, harga menggiurkan, desain menarik, serta nama yang membawa kembali rasa nostalgia di masa lampau. Tak heran jika kami pun menobatkannya sebagai The Best Newcomer Award dari Carvaganza Editors’ Choice Awards 2021 powered by Intersport Automotive. Selamat untuk Daihatsu Rocky! (Why)
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.