Desain Baru Sangat Futuristik, Intip Spesifikasi Detail Suzuki GSX-S1000 MY 2021

Suzuki GSX-S1000 2021

Suzuki GSX-S1000 2021 tampil begitu menggoda. Rancangannya benar-benar baru dan sangat agresif seperti datang dari masa depan. Ubahan paling menonjol dari bentuk headlamp yang mirip robot masa depan. Kelengkapan yang dibawa pun juga lebih canggih. Soal harga, generasi baru ini dibanderol $15.190,28 atau setara Rp219 juta.

Kabar mengenai kehadirannya memang sudah lama dibicarakan. Terakhir saat akun youtube resmi Suzuki menyebar teaser naked bike terbarunya itu. Dan Suzuki Motor Co., Ltd resmi menjual GSX-S1000 anyar ke Eropa dan negara-negara lain di seluruh dunia mulai Juni 2021.

Transformasi ubahan desainnya sangat cerdas. Sekarang GSX-S1000 menggunakan LED proyektor yang terbagi menjadi 2 sisi atas dan bawah. Desain fascia-nya terlihat jadi agresif. Untuk pemanis disematkan pula DRL minimalis pada bagian atas lampu utama. Pada bagian bodi samping atau tepatnya di sektor shroud juga mengalami ubahan, sekarang menggunakan panel samping dengan desain baru dan winglet yang disebutkan terinspirasi dari MotoGP.

Baca Juga: Tim Suzuki Ecstar Kenalkan Livery Baru untuk Sambut MotoGP 2021

Suzuki GSX-S1000 2021

Suzuki berhasil mencapai tampilan yang benar-benar baru untuk GSX-S1000 tanpa harus berinvestasi besar. Semua komponen besar seperti rangka, mesin, suspensi, swingarm, dan roda sebagian besar tidak berubah, hanya diberi sedikit sentuhan. Perbedaan paling mencolok tentu saja bodywork yang dipakainya, benar-benar mengubah daya tarik apalagi dengan sematan elektronik modern.

Masih mengandalkan rangka twinspar yang kokoh, dengan bentuk setang lebih tirus. Posisi baru juga membuat pengendara lebih dekat 20 mm, sehingga bakal meningkatkan kenyamanan. Bodywork belakang disederhanakan, memperlihatkan lebih banyak subframe. Dengan warna hitam matte di bagian buntut, semakin terlihat pendek, meski sebenarnya proporsi motornya mirip dengan model lama.

Suzuki GSX-S1000

Rangkanya tidak berubah, semua titik dipasang sama seperti sebelumnya. Namun, jika GSX-S1000 lama menggunakan plastik hitam yang dicat untuk menyembunyikan bagian mekanis, model baru dengan tekstur dan sentuhan akhir berbeda. Paling menonjol adalah bagian depan dengan cover radiator, bagian tengah dan panel samping di bawah tangki. Memiliki tampilan marmer yang mengingatkan pada panel komposit tempa, populer di kalangan produsen supercar kelas atas saat ini.

Mesinnya masih mengambil basis GSX-R1000 K5 model lama. Hanya dikembangkan sedikit untuk meningkatkan emisi tanpa mengurangi performa. Akarnya mungkin kembali ke 2005, tetapi K5 secara luas dianggap sebagai titik tertinggi dalam sejarah GSX-R1000, jadi mesinnya itu tetap dipertahankan. Hasilnya ia sudah lolos uji emisi Euro 5.

Untuk ubahannya termasuk camshaft baru dengan profil cam berbeda dan lebih sedikit overlap, pegas katup baru, kopling berbeda, badan throttle baru, airbox baru, dan knalpot yang direvisi dengan catalytic converter tambahan. Sementara peningkatan emisi sering kali sejalan dengan pengurangan daya. Tapi GSX-S1000 2021 mendapatkan tenaga kuda lebih banyak dari sebelumnya, memuncak pada 150 hp (152 PS) dari pada 148 hp (150 PS). Ini berputar lebih keras, juga dengan kekuatan puncak datang pada 11.000 rpm, bukan 10.000 rpm. Mesinnya itu juga menawarkan torsi lebih baik dan penyebaran kinerja lebih luas di rentang putaran bawah dari pada sebelumnya.

Baca Juga: Hadapi Honda CBR150R dan Yamaha R15, Suzuki Siapkan GSX-R150 Baru

Suzuki GSX-S1000

Sisi negatifnya adalah konsumsi bahan bakar. Jika GSX-S1000 spesifikasi 2020 lama bagus untuk diklaim 53,3 mpg (22 kpl), yang baru hanya menempuh 46,26 mpg (19 kpl). Untuk mengimbanginya, kapasitas tangki bahan bakar meningkat dari 17 liter menjadi 19 liter. Buat memastikan jarak antara pengisian tidak terhambat, namun tetap saja memakan biaya lebih banyak.

Di sisi elektronik, mengadopsi throttle yang dikendalikan secara elektronik (ride by wire), dengan nama baru SIRS (Suzuki Intelligent Ride System) dan SDMS (Suzuki Drive Mode Selector) yang dapat memilih karakteristik output dari tiga mode (mode A paling sporty dan mode C adalah pengiriman daya paling lembut). Ada juga sistem kontrol traksi lima mode (yang dapat dimatikan sepenuhnya). Semua informasi tersebut ditampilkan pada LCD instrument yang diperbarui. Diberikan pula Quickshifter naik-turun, termasuk sistem blipping throttle untuk perubahan ke bawah, juga merupakan kelengkapan standar. Motor ini juga dilengkapi dengan Suzuki Easy Start System.

Suzuki GSX-S1000

Panel Instrumen ditingkatkan, tak lagi desain LCD sederhana dengan betuk bulat. Sekarang pakai model TFT warna, seperti yang digunakan dengan pesaingnya. Wujudnya mengikuti tren terkini, memberikan kesan canggih.

Untuk bagian peredam kejut, GSX-S1000 2021 menggunakan suspensi depan berjenis upside down. Dipadukan dengan monoshock pada bagian belakang. Pakai lansiran KYB. Sementara peleknya menggunakan model racing dibalut ban Dunlop Sportmax Roadsport 2 berukuran 120/70-17 di depan dan belakang 190/50-17. Setiap rodanya sudah dilengkapi rem cakram. Depannya gunakan kaliper radial monoblok dari Brembo dan didukung dengan teknologi ABS (Anti-lock Braking System). Kelir bodi ditawarkan dalam tiga pilihan: MotoGP style blue and silver combo, abu-abu dan versi serbahitam. (Bgx/Odi)

Sumber: Bennetts

Baca Juga: Suzuki Umbar Teaser GSX-S1000 Terbaru, Meluncur 26 April

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Suzuki Unggulan

Artikel Motor Suzuki dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test
  • Suzuki Indonesia Tawarkan Promo Istimewa di IMOS 2024
    Suzuki Indonesia Tawarkan Promo Istimewa di IMOS 2024
    Zenuar Yoga . 30 Okt, 2024
  • Update Harga Motor Suzuki per Oktober 2024
    Update Harga Motor Suzuki per Oktober 2024
    Zenuar Yoga . 04 Okt, 2024
  • Suzuki Satria F150 2024 dapat Warna Baru, Harga Naik Sedikit
    Suzuki Satria F150 2024 dapat Warna Baru, Harga Naik Sedikit
    Anjar Leksana . 03 Okt, 2024
  • Dapat Dukungan dari Suzuki Indonesia, V-Strom Indonesia Owners (VION) Selebrasi Ulang Tahun Pertama
    Dapat Dukungan dari Suzuki Indonesia, V-Strom Indonesia Owners (VION) Selebrasi Ulang Tahun Pertama
    Zenuar Yoga . 02 Okt, 2024
  • Iritnya Konsumsi BBM Suzuki Burgman Street 125 EX saat Dipakai Touring, Seliter Bisa Sejauh Ini!
    Iritnya Konsumsi BBM Suzuki Burgman Street 125 EX saat Dipakai Touring, Seliter Bisa Sejauh Ini!
    Bangkit Jaya Putra . 14 Sep, 2024
  • Pertarungan All New Honda Beat Street vs Suzuki Nex Crossover vs Yamaha X-Ride, Siapa Terbaik?
    Pertarungan All New Honda Beat Street vs Suzuki Nex Crossover vs Yamaha X-Ride, Siapa Terbaik?
    Zenuar Yoga . 07 Jun, 2024
  • Rivalitas Tiga Skutik Baru Pabrikan Jepang, Mana Paling Layak Buat Harian?
    Rivalitas Tiga Skutik Baru Pabrikan Jepang, Mana Paling Layak Buat Harian?
    Zenuar Yoga . 12 Feb, 2024
  • Persaingan Kelas 125 cc Baru, Suzuki Burgman Street 125 EX Lawan Honda Vario 125
    Persaingan Kelas 125 cc Baru, Suzuki Burgman Street 125 EX Lawan Honda Vario 125
    Zenuar Yoga . 13 Nov, 2023
  • Suzuki Burgman Street 125 EX vs Yamaha Lexi S, Mana Layak Dipilih?
    Suzuki Burgman Street 125 EX vs Yamaha Lexi S, Mana Layak Dipilih?
    Zenuar Yoga . 01 Nov, 2023
  • Komparasi Motor Ayago Honda Sonic 150R Vs Suzuki Satria F150, Mana Lebih Unggul?
    Komparasi Motor Ayago Honda Sonic 150R Vs Suzuki Satria F150, Mana Lebih Unggul?
    Zenuar Yoga . 14 Apr, 2023
  • Test Ride Suzuki V-Strom 250SX: Jajal Kapabilitas Motor Tualang di Lintasan Off-Road!
    Test Ride Suzuki V-Strom 250SX: Jajal Kapabilitas Motor Tualang di Lintasan Off-Road!
    Setyo Adi Nugroho . 08 Mar, 2024
  • First Ride Suzuki Burgman Street 125EX: Desain Nyentrik, Handling Pas
    First Ride Suzuki Burgman Street 125EX: Desain Nyentrik, Handling Pas
    Anjar Leksana . 01 Feb, 2024
  • First Ride Suzuki Avenis 125: Cari Potensi di Balik Tampilan yang Nyeleneh
    First Ride Suzuki Avenis 125: Cari Potensi di Balik Tampilan yang Nyeleneh
    Bangkit Jaya Putra . 31 Okt, 2022
  • Road Test Suzuki Hayabusa: Menjawab Ekspektasi Fanatis yang Skeptis
    Road Test Suzuki Hayabusa: Menjawab Ekspektasi Fanatis yang Skeptis
    Ivan Hermawan . 27 Jul, 2021
  • Test Ride Suzuki Nex Crossover: Tenaga Responsif, Cocok Buat Touring Jarak Dekat
    Test Ride Suzuki Nex Crossover: Tenaga Responsif, Cocok Buat Touring Jarak Dekat
    Zenuar Yoga . 18 Mar, 2021