Toyota GR Supra terlahir dari kolaborasi dua pabrikan. Ia pantas disebut versi lain dari BMW Z4 generasi keenam. Komposisinya, Toyota lebih berperan pada desain, sedangkan mesin dan transmisi hasil suplai BMW. Bedanya, desain Supra dan Z4 bertolak belakang. Supra sebuah coupe, Z4 adalah roadster. Akta kelahiran pun sama: Magna Steyr, Graz, Austria.
Lebih istimewa buat Supra, mendapat tuning khusus dari divisi Gazoo Racing. Makanya menyandang nama GR (Gazoo Racing). Jika membandingkan keduanya, GR Supra terlihat lebih merangsang untuk dikemudikan. Namun mesin hingga transmisi tetaplah datang dari Z4. Karena sang roadster tidak punya opsi girboks manual, Supra jadi terdampak. Akhirnya gayung pun bersambut. Toyota Gazoo Racing mendengar permintaan para penggemar dan menyanggupinya. Foto teaser sudah disebar, sebentar lagi bakal meluncur.
Toyota memberi petunjuk amat jelas. Tanpa basa-basi mereka merilis foto tiga buah pedal. Tambahan pedal kopling yang posisinya terlihat rapat dengan rem dan gas.
Baca Juga: Toyota Supra A90 Drifter, Dibuat Pakai Ramuan Masa Lalu
Di Australia, pihak Toyota mengatakan melalui siaran pers, "Dikembangkan memenuhi kebutuhan berkendara murni, Toyota GR Supra transmisi manual dirancang untuk menawarkan para kalangan antusias sesuatu yang dekat ke DNA Gazoo Racing dan akan meningkatkan pengalaman berkendara."
Begitu pula di Eropa. Kata Toyota, "penambahan dalam line-up GR ini adalah Supra, logo 'Supra' merah baru menandakan kehadiran transmisi manual." Ya, penanda kalau ini Supra manual bisa dilihat dari logo di buritan. Aksara ikonik Supra dikelir merah seolah membara dengan hasrat besar.
Tidak ada informasi detail yang dibongkar oleh Toyota. Jumlah percepatan girboksnya pun belum ketahuan. Paling logis berjumlah 6-percepatan. Berharap diambil dari BMW M3 G80 dan M4 G82. Yaitu unit GS6-53BZ racikan ZF. Karena ini juga kemungkinan transmisi manual terakhir yang akan diberikan pabrikan Munich. Sebagian pengemudi puritan tentunya berharap tetap lestari.
Ada kabar juga kalau girboks manual hanya akan dipasangkan dengan mesin B58. Masuk akal dan cocok jika ingin mewarisi kehebatan Supra A80. Perpaduannya dengan enjin 6-silinder inline yang masuk dalam deretan mesin terbaik dari Ward. Bakal menyalurkan tenaga 387 PS dan torsi 499 Nm ke roda belakang (RWD). Sementara untuk varian 4-silinder 2,0-liter hanya punya transmisi otomatis 8-percepatan. (Odi)
Baca Juga: Toyota GR Supra Sport Top Bersolek Gaya A80 Original
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.