Layak menjadi barang koleksi. Mazda3 hatchback generasi ketujuh bekas punya harga relatif stabil. Untuk harga seken area Jabodetabek produksi 2019 warna abu-abu dilepas Rp395 jutaan. Pajak tahunan Rp6,8 juta. Sedangkan lansiran 2020 dijajakan Rp430 jutaan dan 2021 berkisar Rp450 jutaan. Angka ini cenderung tak banyak berubah dari tahun lalu. Wajar, namanya juga barang segmented (tersegmentasi). Sedangkan kalau Anda beli gres sekarang di diler Rp555,5 juta OTR Jakarta.
Di sektor performa, Mazda3 hatchback mengadopsi mesin berbahan bakar bensin SKYACTIV-G 2.0 liter N.A. Enjin ini mendapatkan optimalisasi pada bagian intake port, bentuk piston, split fuel injection dan katup pendingin. Tujuannya memberi daya lebih baik dan efisiensi bahan bakar optimal. Resultan daya terlontar tembus 153 PS pada 6.000 rpm. Lalu torsi puncak 200 Nm pada 4.000 rpm. Distribusi tenaga disalurkan melalui transmisi transmisi otomatis 6-speed Skyactive-Drive ke roda depan.
Baca Juga: Lebih Mahal dari Honda CR-V, Simak Kelengkapan Mazda CX-5 AWD Anniversary
Handling dan kepresisian mengemudi juga jadi nilai unggulan. Mazda3 hatchback mengantongi fitur G-Vectoring Control Plus (GVC Plus). Inilah pengembangan fitur sebagai bagian dari teknologi Skyactive Vehicle Dynamics milik Mazda. GVC Plus menambahkan kendali yaw moment, Iangsung melalui rem. Jadi, memungkinkan mobil untuk dapat mengatasi manuver penghindaran darurat lebih baik. Juga menawarkan pengendalian begitu meyakinkan di berbagai situasi. Misalnya saat Anda berubah lajur dengan kecepatan tinggi dan berkendara di jalan Iicin.
Tak hanya performa mumpuni. Namun rancangan elegan Mazda3 hatchback, memberi sentuhan desain Iebih emosional. Grille runcing menjadi ciri khas. Lalu bentuk lampu ekor bersama permainan diode membulat bikin tampilan elok dipandang dari belakang. Ia menjadi lebih berkarakter dibanding model lawas. Tak sedikit pengguna bilang, inilah mobil berparas seksi. Fitur generasi terkini juga tak kalah hebat, isinya meliputi:
Nah, untuk diketahui, ia menjadi model pertama yang mengadopsi evolusi terbaru desain KODO. Mazda3 tetap menampilkan desain “Single Motion” begitu memesona. Potret bodi terus semakin elegan dengan pahatan tajam di ujung depan. Cahaya dan bayangan, kata Mazda, berefleksi di atas badan mobil. Lalu menghasilkan ekspresi dramatis, jauh Iebih baik dibanding bahasa desain sebelumnya. Walau bekas, mobil layak menjadi barang koleksi pecinta dunia otomotif. (Alx)
Baca Juga: Mazda CX-60 Raih Gelar Best Innovation Car di CEC Awards 2023
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.