Chery Siap Kembali ke Indonesia Bawa Teknologi Elektrifikasi

Chery

Masih ingat Chery? Merek Tiongkok yang beberapa tahun lalu sempat jualan di Indonesia. Dikenal lewat model city car Chery QQ, SUV Chery Tiggo yang mirip Toyota Rav4 dan sempat juga pasarkan station wagon Chery Eastar. Belakangan memang tak terdengar lagi jenama ini. Walau produk mereka masih terlihat digunakan konsumen.

Kabar baik bagi penyuka Chery. Mereka bakal kembali menginvasi pasar otomotif Indonesia tahun depan dan siap membawa teknologi elektrifikasi. Siaran pers resmi mengabarkan rencana itu (27/10). Tak hanya pasar sini, tapi juga internasional. Dari berbagai negara Asia, Eropa, Amerika Selatan dan belahan bumi lain. Pengembangan mobil berbahan bakar baru sejak 1999, memberi keyakinan tinggi mengekspansi market global.

Jadi bukan hal baru bagi Chery dalam dunia elektrifikasi. Penelitian dan pengembangan selama lebih 20 tahun, sudah menghasilkan platform terintegrasi, empat platform mobil listrik, lima sub-sistem dan banyak teknologi inti. Apalagi berkecimpung mengembangkan ekosistem mobil listrik di Tiongkok, yang menduduki peringkat pertama di dunia dalam penjualan mobil listrik.

Chery EQ1

Data pertumbuhan penjualan mobil listrik Chery terus meninggi. Dari Januari sampai September 2021 lalu, Chery menjual 54.848 unit mobil listrik murni dan hybrid. Angka ini naik 153,4% dibandingkan tahun lalu. Chery EQ1 jadi yang terlaris. Mobil kota imut yang rilis pada 2017, mencatatkan beberapa pencapaian tersendiri. Ia adalah mobil listrik pertama yang dikembangkan secara mandiri, pertama juga pakai bodi alumunium ringan, punya fitur parkir otomatis dan jangkauan bisa mencapai 300 km.

Chery juga mengembangkan teknologi hybrid sebagai jembatan bagi konsumen menuju ke jenjang listrik murni. Salah satu inovasinya adalah transmisi Hybrid DHT. Berupa girboks khusus mesin hybrid yang bisa tersambung ke motor elektrik dan internal combustion engine (ICE). Digunakan oleh Tiggo 8 Pro PHEV. Berkat transmisi ini, akselerasi 0-100 km/jam bisa ditembus dalam 5 detik saja. Sementara konsumsi bahan bakar cuma butuh 1 liter untuk 100 km.

Jika melihat line-up Chery sekarang, mengarah ke model listrik dan juga hybrid. Selain EQ1, ada EQ5, EQ2, dan Arrizo yang sudah dijual di Filipina. Tiggo pun punya banyak pilihan seri dan opsi penggerak. Produk Chery tidak lagi seperti QQ dan Tiggo yang kita kenal dulu. Evolusinya pesat dalam hal desain, kualitas dan juga teknologi. Dalam akun resmi Instagram Chery Indonesia pun banyak menampilkan model andalan di pasar internasional. Kemungkinan besar beberapa diantaranya mengaspal di Indonesia. (Odi)

 

Baca Juga: Dilema Pengembangan Ekosistem Kendaraan Listrik di Indonesia

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil dari Carvaganza

  • VinFast VF 3 Raih Most Test-Driven Vehicle di IIMS 2025, Mobil Listrik Kompak Terlaris
    VinFast VF 3 Raih Most Test-Driven Vehicle di IIMS 2025, Mobil Listrik Kompak Terlaris
    Muhammad Hafid . Hari ini
  • Daihatsu Indonesia Recall Rocky & Ayla 1.2 CVT: Segera Perbarui Software ECU Anda
    Daihatsu Indonesia Recall Rocky & Ayla 1.2 CVT: Segera Perbarui Software ECU Anda
    Anjar Leksana . Hari ini
  • Bedah Spek dan Pembaruan Mercedes-AMG G 63, SUV Buas Rp7,2 Miliar
    Bedah Spek dan Pembaruan Mercedes-AMG G 63, SUV Buas Rp7,2 Miliar
    Alvando Noya . Hari ini
  • Test Drive BYD Sealion 7 Jakarta – Bandung , Apa Istimewanya? (Bagian 1)
    Test Drive BYD Sealion 7 Jakarta – Bandung , Apa Istimewanya? (Bagian 1)
    Eka Zulkarnain H . Hari ini
  • Aion V Jadi Primadona Selama IIMS 2025, Raih 733 SPK
    Aion V Jadi Primadona Selama IIMS 2025, Raih 733 SPK
    Zenuar Yoga . Hari ini

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Daftar Ubahan New Toyota Camry Hybrid 2025 dan Skema Cicilannya
    Daftar Ubahan New Toyota Camry Hybrid 2025 dan Skema Cicilannya
    Anjar Leksana . Hari ini
  • Gelora E dan Seres E1 Dominasi Capaian DFSK-Seres di IIMS 2025
    Gelora E dan Seres E1 Dominasi Capaian DFSK-Seres di IIMS 2025
    Setyo Adi Nugroho . Hari ini
  • Ada Problem ECU, Astra Daihatsu Motor Recall Rocky dan Ayla
    Ada Problem ECU, Astra Daihatsu Motor Recall Rocky dan Ayla
    Anjar Leksana . Hari ini
  • Persiapan Mudik Lebaran, Suzuki Beri Diskon Suku Cadang 15 Persen
    Persiapan Mudik Lebaran, Suzuki Beri Diskon Suku Cadang 15 Persen
    Anjar Leksana . Hari ini
  • Road Trip Efisien dan Nyaman Jakarta-Ciwidey Bersama Mercedes-Benz EQE 350 4Matic SUV
    Road Trip Efisien dan Nyaman Jakarta-Ciwidey Bersama Mercedes-Benz EQE 350 4Matic SUV
    OTO . Hari ini
  • Xpeng X9 Siap Bersaing di Indonesia, Kenali Dulu Spesifikasinya
    Xpeng X9 Siap Bersaing di Indonesia, Kenali Dulu Spesifikasinya
    Muhammad Hafid . Hari ini
  • Mercedes-Benz Electric G 580 Edition One: Tangguh dan Ramah Lingkungan
    Mercedes-Benz Electric G 580 Edition One: Tangguh dan Ramah Lingkungan
    Muhammad Hafid . 27 Feb, 2025
  • Komparasi Spesifikasi AION V, Geely EX5 dan BYD Atto3
    Komparasi Spesifikasi AION V, Geely EX5 dan BYD Atto3
    OTO . 23 Feb, 2025
  • Harga Bersaing, Adu Kekuatan Hyptec HT Vs BYD Sealion 7
    Harga Bersaing, Adu Kekuatan Hyptec HT Vs BYD Sealion 7
    OTO . 23 Feb, 2025
  • Review Test Suzuki S-Presso di IIMS 2025: Mobil Murah Masih Relevan Buat Harian
    Review Test Suzuki S-Presso di IIMS 2025: Mobil Murah Masih Relevan Buat Harian
    Ardiantomi . 21 Feb, 2025
  • Pascaliburan Jangan Lupa Cek Bagian Kendaraan Ini!
    Pascaliburan Jangan Lupa Cek Bagian Kendaraan Ini!
    Setyo Adi Nugroho . 30 Jan, 2025
  • Potensi Masalah Kendaraan di Perjalanan Sepanjang Waktu Liburan
    Potensi Masalah Kendaraan di Perjalanan Sepanjang Waktu Liburan
    Setyo Adi Nugroho . 30 Jan, 2025
  • Tips Berkendara Saat Hujan di Libur Nataru
    Tips Berkendara Saat Hujan di Libur Nataru
    Setyo Adi Nugroho . 30 Des, 2024
  • Perhatikan Faktor Ini untuk Atasi Mesin Hilang Tenaga dan Ngelitik
    Perhatikan Faktor Ini untuk Atasi Mesin Hilang Tenaga dan Ngelitik
    Setyo Adi Nugroho . 30 Des, 2024
  • Berkendara Liburan Akhir Tahun, Persiapkan Hal Ini Biar Aman dan Nyaman
    Berkendara Liburan Akhir Tahun, Persiapkan Hal Ini Biar Aman dan Nyaman
    Setyo Adi Nugroho . 11 Des, 2024
  • Test Drive BYD Sealion 7: Di Mana Letak Kelebihannya?
    Test Drive BYD Sealion 7: Di Mana Letak Kelebihannya?
    Eka Zulkarnain . 03 Mar, 2025
  • First Drive Chery Tiggo Cross: Mengancam Lawan dengan Paket Fitur dan Harga!
    First Drive Chery Tiggo Cross: Mengancam Lawan dengan Paket Fitur dan Harga!
    Setyo Adi Nugroho . 12 Feb, 2025
  • Test Drive New Hyundai Creta N Line: Semakin Asyik Dikendarai
    Test Drive New Hyundai Creta N Line: Semakin Asyik Dikendarai
    Anjar Leksana . 12 Feb, 2025
  • First Drive Mazda CX-80 PHEV: Performa dan Konsumsi BBM Impresif!
    First Drive Mazda CX-80 PHEV: Performa dan Konsumsi BBM Impresif!
    Setyo Adi Nugroho . 31 Jan, 2025
  • Test Drive Mazda CX-30: Karakter Sporty Mendominasi Plus Kenyamanan Ekstra
    Test Drive Mazda CX-30: Karakter Sporty Mendominasi Plus Kenyamanan Ekstra
    Setyo Adi Nugroho . 21 Jan, 2025