Daihatsu Fellow Max, Berbodi Mungil dan Mesin 2-Tak

Daihatsu Fellow Max

Acara Kumpul Sahabat Solo dilangsungkan pada 25 Agustus kemarin. Mereka turut memajang mobil mini, Fellow Max berkelir kuning keemasan. Bentuknya mungil, kemudian dekorasi macam taksi dengan pelat nomor Jepang. Sehingga bergaya ala model JDM. Tak sedikit orang penasaran, melihat dan bersentuhan langsung. Kendaraan ini merupakan lansiran 1976, bermesin 2-tak dan hanya berkubikasi 360 cc. 

KEY TAKEAWAYS

  • Harga bahan Fellow Max dulu cuma Rp25 juta

    Setelah direstorasi harganya semakin meningkat
  • “Dulu saya dapat bahan seharga Rp25 juta dengan kondisi rusak parah. Terus direstorasi sedikit demi sedikit. Waktu itu beli pada 2019. Dulu warna hijau, sedangkan di STNK coklat, jadi dikembalikan ke kelir aslinya. Adapun biaya restorasi total Rp65 jutaan (belum termasuk harga beli). Perbaikan paling besar di sektor bodi sama mesin. Soalnya dapatnya benar-benar bahan. Proses pengerjaan sendiri sekitar satu tahun di bengkel sendiri,” beber Agoenk Retro, pemilik Daihatsu Fellow Max.

    Untuk diketahui, Daihatsu Fellow Max menggunakan mesin ZM dua silinder dua tak berpendingin air, berikut ruang bakar 356 cc. Tenaga mencapai 23 PS. Enjin ini juga dipakai Hijet lawas, plus transmisi manual empat percepatan. Jantung mekanis kecil dengan sistem oli samping ini beratnya hanya 128 lb atau 58 kg. 

    Daihatsu Fellow Max

    Nah, pada Mei 1976 karena ada ubahan regulasi mengenai kei car di Jepang. Daihatsu melakukan penyempurnaan mesin berkode AB10 menjadi 547 cc empat tak, menggantikan ZM dua tak. Mereka juga menggunakan sasis baru berkode L40V. DNA Fellow tetap dilekatkan dengan menggunakan nama Max 550. Kecepatan puncaknya diklaim tembus 110 km/jam. Itulah sejarah singkat terkait perkembangan Fellow Max. 

    Sedangkan mobil yang dipajang kemarin. Bentuknya sangat mungil dan menjadi "mbahnya" kei car di Jepang. Ia memiliki panjang 2.995 mm, lebar 1.295 mm, tinggi 1.290 mm, jarak sumbu roda 2.090 mm dan bobot keseluruhan 510 kg. Mobil ini dibuat di pabrik Daihatsu Ikeda, Osaka. Barang yang Anda lihat menggunakan format empat pintu. Mereka juga memproduksi versi dua pintu dan van tiga pintu.

    Walau barang lawas, namun dekorasi interior Daihatsu Fellow Max ini lumayan rapi. Jok dilapisi kulit sintetis warna gelap, termasuk di bagian lingkar kemudi. Logo Max di tengah setir masih dipertahankan. Meter cluster juga terlihat masih berfungsi. Hanya saja ada di beberapa titik cat mulai terkelupas di panel bodi luar. 

    “Dulu yang kurang saya carikan (kelengkapannya). Emblem yang terpasang itu orisinal semua. Ini mobilnya bisa jalan. Kalau AC, dari angin jendela, tidak kuat dipasang karena ini mobil 360 cc dua silinder, dua stroke. Kemarin itu mau ditukar motor Cagiva Mito, tapi saya harus tambah dana sekitar Rp15 jutaan. Tapi ini masih nego-nego. Mereka maunya terima beres semua, repaint lagi. Kalau ada yang berminat ya silahkan,” imbuh Agoenk, menjelaskan teknis Daihatsu Fellow Max. (Alx)

    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Mobil Daihatsu Unggulan

    Artikel Mobil Daihatsu dari Carvaganza

    • Favorit di Segmen LCGC 7 Seater, Daihatsu Sigra Kuasai Pasar Sepanjang 2024
      Favorit di Segmen LCGC 7 Seater, Daihatsu Sigra Kuasai Pasar Sepanjang 2024
      Setyo Adi . 30 Des, 2024
    • Daihatsu Sahabat Siaga Liburan: Fasilitas Pos, Bengkel, dan Layanan Mobile di Nataru
      Daihatsu Sahabat Siaga Liburan: Fasilitas Pos, Bengkel, dan Layanan Mobile di Nataru
      Muhammad Hafid . 25 Des, 2024
    • Daihatsu Tembus Penjualan 155 Ribu Unit Jelang Akhir 2024
      Daihatsu Tembus Penjualan 155 Ribu Unit Jelang Akhir 2024
      Anjar Leksana . 17 Des, 2024
    • Daihatsu Resmikan DOJO Center di Malang, Kembangkan Kualitas Lulusan SMK dan Universitas
      Daihatsu Resmikan DOJO Center di Malang, Kembangkan Kualitas Lulusan SMK dan Universitas
      Muhammad Hafid . 11 Des, 2024
    • Daihatsu Kembali Dukung Turnamen Indonesia Masters 2025, Sediakan Hadiah Rp7,5 M
      Daihatsu Kembali Dukung Turnamen Indonesia Masters 2025, Sediakan Hadiah Rp7,5 M
      Anjar Leksana . 27 Nov, 2024

    Artikel Mobil Daihatsu dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Road Test
    • Pilih-pilih Low MPV Terbaru di Akhir Tahun
      Pilih-pilih Low MPV Terbaru di Akhir Tahun
      Setyo Adi Nugroho . 24 Des, 2024
    • Daftar Mobil Murah di Akhir Tahun, Ada Brio Satya, Agya, Ayla, Sigra dan Calya
      Daftar Mobil Murah di Akhir Tahun, Ada Brio Satya, Agya, Ayla, Sigra dan Calya
      Setyo Adi Nugroho . 24 Des, 2024
    • Daftar Mobil Murah di Akhir Tahun, Ada Brio Satya, Agya, Ayla, Sigra dan Calya
      Daftar Mobil Murah di Akhir Tahun, Ada Brio Satya, Agya, Ayla, Sigra dan Calya
      Setyo Adi Nugroho . 24 Des, 2024
    • Daihatsu Sahabat Siaga Liburan Siap Menemani Selama Musim Nataru
      Daihatsu Sahabat Siaga Liburan Siap Menemani Selama Musim Nataru
      Muhammad Hafid . 23 Des, 2024
    • Sigra Masih Jadi Tawaran Menarik di Segmen LCGC MPV
      Sigra Masih Jadi Tawaran Menarik di Segmen LCGC MPV
      Setyo Adi Nugroho . 19 Des, 2024
    • Komparasi Tiggo 5X Lawan WR-V, Rocky, dan Raize
      Komparasi Tiggo 5X Lawan WR-V, Rocky, dan Raize
      Setyo Adi Nugroho . 19 Jun, 2024
    • New Toyota Rush GR Sport Vs New Daihatsu Terios R, Pilih Mana?
      New Toyota Rush GR Sport Vs New Daihatsu Terios R, Pilih Mana?
      Setyo Adi Nugroho . 15 Apr, 2024
    • Mengingat Keunggulan Daihatsu Rocky, Tawaran Menarik di Segmen SUV Kecil
      Mengingat Keunggulan Daihatsu Rocky, Tawaran Menarik di Segmen SUV Kecil
      Setyo Adi Nugroho . 17 Nov, 2023
    • Membandingkan Varian CVT Termurah, Daihatsu Rocky 1.2 M Vs Toyota Raize 1.2 G
      Membandingkan Varian CVT Termurah, Daihatsu Rocky 1.2 M Vs Toyota Raize 1.2 G
      Setyo Adi Nugroho . 12 Sep, 2023
    • Komparasi New Low SUV Terpanas Bulan Ini, Suzuki XL7 Hybrid VS Daihatsu Terios
      Komparasi New Low SUV Terpanas Bulan Ini, Suzuki XL7 Hybrid VS Daihatsu Terios
      Setyo Adi Nugroho . 19 Jun, 2023
    • First Drive All New Daihatsu Ayla 1.0L MT dan 1.2L CVT, Tidak Terasa Murahan
      First Drive All New Daihatsu Ayla 1.0L MT dan 1.2L CVT, Tidak Terasa Murahan
      Setyo Adi Nugroho . 17 Mar, 2023
    • Road Test Daihatsu Xenia 1.5 R CVT ASA: Fitur Keselamatannya Istimewa!
      Road Test Daihatsu Xenia 1.5 R CVT ASA: Fitur Keselamatannya Istimewa!
      Rizki Satria . 23 Mar, 2022
    • First Drive All New Daihatsu Xenia 1.5 R CVT ADS: FWD dan CVT Jadi Andalan
      First Drive All New Daihatsu Xenia 1.5 R CVT ADS: FWD dan CVT Jadi Andalan
      Anindiyo Pradhono . 06 Des, 2021
    • Daihatsu Sigra R Deluxe: Melebihi Ekspektasi
      Daihatsu Sigra R Deluxe: Melebihi Ekspektasi
      Anindiyo Pradhono . 17 Jan, 2017