Mobil sport bertebaran di jalanan Indonesia. Memilihnya pun tak sulit, tinggal sesuaikan dengan hasrat terpendam Anda. Hampir semua pabrikan mobil di dunia punya model performa tinggi. Namun yang memang dirancang sebagai mobil pelari, asyik dikendalikan, berorientasi pada kecepatan, alias sports car, pastinya tak banyak. Kembali, di Indonesia, klasifikasi ini sangatlah sedikit.
Pada Carvaganza Editors’ Choice Awards 2021 powered by Intersport Automotive, tentunya kami memilih berdasar pada model yang sudah kami uji. Dan dari beberapa model, Toyota GR Supra kami anggap terbaik untuk mendapat predikat Best Sports Car Award.
Sebagai kendaraan yang mewarisi heritage sangat kuat, Toyota menciptakan GR Supra sebagai sports car powerful dan memberikan pengalaman berkendara paripurna. GR Supra juga dibuat linear dengan filosofi desain tim engineer Toyota. Penampilannya dibuat lebih atletis, dengan tidak melupakan sisi aerodinamika.
Ia pun direkayasa sedemikian rupa agar memiliki distribusi bobot presisi. Bertujuan agar memberikan handling dan cornering seoptimal mungkin. Mesin 3.0 liter DOHC Twin-scroll turbo yang dipadukan dengan transmisi otomatis 8 speed siap melontarkan tenaga setiap Anda memijak gas. Tak kurang dari 387 PS bisa diekstrak dari enam ruang silindernya. Torsinya pun luar biasa. Oh ya, pastikan mode Sport sudah aktif ya. Sebab di mode ini, respons terbaik dari sang GR Supra, bisa Anda gali. Agar bisa melesat kencang, semua itu didukung oleh satu set ban Michelin yang membungkus pelek alumunium tempa 19 inci.
Mengajaknya berlari kencang, membuatnya menari dengan gelinciran roda belakang, atau bermanuver tajam, bukanlah perkara sulit. Sudah lama rasanya kami tak merasakan sensasi mobil sport senatural ini. Jika Anda pernah mengendarai Toyota 86, maka GR Supra punya sensasi jauh lebih impresif.
Selidik punya selidik, Toyota GR Supra memang dikembangkan oleh tim Gazoo Racing. Telah melalui serangkaian uji coba panjang, baik di jalan raya maupun sirkuit. Bahkan saat masih dalam bentuk prototipe, mobil ini turut diikutsertakan dalam balap ketahanan di lintasan Sirkuit Nürburgring, Jerman untuk menemukan komposisi dan kunci terbaik sports car sejati dengan tetap memberikan kenyamanan berkendara saat digunakan sehari-hari. Gazoo Racing memang terkenal dalam memproduksi mobil-mobil sport. Dan GR Supra merupakan mobil massal pertama yang dibuat oleh Gazoo Racing.
Keikutsertaan prototipe GR Supra pada ajang motorsport bukan tanpa alasan. Mampu memberi peluang untuk menguji batas maksimum kemampuannya untuk kemudian mendorong batas ini lebih jauh sehingga performanya dapat menjadi lebih baik lagi.
Melalui uji coba di lintasan jalan raya di berbagai negara, para insinyur sukses membaca karakter yang harus dimiliki GR Supra sebagai sports car yang akan diproduksi massal dan dipasarkan secara global. Semua itu bertujuan untuk menemukan titik keseimbangan paling seimbang bagi tiga elemen kunci stabilitas kendaraan yaitu jarak sumbu roda (wheelbase), tapak (tread), dan pusat gravitasi (center of gravity). Keseimbangan tiga elemen inilah yang menjadikan sports car sejati ini tetap stabil dalam berbagai kondisi lintasan.
Kehadiran GR Supra tak lepas dari heritage masa lalu. Ia mewarisi keandalan pabrikan di dalam meramu mobil sport yang fun-to-drive dan mumpuni sejak tahun 1978. Heritage yang dikembangkan secara berkelanjutan itulah yang akhirnya melahirkan GR Supra yang sekarang. Terentang selama hampir lima dekade, Supra mewariskan power, performa dan inovasi yang ikonik sepanjang waktu.
Diperkenalkan pertama kali tahun 1978, Supra (A40) adalah versi 6-silinder dari Celica. Selanjutnya, di generasi kedua (A60), pabrikan mulai membedakan Supra dari Celica dengan desain paras yang makin tak mirip. Lengkap dengan tapak roda yang lebih lebar dan fender yang menyeruak.
Generasi ketiga Supra, lahir pada 1986 (A70). Model ini benar-benar berbeda dari Celica, utamanya dengan aplikasi turbo yang memungkinkan produksi tenaga hingga 230 PS.
Toyota Supra Generasi keempat (A80), atau lebih umum disebut Supra MK IV, lahir pada 1993. Mengaplikasikan turbo yang lebih canggih lagi hingga tenaga bisa diolah mencapai 320 PS. Konfigurasinya, 6-silinder segaris berkubikasi 3,0 liter. Di zamannya, Supra mampu melesat dalam tempo kurang dari 5 detik untuk akselerasi 0-100 km/jam. Angka fantastis ini membuat para pencinta sports car Eropa mulai bergidik. Desainnya yang futuristis di zamannya, tak lekang hingga kini. Bahkan ia kian terkenal dalam franchise film mobil paling fenomenal, Fast and Furious.
Tahun 2007, hampir dua dekade setelah generasi sebelumnya, nuansa peluncuran Supra mulai bergema. Toyota FT-HS Concept mulai diperkenalkan ke muka publik global. Kala itu belum tentu mobil ini akan menjadi Supra. Bisa saja ia reinkarnasi Celica, MR2 atau 2000GT. Perlahan, model konsep ini makin meruncing menjadi Supra ketika 2014, parasnya yang mirip dengan versi dijual saat ini, muncul.
Baru pada 2019, generasi kelima resmi meluncur dengan nama Toyota GR Supra. Pada tahun yang sama juga, sang sports car dijual di Indonesia. Hanya 12 unit diimpor ke Indonesia dan langsung ludes dalam waktu singkat. Begitupun dengan versi pembaruan yang lebih bertenaga. Begitu dijual pada akhir 2020, alokasi unit sama, langsung habis diserap konsumen. (Van)
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.