Ciri-ciri Busi Motor Bermasalah dan Usia Pakai yang Optimal
KEY TAKEAWAYS
Salah satu ciri busi sudah tidak baik adalah mesin sulit dihidupkan
Karena percikan api yang dihasilkan oleh busi tidak mencukupiBusi menjadi komponen yang memegang peran vital di dalam mesin sepeda motor. Fungsinya amat penting sebagai sistem pengapian. Kalau bermasalah, pembakaran enjin bisa terkendala hingga sulit dihidupkan. Benda kecil ini bekerja meneruskan tegangan listrik yang disalurkan oleh koil pengapian (ignition coil) menjadi percikan api. Kemudian membakar campuran antara udara bareng bensin di ruang bakar.
Sama dengan part di dalam kendaraan lain. Busi juga memerlukan perhatian dan perawatan agar kondisi tetap baik dan kerja optimal. Tak sedikit pengguna sepeda motor yang abai mengenai kondisinya. Apalagi untuk jenis skutik zaman sekarang, posisinya agak sulit dijangkau, ketimbang motor bebek. Nah, ada beberapa ciri kalau kondisi sudah buruk dan wajib diganti.
Mesin Tak Bertenaga
Jika kondisi busi sudah aus, dipastikan berdampak terhadap performa mesin sepeda motor secara keseluruhan. Contohnya, tenaga jadi berkurang. Sulit diajak berakselerasi dengan kencang. Selain itu, kalau Anda melewati jalan menanjak, motor seolah-olah kehabisan napas. Dalam kondisi tertentu bisa sampai brebet. Hal ini terjadi karena terdapat perubahan jarak antara elektroda dan massa (ground) busi.
Sulit Dihidupkan
Ciri lain busi sudah tidak baik adalah mesin sepeda motor sulit dihidupkan. Baik saat Anda menggunakan elektrik starter maupun kick starter (diengkol). Pada umumnya, penyebab utama terjadinya hal ini karena percikan api yang dihasilkan oleh busi tidak mencukupi. Sehingga sukar untuk memicu pembakaran di dalam mesin. Artinya, itu tanda bahwa busi harus segera diganti.
Boros Bensin
Gejala selanjutnya ialah terjadinya boros konsumsi bahan bakar tanpa alasan yang jelas. Ini jadi salah satu indikasi bahwa busi sudah tidak layak digunakan. Ketika busi mengalami keausan dan menghasilkan kondisi misfire. Maka proses pembakaran tidak sempurna. Banyak bahan bakar terbuang sia-sia saat kondisi ini terjadi. Pada akhirnya dapat menyebabkan endapan kotoran terbentuk di ujung insulator busi atau elektroda.
Suara Mesin Tidak Normal
Penting agar memperhatikan suara mesin sepeda motor saat dihidupkan. Untuk sepeda motor yang memiliki silinder lebih dari satu. Jika suara mesin terdengar tidak halus atau kasar dan muncul muncul getaran tidak biasa. Salah satu kemungkinan penyebabnya adalah kerusakan busi motor.
Alasannya, busi yang rusak bisa berpengaruh terhadap fungsi silinder motor. Keadaan ini membuat mesin jadi pincang. Sebaiknya segera membawa motor ke bengkel untuk mencegah terjadinya kerusakan lebih lanjut.
Usia Pakai Busi
Beberapa pabrikan busi (jenis standar) mengklaim kalau usia pakainya rentang 8.000 km hingga sekitar 10.000 km. Namun hal itu tidak bisa menjadi patokan pasti. Sebab banyak sekali faktor yang memperpendek umur penggunaan. Idealnya cek busi minimal saat jarak 4.000 km. Kalau sudah aus, langsung ganti saja, tanpa menunggu sampai mogok di jalan. Toh harganya mulai puluhan ribu saja. (Alx/Odi)
Baca Juga: Pakai Oli Mesin Berganti-ganti Merek Bahaya? Ini Penjelasannya
Artikel Unggulan
- Terbaru
- Populer
Artikel yang direkomendasikan untuk anda
Motor Unggulan
- Terbaru
- Yang Akan Datang
- Populer
Artikel Motor dari Oto
- Berita
- Artikel Feature
- Advisory Stories
- Road Test