Generasi terbaru Daihatsu Xenia dirilis di GIIAS 2021. Sekarang sudah ada unit bekasnya. Di pasaran Jabodetabek, kebanyakan varian R 1,3 liter. Maklum, model ini tergolong baru, sehingga belum banyak ditemui kalau Anda cari barang seken. Tentu kalau mobil dalam kondisi bagus, ia jadi moda transportasi keluarga yang terjangkau, juga nyaman. Kisaran harga mulai Rp200 jutaan, tampak seperti anyar.
Xenia 1.3 R CVT 2021 dilepas Rp220 juta. Sedangkan tipe 1.3 R CVT ADS ditawarkan Rp235 jutaan. Bedanya, kalau Anda pilih ADS berarti mobil mendapat tampilan paket bodi kit komplet, plus ornamen serat karbon di dasbor Sekadar perbandingan saja. Setelah tak lagi mendapat diskon PPnBM dari pemerintah. Kini varian dua varian itu dilego masing-masing Rp248,6 juta dan Rp257,6 juta on the road Jakarta. Kacek lumayan. Niscaya kalau ambil unit seken dalam kondisi apik, tampilan tak beda dari gres.
Trim 1.3 R CVT bekas direkomendasikan karena spesifikasi dan harga. Selain nyaman dikendarai tanpa harus injak kopling. Mobil mengantongi fitur keselamatan yang tak tersedia di transmisi manual. Misal, di dalamnya terkandung perangkat Vehicle Stability Control (VSC), Brake Assist (BA) dan Hill Start Assist (HSA). Mulai tipe R juga dilengkapi immobilizer. Ini tak ada di varian X maupun M.
Baca Juga: Daihatsu Sirion Bekas Tahun Muda, Pilihan Murah Selain City Car LCGC
Ia mengusung jantung mekanis 1,3 liter masih sama dari unit lawas berkode 1NR-VE 4-silinder DOHC Dual VVT-i. Resultan pembakaran memberi daya 97,9 PS di 6.000 rpm dan torsi 122 Nm di 4.200 rpm. Terkenal kuat dan irit, tapi kini berubah posisi menjadi penggerak roda depan (FWD). Pastinya ada perubahan karakter. Mulai dari tarikan lebih responsif, bisa kian efisien dan hilangnya dengung gardan khas model lawas.
Performa ditopang CVT yang bisa dianggap salah satu terbaik di kelasnya. Astra Daihatsu Motor tidak pakai transmisi biasa. Melainkan Dual Mode CVT (D-CVT) seperti dipakai Rocky-Raize. Dalam komponen girboks tidak hanya diisi dua pulley dan belt. Tapi juga ada tambahan planetary gear. Begitu kecepatan tinggi di atas 60 km/jam atau tergantung bukaan throttle. Transmisi beralih dari belt ke gigi. Berdasar klaim Daihatsu, ini menutup kelemahan energy-loss CVT di kecepatan tinggi yang bikin mesin kurang efisien.
Lalu kelapangan sebagai mobil keluarga tersedia berkat sasis monokok DNGA. Bikin seluruh dimensi membesar. Sekarang Xenia generasi terbaru berukuran 4.395 mm x 1.730 mm x 1.690 mm dan wheelbase 2.750 mm. Alhasil sanggup menciptakan ergonomi tinggi dalam konfigurasi penumpang maupun barang. Jadi, beli bekas tak jadi masalah. (Alx/Odi)
Baca Juga: Daihatsu Ayla Bekas Tahun Muda Cuma Rp100 Jutaan, Seberapa Menarik?
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.