Tambah lagi edisi spesial Vespa. Kali ini bertajuk Swiss Edition dan memang dikhususkan pasar Swiss saja. Model yang bakal menyandangnya adalah GTS 300 Super dan GTS 125 Super. Keduanya hanya diproduksi 300 unit dengan tampilan beda hasil laburan cat Grigio Materia. Collectible item yang menarik!
Selain cat khusus, keistimewaan dari Swiss Edition adalah pelat aluminium embossing 3D atau sebuah badge khusus. Diletakkan di bagian penyimpanan depan, tepatnya di bawah kiri. Di situ terukir nomor seri 1 sampai 300 dan tahun produksi dari model khusus GTS masing-masing. Tentu saja menjadi nilai jual yang unik. Karena tampilan merupakan salah satu faktor penentu bagi banyak pembeli Vespa. Berkat kelir unik dan termasuk barang ‘panas’, keduanya diharapkan cepat "sold out" dalam waktu dekat.
Soal tampilan tak jauh berbeda dengan versi reguler. Headlight LED model terpisah lengkap dengan daytime running light (DRL) sudah diaplikasikan. Sekaligus mika belakang kompak dengan imbuhan LED round. Identitas paling melekat dan dapat mudah dikenali yakni hadirnya beberapa aksen krom, jahitan jok, serta pelek.
Kelengkapan lain masih sama seperti versi standar. Seperti roda 12 inci, port USB, bike finder, perangkat ABS dan speedometer analog. Tapi bukan berarti ketinggalan zaman. Sistem konektivitas "MIA" Piaggio menghubungkan smartphone dengan Vespa bisa disediakan jika diperlukan.
Fasilitas keamanan juga tetap menjadi fokus mereka. Lontaran tenaga besar, perlu penyeimbang untuk menjinakkannya. Buat GTS 300 Super tersemat fitur ASR (Anti-Slip Regulations). Tertanam guna mengatur traksi motor. Gejala selip bisa dikoreksi dengan baik berkat perangkat tadi. Rem cakram dengan sensor ABS dua kanal pun siap menahan laju kencang tanpa gejala terkunci.
Baca Juga: Rayakan Ulang Tahun, Vespa Rilis Primavera dan GTS 300 75th Anniversary Edition
Basis teknis Edisi Swiss sesuai dengan GTS Super 125 dan 300 reguler. Namun untuk model 2021, semua model GTS menerima pelek dengan warna baru, serta penyesuaian teknis untuk standar Euro 5. Buat GTS 125 mengandalkan mesin injeksi berpendingin air dengan 3 buah katup. Mesin i-Get berkapasitas 124,5 cc-nya kini punya daya sebesar 14 Hp di 7.600 rpm dan torsi 10,2 Nm di 6.000 rpm. Tenaganya itu meningkat 17 persen dari model sebelumnya. Cukup responsif.
Sedang GTS 300 Super masih mengandalkan mesin 278,3 cc. Tenaga maksimal yang mampu dihasilkan adalah 23,8 Hp di 8.250 rpm. Sementara torsi maksimumnya 26 Nm di 5.250 rpm. Output demikian jelas besar. Dan telah dijejali ECU (MIU4) generasi terbaru dari Magneti Marelli.
GTS 125 Super Swiss Edition dibanderol CHF 5.745 atau sekitar Rp90 jutaan. Sementara GTS 300 Super Swiss Edition dihargai CHF 6.545 atau setara Rp103 jutaan. Sayangnya, GTS Super edisi terbatas ini belum tersedia diler resmi negara lain. (Bgx/Odi)
Sumber: Motorrad online, Ride Apart
Baca Juga: Vespa GTS Series Dapat Penyegaran Warna Baru
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.