Bagi pemilik Daihatsu Rocky, siap-siap harus ke bengkel untuk perbaikan khusus. Karena PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengumumkan recall terkait masalah cukup serius. Ditemui bagian pengelasan area apron depan kurang kuat. Khususnya bagian dudukan shock absorber. Supaya menghindari potensi besar yang bisa terjadi, ADM membuat program penarikan kembali sebagai bentuk tanggung jawab mereka.
Tercatat ada 9.378 unit Rocky masuk dalam daftar recall. Semua diproduksi dalam periode 28 April - 7 Oktober 2021. Kata pihak ADM, perlu dilakukan penguatan dengan menambah titik area pengelasan di bagian dudukan shock absorber depan. Karena berpotensi mengganggu kenyamanan berkendara ketika melewati jalan rusak saat kecepatan tinggi. Bisa timbul suara tidak normal dari daerah depan dan lebih parahnya lagi dudukan shock absorber terlepas.
“Program ini merupakan komitmen Daihatsu dalam usaha kami menjaga kualitas dan kepuasan pelanggan lewat layanan after sales. Daihatsu siap menyambut pelanggan yang mobilnya termasuk dalam daftar program recall, silahkan untuk dapat membawa kendaraan kesayangannya ke bengkel resmi Daihatsu untuk dilakukan perbaikan, agar dapat beraktivitas lebih aman, dan nyaman,” kata Lili Herman, After Sales Service & Logistic Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO).
Baca Juga: Rekomendasi SUV Bekas Berkelas Seharga Daihatsu Rocky 1.2
Dalam kesempatan sama, bukan hanya Rocky yang diumumkan terkena program recall. GranMax dan Luxio juga termasuk. Masalahnya beda, malah soal pemrograman ulang komponen ECU dengan total 11.374 unit. Terdampak ke model periode produksi 9 September 2021 hingga 21 Januari 2022. Gejala yang terjadi berupa putaran mesin tidak stabil, mesin knocking atau ngelitik, dan kinerja mesin tersendat bahkan bisa sampai mati.
Sudah pasti konsumen Rocky, GranMax dan Luxio harus membawa mobil mereka ke bengkel resmi Daihatsu. Untuk prosedurnya, Daihatsu akan menghubungi pelanggan yang kendaraannya masih dalam daftar recall. Atau bisa memastikan sendiri lewat website resmi www.daihatsu.co.id/recall dengan memasukkan nomor rangka. Atau bisa juga menghubungi Daihatsu Access di 1-500-898. Setelah itu dapat langsung booking jadwal servis seperti biasa. Sebanyak 162 bengkel resmi Daihatsu di seluruh Indonesia siap menjalankan program ini.
Jangan khawatir, program recall ini tidak dipungut biaya alias gratis. Namun perlu ketahui dulu proses pengerjaannya. Untuk Rocky, karena termasuk bagian sasis yang harus mendapat perbaikan, membutuhkan proses pengerjaan sekitar 10 jam kerja. Sedangkan GranMax dan Luxio hanya sebentar sekitar 15 menit. (Odi)
Baca Juga: Pilih Varian Tertinggi Daihatsu Rocky atau Terios?
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.