Mitsubishi Pajero Sport mengancam balik Toyota Fortuner. Lewat facelift untuk model 2021, tampilannya tampak segar dan memukau. Adopsi bahasa desain Dynamic Shield mencirikan gaya Mitsubishi terkini yang dimulai oleh Xpander. Paras lain memang masih banyak kemiripan. Namun perubahannya juga tidaklah sedikit. Siapapun yang memandang rupa anyar, niscaya bakal kasmaran.
Kalau membandingkan dengan versi lama, ubahan wujud khas terjadi di roman depan. Mitsubishi Motors merombak tampilan depan depan kian memesona. Sorotan pembaruan terdapat di kisi-kisi utama berpahat Dynamic Shield. Secara umum lampu utama tambah menyipit dengan bantuan penyinaran LED dan garis DRL. Gaya muka X tetap dipertahankan plus sisipan tiga bilah sebagai pengisi kisi-kisi. Selain itu Mitsubishi mengklaim visibilitas lebih baik lantaran punya bonet agak tegak.
Urusan pemanis kaki-kasi tak luput diubah. Pajero Sport kini menggunakan pelek 18 inci enam palang dwiwarna. Di bagian belakang, tersedia fin shark type antenna dan kombinasi lampu ekor. Garis-garis LED semakin tegas. Kemudian di kelas Dakar Ultimate. Sekarang tersedia power tail gate dengan kick sensor, active cornering lamp, sunroof sertaa new front combination lamp.
Begitu Anda masuki kabin, New Pajero Sport terlihat lebih premium. Misalnya head unit layar sentuh 8 inci, bisa sambung dengan multikoneksi gawai. Contoh, bisa melalui Smartphone-Link Display Audio dan memiliki enam speaker. Yang bikin tambah menarik ialah penerapan digital meter cluster LCD 8 inci. Anda bisa mengubah tampilan sesuai selera serta menampilkan beragam informasi kendaraan. Pembaruan selebihnya terlihat dari multi around view monitor, new design dual zone climate control AC. Kemudian berlanjut new auto dimming rear-view mirror, new hand Free steering switch, new floor console plus AC power uutlet baru.
“Kalau dilihat secara umum. Spesifikasi New Mitsubishi Pajero Sport di Indonesia sama dengan global, maupun seperti di Thailand. Tapi terdapat sejumlah perbedaan fitur demi menyesuaikan dengan kebutuhan pasar. Misal sunroof yang bisa bikin kendaraan tampil sporty dan berkelas. Cocok bagi pengguna yang ingin tampil aktif dan berjiwa adventure. Nah, untuk penyalurannya, saat ini kami mulai mendistribusikan New Pajero Sport ke seluruh diler resmi. Unit juga sudah dilengkapi APAR (Alat Pemadam Api Ringan) sesuai regulasi pemerintah,” ucap Irwan Kuncoro, Director of Sales & Marketing Division Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) secara daring (16/2).
Teknologi baru dari pabrikan berupa Mitsubishi remote control. Ini merupakan aplikasi smartphone dengan bermacam fungsi. Misal tailgate operation, dapat diaktifkan melalui ponsel pintar untuk membuka kunci maupun bagasi. Kemudian menutup kembali saat Anda meninggalkan kendaraan. Manfaat lain berupa vehicle reminder. Saat jauh dari mobil, smartphone memberikan notifikasi mengenai kendaraan. Apakah pintu terkunci, lampu dimatikan, termasuk mengecek sistem kendaraan.
Lalu benefit lain yakni operation assist. Ia membantu Anda saat sinyal buzzer berbunyi. Atau ketika mobil tidak dapat merespons remote control. Sistem jua dapat menampilkan infomasi mengenai perjalanan pengemudi, pengisian BBM hingga konsumsi solar. Kemudian terakhir, car finder guna menemukan lokasi di mana mobil terparkir dengan menyalakan lampu depan melalui handphone. Fitur ini hanya tersedia di seluruh varian Dakar.
Baca Juga: Mitsubishi Pajero Sport Facelift 2021 Akhirnya Diluncurkan
New Pajero Sport dilengkapi fitur keamanan dan keselamatan komplet. Khusus di lini Dakar, kini memiliki Blind Sport Warning & Lane Change Assist. Radar pada bumper belakang mampu mendeteksi kendaraan di area titik buta. Baik di belakang, kanan maupun kiri Anda. Indikator peringatan disertai buzzer muncul di kaca spion. Lantas pembaruan lagi dengan Rear Cross Traffic Alert. Nah, indikator pada meter display bakal menyala saat RCTA actif serta menampilkan peringatan melalui kedip lampu di spion dan bunyi, saat Anda menjalankan gigi mundur.
Fitur di model lama senantiasa dipertahankan. Varian atas memiliki Forward Collision Mitigation (FCM), Ultrasonic Miss-acceleration Mitigation System (UMS), Electric Parking Brake (EPB), Brake Auto Hold (BAH). Tidak hanya itu, perangkat lain senantiasa tersedia seperti tujuh SRS Air Bags, Active Stability & Traction Control (ASTC), Anti-lock Braking System, Electronic Brake Distribution, Brake Assist. Kemudian ia juga didukung oleh teknologi RISE (Reinforced Impact Safety Evolution) body dan Rigid Lightweight body. Sedangkan urusan pemacu daya, Mitsubishi masih percaya pada enjin lama. Tidak ada sentuhan apapun.
Varian menengah ke atas tetap memakai pemacu diesel 4N15 MIVEC 2.4L. Contohnya bersemayam di Dakar 4x2 AT, Dakar Ultimate 4x2 serta Dakar 4x4 AT. Berbekal bantuan Variable Geometry Turbo (VGT) dan intercooler, mesin diesel 2,4 liter ini memompa daya 181 PS pada 3.500 rpm. Selanjutnya momen puntir optimal 429 Nm di 2.500 rpm. Buncahan tenaga disalurkan hanya menggunakan transmisi otomatis 8-speed.
Enjin lawas pun tetap dijadikan pendorong. Unit peminum solar berkode 4D56 DOHC ini punya volume bakar 2,5 liter DOHC plus turbo. Dengan ukuran bore stroke 91,1 x 95,0 resultan daya tersembur mencapai 136 PS di 4.000 rpm dan momen puntir 324 Nm sejak 2.000 rpm. Penyaluran tenaga menggunakan pilihan transmisi manual lima percepatan atau matik konvensional lima percepatan. Mesin ini tersedia di varian Pajero Sport GLX dan Exceed.
Setiap pembelian unit New Pajero Sport. Konsumen secara langsung mendapatkan paket Smart Silver. Isinya berupa paket perawatan kendaraan dengan manfaat gratis biaya jasa servis maupun suku cadang. Ketentuan itu berlaku hingga 50.000 km atau empat tahun, bergantung mana tercapai lebih dulu. Menariknya, Anda juga memperoleh kemudahan yang mencakup oli MMGO dan chemical item. Melalui layanan ini, Mitsubishi mengklaim, pelanggan bisa memiliki total biaya pemilikan kian optimal juga tambah efisien ongkos perawatan berkala.
Baca Juga: Pertimbangan Pilih Mitsubishi Xpander Ultimate Ketimbang Xpander Cross
Revisi paling mendasar ialah banderol resmi. Pajero Sport masih ditawarkan dalam enam varian. Namun bukan GLX yang menjadi model dasar. Posisi termurah kini diemban Exceed MT dengan harga Rp 502,8 juta. Angkanya naik Rp 4,9 juta dari unit lawas. GLX MT sekarang lebih mahal, menjadi Rp 567,8 juta karena mengusung tipe gerak 4x4. Keberadaanya memungkinkan sebagai kendaraan pekerja di lahan fleet market. Lalu level tengah dihuni Dakar 4x2 Rp 575,7 juta. Terakhir kasta paling tinggi diduduki Dakar Ultimate 4x4 Rp 733,7 juta.
Acuan utama dilihat dari ketersediaan dana. Sehingga tatkala Anda memilih Pajero Sport, lebih tepat guna. Jika berpijak dari sudut pandang value for money, varian Dakar AT Rp 575,7 juta sebagai kasta menengah paling cocok. Ia pakai mesin 2,4 liter lebih gahar. Kelengkapan fitur pun boleh diadu dengan milik kompetitor. Gerak roda 4x2 dirasa cukup untuk sekadar bertualang di medan aspal maupun off-road ringan. Tapi kalau misal ambil Exceed AT Rp 517,7 juta pun masih masuk akal. Toh, tampilan tetap trendi mengikuti perkembangan zaman. (Alx/Odi)
Baca Juga: Mengenal Varian dan Kelengkapan Mitsubishi Pajero Sport Terbaru
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.