MG Motor Indonesia merilis MG 5 GT di IIMS Hybrid 2022. Di pasar sini, mereka menyiapkan tiga opsi. Trim bawah, Activate dilepas Rp339,9 juta on the road Jakarta. Ia jadi lawan seimbang dan lebih murah dibanding Vios 1.5 G CVT Rp355,2 juta. Bentuknya sangat berbeda dari mobil pabrikan Jepang. Bikin sang coupe empat pintu ini lebih laris. Sepanjang tahun lalu laku 319 unit. Sedangkan small sedan Toyota hanya membukukan 250 unit. Mau beli, cek dulu kelengkapan strata terbawah.
Semua unit MG 5 GT mengusung mesin 1,5 liter naturally aspirated DOHC 16 valve VTi - TEC. Termasuk Activate. Dengan rasio kompresi 11,5:1, tarian empat piston membuncah 114 PS di 6.000 rpm. Sedangkan torsi puncak tersedia 150 Nm pada 4.500 rpm. Penyaluran tenaga hanya tersedia CVT 8 speed automatic transmission. Figur ini sedikit lebih unggul dari Vios, 106 PS dan 140 Nm. Fitur standar yang terpasang di varian bawah juga cukup. Isinya meliputi:
Baca Juga: MG HS Facelift 2023 Termurah Rp455,8 Juta Selengkap Apa?
Kalau dilihat dari visual luar. Jenis small sedan berbentuk coupe boleh dibilang amat jarang, kecuali MG 5 GT. Grille depan berjaring lebar sambung dengan bumper bawah. Hal ini mengingatkan kita pada Aston Martin Valhalla. Tak ada fog lamp, tapi ruang ini memiliki lekukan tajam. Pun pada sorot lampu depan menukik, penuh intimidasi. Sehingga fasad terasa beringas sekaligus padat. Tarikan garis samping seolah menegaskan kesan atletis. Sebagai pembeda, trim bawah pakai pelek berukuran 16 inci berikut profil ban 205/55 mm. Semua roda dibekali cakram.
Di tipe Activate, jok menggunakan bahan fabric atau kain hitam tanpa aksen merah. Belum tersedia sunroof. Sektor hiburan tetap pakai head unit gaya mengambang 10 inci multisambungan ke aneka gawai. Sistem pemanja telinga mengadopsi 2-way. Tapi cuma empat speaker. Lalu akses informasi berkendara bukan digital meter cluster, melainkan kombinasi MID dan jarum analog. Lalu electronic parking brake juga jadi standar pabrikan.
Yang membedakan lagi, MG 5 GT Activate hanya memiliki empat bantalan udara. Sedangkan Ignite dan Magnify sudah ada enam titik airbag. Memang tak bisa dibilang murah dibanding pabrikan Jepang. Setidaknya mereka menyuguhkan kendaraan anti-mainstream dan sepanjang tahun lalu termasuk diminati konsumen domestik. (Alx/Odi)
Baca Juga: First Drive MG 5 GT Magnify
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.