Daihatsu Sirion S-Edition 2020 Versi Brunei, Beda di Body Kit

Perodua Myvi

BRUNEI -- GHK Motors sebagai pemegang merek Perodua di Brunei, akhirnya memboyong Perodua Myvi alias Daihatsu Sirion generasi ketiga ke negara tersebut. Mereka menawarkan dua varian: 1.3G dan S-Edition. Nah, edisi khusus ini tidak dijual, baik di Indonesia maupun Malaysia. Secara fisik sebenarnya tak jauh berbeda dari unit antarnegara. Cuman sentuhan aksesori dan body kit agar mendongkrak tampilan juga diferensiasi produk. Di Brunei mobil dijual mulai B$ 17,246 atau setara Rp 179,4 jutaan.

Di Indonesia, sekadar pembanding, unit Sirion dibanderol Rp 200 juta – Rp 214 juta OTR Jakarta. Wajar angkanya jadi melambung lantaran barang diimpor dari Jiran. Lantas apa saja bedanya?

Perabotan standar pada 1.3G meliputi pelek alloy 14 inci, lampu LED, start stop button, keyless, jok kain, head unit 2DIN dengan input USB. Lalu sensor mundur, ABS plus EBD, kontrol stabilitas kendaraan (VSC) guna mencegah mobil melintir oversteer atau understeer. Front and side airbag tersedia di empat titik, berikut sistem sinyal stop darurat. Lalu terpasang sofix dan seat belt reminder buat pengemudi serta semua penumpang.

Baca juga: New Daihatsu Sirion 2020 vs Honda Brio RS, Siapa Lebih Menarik?

Perodua Myvi

Kelengkapan

Myvi S-Edition kelengkapan keamanannya sama. Ia mengambil basis 1.3G tetapi dengan body kit dan sentuhan lain. Pelek berpalang rapat, grille pakai jaring berlubang kecil. Kisi-kisi bagian atas diberi lis kromium. Sementara pelindung bumper depan dikelir abu-abu gelap, lumayan agresif. Unit khusus, dilengkapi oleh tiga intake besar, splitter di apron bawah serta lencana S-Edition kecil melekat. Sisi samping dipasang side skirt kecil dikelir silver gelap.

Corak itu senanda, begitu Anda melihat tampilan buritan. Bumper bergaya ala diffuser racing. Spoiler atap kian besar dan menonjol lebih tinggi dari apa yang terlihat di Myvi GT. Sedangkan tatanan interior, tidak berubah. Kelengkapan sama dari trim 1.3G. Konsep itu tidak begitu mengherankan.

Baca juga: Gran Max Garapan Daihatsu Indonesia Dijual di Jepang, Harga Termurah Rp 237 Juta!

Perodua Myvi

Pilihan Mesin

Jika dilihat, sosoknya mirip dengan Myvi GT yang dipajang di KL International Motor Show (KLIMS) 2018. Andai konsumen Indonesia tertarik mengubah tampilan seperti itu, cobalah mampir ke MGK Kemayoran (pusat aksesori di Jakarta). Niscaya bukan hal sukar memesan imbuhan bodi serupa. Setidaknya bisa dibikin mirip.

Model ini cukup identik dengan 1.3 standar yang tersedia di Indonesia. Termasuk jantung pacu tidak diracik ulang. Enjin 1,3 liter DOHC VVTi empat silinder menghasilkan 94 hp (95 PS) dan dorongan torsi maksimal 121 Nm. Mesin dipasangkan girboks empat percepatan otomatis guna menggerakkan roda depan. Catatan konsumsi bahan bakar kombinasi diklaim mencapai 20,3 km/liter. Urusan pengendalian pun dipastikan sama dari model lawas. Redaman depan pakai suspensi tipe MacPherson Struts dan di belakang torsion beam. Keduanya bertipe per keong plus stabilizer. (Alx/Raju)

Sumber: Paultan

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil dari Carvaganza

  • Xpeng Resmi Datang ke Indonesia, Ramaikan Segmen SUV dan MPV Listrik Premium
    Xpeng Resmi Datang ke Indonesia, Ramaikan Segmen SUV dan MPV Listrik Premium
    Setyo Adi . 02 Jan, 2025
  • Mitsubishi New Xpander Cross Tawarkan Fitur Lengkap, Pilihan Low SUV Menarik
    Mitsubishi New Xpander Cross Tawarkan Fitur Lengkap, Pilihan Low SUV Menarik
    Alvando Noya . 02 Jan, 2025
  • Prediksi Pasar EV 2025: Peluang dan Tantangan di Tengah Pasar Kompetitif
    Prediksi Pasar EV 2025: Peluang dan Tantangan di Tengah Pasar Kompetitif
    Setyo Adi . 02 Jan, 2025
  • Honda WR-V Bertampang Cherokee Ini Siap Tampil di Tokyo Auto Salon 2025
    Honda WR-V Bertampang Cherokee Ini Siap Tampil di Tokyo Auto Salon 2025
    Muhammad Hafid . 02 Jan, 2025
  • Inovasi Sasis EV Buatan CATL, Tahan Bakar dan Meledak Saat Tabrakan Hebat
    Inovasi Sasis EV Buatan CATL, Tahan Bakar dan Meledak Saat Tabrakan Hebat
    Alvando Noya . 02 Jan, 2025

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Panduan Pendaftaran QR untuk Solar Subsidi dan Pertalite di Pertamina
    Panduan Pendaftaran QR untuk Solar Subsidi dan Pertalite di Pertamina
    OTO . Hari ini
  • Wuling Rilis Gambar Van Mungil Multiutilitas dengan Jantung EV
    Wuling Rilis Gambar Van Mungil Multiutilitas dengan Jantung EV
    Muhammad Hafid . Hari ini
  • Jenama Xpeng Hadir di Indonesia, Bawa Model SUV G6 dan MPV X9
    Jenama Xpeng Hadir di Indonesia, Bawa Model SUV G6 dan MPV X9
    Setyo Adi Nugroho . Hari ini
  • Electria Vol. 4: Eksplorasi Jakarta-Semarang Bersama Wuling Cloud EV
    Electria Vol. 4: Eksplorasi Jakarta-Semarang Bersama Wuling Cloud EV
    Alvando Noya . Hari ini
  • Wuling Produksi Baterai Magic Sendiri di Pabrik Cikarang
    Wuling Produksi Baterai Magic Sendiri di Pabrik Cikarang
    Anjar Leksana . Hari ini
  • Segmen Low SUV Makin Ketat, Mitsubishi New Xpander Cross Punya Tawaran Fitur Lengkap
    Segmen Low SUV Makin Ketat, Mitsubishi New Xpander Cross Punya Tawaran Fitur Lengkap
    Alvando Noya . 31 Des, 2024
  • Lonjakan Minat Terhadap EV, Ini 5 Mobil Listrik Terlaris di Indonesia 2024
    Lonjakan Minat Terhadap EV, Ini 5 Mobil Listrik Terlaris di Indonesia 2024
    Alvando Noya . 30 Des, 2024
  • 5 Merek Mobil Paling Menyita Perhatian Publik Indonesia di 2024
    5 Merek Mobil Paling Menyita Perhatian Publik Indonesia di 2024
    Wahyu Hariantono . 30 Des, 2024
  • Deretan Sportscar Terbaru yang Meramaikan Pasar Otomotif Indonesia 2024
    Deretan Sportscar Terbaru yang Meramaikan Pasar Otomotif Indonesia 2024
    Alvando Noya . 30 Des, 2024
  • 5 Pilihan SUV Off-Roader 4x4 yang Mengaspal Sepanjang 2024
    5 Pilihan SUV Off-Roader 4x4 yang Mengaspal Sepanjang 2024
    Anjar Leksana . 27 Des, 2024
  • Tips Berkendara Saat Hujan di Libur Nataru
    Tips Berkendara Saat Hujan di Libur Nataru
    Setyo Adi Nugroho . 30 Des, 2024
  • Perhatikan Faktor Ini untuk Atasi Mesin Hilang Tenaga dan Ngelitik
    Perhatikan Faktor Ini untuk Atasi Mesin Hilang Tenaga dan Ngelitik
    Setyo Adi Nugroho . 30 Des, 2024
  • Berkendara Liburan Akhir Tahun, Persiapkan Hal Ini Biar Aman dan Nyaman
    Berkendara Liburan Akhir Tahun, Persiapkan Hal Ini Biar Aman dan Nyaman
    Setyo Adi Nugroho . 11 Des, 2024
  • Berkaca dari Kecelakaan Cipularang KM 92, Apa yang Harus Dilakukan Biar Tak Terulang
    Berkaca dari Kecelakaan Cipularang KM 92, Apa yang Harus Dilakukan Biar Tak Terulang
    Setyo Adi Nugroho . 14 Nov, 2024
  • Jangan Disepelekan, Ban Serep Juga Butuh Perhatian
    Jangan Disepelekan, Ban Serep Juga Butuh Perhatian
    Setyo Adi Nugroho . 04 Nov, 2024
  • Test Drive Pikap Toyota Hilux Rangga: Bukan Sekadar Kendaraan Niaga Biasa
    Test Drive Pikap Toyota Hilux Rangga: Bukan Sekadar Kendaraan Niaga Biasa
    Zenuar Yoga . 23 Des, 2024
  • First Drive Jetour X70 Plus: Andalkan Kelapangan Kabin dan Tenaga Perkasa
    First Drive Jetour X70 Plus: Andalkan Kelapangan Kabin dan Tenaga Perkasa
    Anjar Leksana . 19 Des, 2024
  • Test Drive Hyundai Santa Fe 2.5 GDi Calligraphy: Tetap Memberikan Esensi Kemewahan dan Kenyamanan
    Test Drive Hyundai Santa Fe 2.5 GDi Calligraphy: Tetap Memberikan Esensi Kemewahan dan Kenyamanan
    Anindiyo Pradhono . 14 Des, 2024
  • Test Drive Hyundai Santa Fe 1.6T-GDi HEV Calligraphy: Powerful dan Efisien!
    Test Drive Hyundai Santa Fe 1.6T-GDi HEV Calligraphy: Powerful dan Efisien!
    Anjar Leksana . 11 Des, 2024
  • Test Drive GWM Tank 300 HEV Fury Edition: Siap di Dua Alam
    Test Drive GWM Tank 300 HEV Fury Edition: Siap di Dua Alam
    Zenuar Yoga . 09 Des, 2024