Detail Spesifikasi Hyundai Ioniq 6 Dirilis, Mampu Tembus 600 Km!

hyundai ioniq 6

 

KEY TAKEAWAYS

  • Desain Electrified Streamliner hanya menghasilkan Cd sekecil 0,21

    Konfigurasi single motor dan baterai 77,4 kWh, menghasilkan daya jelajah lebih dari 600 km
  • Membahas Hyundai Ioniq 5 saja belum usai. Segala kelebihan hingga keunikannya memang pantas diganjar mobil terbaik dunia. Kini Hyundai punya senjata baru yang bahkan lebih hebat. Melanjutkan Ioniq sebagai brand EV pabrikan, lahirlah Ioniq 6 berwujud sedan coupe nan streamline. Setelah foto-foto resmi disebar, sekarang giliran mengumbar segala detail dan spesifikasinya.

    Teknologi dibalik desain streamline terkuak. Electric Global Modular Platform (E-GMP) yang juga dipakai Ioniq 5 tetap sebagai kunci. Bisa memuat berbagai ukuran baterai, pilihan penggerak roda belakang (RWD) atau empat roda (AWD), lantai kabin rata dan proporsi ideal untuk sebuah EV.

     

    Desain Aerodinamis nan Atraktif

    Hyundai Ioniq 6

    Elemen pertama tentu datang dari desain. Wujudnya melanjutkan versi konsep Hyundai Prophecy yang pernah disaksikan publik Tanah Air di GIIAS 2021. Sangat berbeda dari Ioniq 5 bertemakan hatchback retro. Ioniq 6 adalah sedan coupe dengan alur bodi halus seperti terlahir dari lorong udara. Bahasa desain Electrified Streamliner dirancang agar mampu membelah angin sehalus mungkin.

    Tak ayal angka Cod (Coefficient of Drag) cuma 0,21. Salah satu mobil paling aerodinamis di dunia. Detail kecil begitu diperhatikan. Misal gagang pintu tertanam, spion digital dan spoiler seperti buntut kapal. Belum merujuk bagian tak terlihat mata. Kolong rata turut membuat angin ogah berkumpul di area itu. Semua harus lancar mengalir hingga keluar.

    Ciri E-GMP adalah punya wheelbase amat panjang. Membentang hingga 2.950 mm, sangat abnormal untuk sebuah sedan. Memang 50 mm lebih pendek dari Ioniq 5, namun dibandingkan sedan medium Sonata beda sampai 107 mm. Dimensi keseluruhan Ioniq 6, panjangnya 4.855 mm, lebar 1.880 mm dan tinggi 1.495. Komposisi bodi memang tampak aneh, tapi dibalik itu mampu tertanam teknologi EV kompeten.

    Baca Juga: Hyundai Ioniq 6 Tampil Perdana Perlihatkan Gaya Electrified Streamliner

     

    Kabin Roomy dan Eco-Friendly

    Ioniq 6 cabin

    Melongok ke interior, banyak bagian mengingatkan Ioniq 5. Misal lingkar kemudi dengan empat titik kode morse sebagai lambang, lalu dua monitor sebesar 12-inci berjejer untuk segala informasi, hiburan dan pengaturan. Minimalis, tak banyak tertanam banyak tombol. Kesan konsepnya masih begitu terasa. Persis seperti Ioniq 5 juga.

    Bagian terpenting, bagaimana menciptakan material yang ramah lingkungan. Jok terbuat dari bahan PET daur ulang dan karpet dari jaring pancing setelah didaur ulang. Meski begitu kenyamanan tetap diutamakan. Meski kursi dirancang lebih tipis 30 persen dibanding mobil konvensional, dijamin tetap enak dan mampu menambah ruang. Mode Relaxation Comfort juga ada di kursi depan. Tinggal menekan tombol dan secara otomatis langsung berubah ke posisi rileks untuk bersantai.

    Hyundai merancang kabin Ioniq 6 tak hanya sekadar ruang sebuah kendaraan biasa. Tapi juga mampu dijadikan kantor berjalan. Poin penting itu berasal dari konsol tengah yang mampu digeser. Bisa dijadikan tatakan laptop, bahkan juga ada "smart table" untuk berbagai keperluan.

     

    Dua Pilihan Baterai dan Penggerak

    ioniq-6-1

    Berkat E-GMP pula, bisa memasukkan ukuran baterai berbeda. Hyundai menawarkan Ioniq dalam dua pilihan: 53 kWh dan 77,4 kWh. Penggerak standar ke roda belakang via motor tunggal. Atau bila ingin sensasi berbeda bisa pilih dua-motor yang sekaligus menggerakkan keempat roda (AWD). Varian teratas itu menghasilkan total tenaga 320 hp (324 PS/239 kW) dan torsi maksimum 605 Nm.

    Kemampuan akselerasi setara sedan sport. Varian AWD dengan baterai besar mampu sprint dari diam ke 100 km/jam dalam 5,1 detik. Sementara belum ada data pasti untuk versi RWD, kemungkinan berada di rentang 7 detik seperti Ioniq 5.

    Diluar dugaan, hasil uji jarak dari WLTP (Worldwide Harmonized Light Vehicles Test Procedure) lebih jauh dari Ioniq 5. Untuk versi Long Range 77,4 kWh dan motor tunggal, sanggup mencapai 610 km. Jauh melampaui Ioniq 5 yang hanya 507 km. Hyundai berani mengklaim konfigurasi paling dasar akan menjadi mobil paling efisien. Berarti versi baterai kecil dan pelek 18-inci, konsumsi energinya kurang dari 14 kWh/100 km.

    Konstruksi elektrikal 400V/800V sama seperti Ioniq 5, Kia EV6 dan Genesis GV60. Begitu pula metode pengisian fast charging arus DC 350 kW, yang memungkinkan mengisi baterai dari 10 hingga 80 persen hanya dalam 18 menit.

    Teknologi Vehicle-to-Load jelas tersedia seperti di Ioniq 5. Perlu mengisi daya berbagai gawai, tinggal colokkan ke stop kontak di bawah kursi baris kedua. Untuk keperluan daya listrik lain pun bisa diambil dari charging port luar. Hanya butuh adaptor khusus lalu menyambungkan ke kabel kontak lain. Seperti dicontohkan Hyundai Indonesia, bisa dipakai untuk keperluan rumah tangga berdaya besar.

     

    Peranti Keselamatan

    ioniq-6

    Tak perlu lagi dibahas, Ioniq 6 tentu berisi daftar lengkap fitur dan asistensi berkendara. Dalam menjaga keselamatan seluruh penumpang, punya Hyundai SmartSense, yang terus memantau area sekitar dan membantu memberikan keamanan lebih dari potensi bahaya pada saat mengemudi. Paketnya terdiri dari Forward Collision-Avoidance Assist (FCA), Lane Keeping & Lane Following Assist (LKA & LFA), Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA), Blind-Spot View Monitor (BVM), Driver Attention Warning (DAW), Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist (RCCA), Smart Cruise Control with Stop & Go Function (SCC w/ S&G) dan High Beam Assist (HBA).

    Fitur Highway Driving Assist II (HDA II) juga akan tersedia. Mengombinasikan adaptive cruise control dengan berbagai sensor untuk menjaga laju mobil tetap di tengah lajur dan menjaga jarak dengan kendaraan di depan. Kunci pengembangan terbaru HDA II dibanding HDA I, mampu menjaga posisi mobil lebih ketat.

     

    Mulai Produksi September 2022

    ioniq-6-concept-sketch

    Hyundai belum resmi melepas Ioniq 6 ke pasar. Produksinya sendiri baru mulai September mendatang. Kemungkinan untuk pasar domestik Korea terlebih dahulu, dilanjutkan model global beberapa bulan kemudian. Kemungkinan tiba di pasar Amerika Serikat pertengahan 2023 dengan estimasi harga mulai dari $40.000 (Rp600 jutaan). Apakah berlabuh juga ke Indonesia dan dirakit lokal? Ioniq 5 saja bisa, tentu seharusnya Ioniq 6 juga. (Odi)

     

    Baca Juga: Berkendara Tak Lazim Bersama Hyundai Ioniq 5 Signature Long Range

    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Mobil Hyundai Unggulan

    Artikel Mobil Hyundai dari Carvaganza

    • Hyundai Masih Impor Tucson dari Korea, Lihat Peluang Produksi Lokal
      Hyundai Masih Impor Tucson dari Korea, Lihat Peluang Produksi Lokal
      Muhammad Hafid . 22 Nov, 2024
    • All New Hyundai Tucson Meluncur Bermesin Hybrid, Harga Mulai Rp632 Juta
      All New Hyundai Tucson Meluncur Bermesin Hybrid, Harga Mulai Rp632 Juta
      Muhammad Hafid . 21 Nov, 2024
    • Peran Auto High Beam di Hyundai Santa Fe Bisa Cegah Kecelakaan Saat Malam
      Peran Auto High Beam di Hyundai Santa Fe Bisa Cegah Kecelakaan Saat Malam
      Anjar Leksana . 20 Nov, 2024
    • Eksplorasi Fitur Hyundai Ioniq 5 N, Bisa Punya Banyak Karakter
      Eksplorasi Fitur Hyundai Ioniq 5 N, Bisa Punya Banyak Karakter
      Wahyu Hariantono . 18 Nov, 2024
    • Setelah Ioniq 5 N, Hyundai Rilis Model N Lagi Akhir Tahun
      Setelah Ioniq 5 N, Hyundai Rilis Model N Lagi Akhir Tahun
      Setyo Adi . 18 Nov, 2024

    Artikel Mobil Hyundai dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Road Test
    • New Tucson Berstatus Impor, Hyundai Ingin Lihat Penerimaan Konsumen
      New Tucson Berstatus Impor, Hyundai Ingin Lihat Penerimaan Konsumen
      Setyo Adi Nugroho . 22 Nov, 2024
    • Ditawarkan Mulai Rp600 Jutaan, Simak Spesifikasi New Hyundai Tucson
      Ditawarkan Mulai Rp600 Jutaan, Simak Spesifikasi New Hyundai Tucson
      Muhammad Hafid . 21 Nov, 2024
    • New Hyundai Tucson Resmi Mengaspal, Ada Varian Hybrid
      New Hyundai Tucson Resmi Mengaspal, Ada Varian Hybrid
      Muhammad Hafid . 21 Nov, 2024
    • Cari Model Low MPV Jelang Akhir Tahun, Simak Daftar Harganya
      Cari Model Low MPV Jelang Akhir Tahun, Simak Daftar Harganya
      Setyo Adi Nugroho . 20 Nov, 2024
    • Fitur Canggih Hyundai Ioniq 5 N Bikin Punya Banyak Kepribadian
      Fitur Canggih Hyundai Ioniq 5 N Bikin Punya Banyak Kepribadian
      Wahyu Hariantono . 19 Nov, 2024
    • Sama-sama SUV Hybrid, Komparasi Hyundai Santa Fe Vs Honda CR-V
      Sama-sama SUV Hybrid, Komparasi Hyundai Santa Fe Vs Honda CR-V
      Setyo Adi Nugroho . 30 Okt, 2024
    • Sebelum Beli, Simak 5 Hal Menarik dari All New Hyundai Kona Electric
      Sebelum Beli, Simak 5 Hal Menarik dari All New Hyundai Kona Electric
      Alvando Noya . 13 Agu, 2024
    • Adu LSUV Punya ADAS, Hyundai Stargazer X Lawan Honda BR-V
      Adu LSUV Punya ADAS, Hyundai Stargazer X Lawan Honda BR-V
      Setyo Adi Nugroho . 29 Agu, 2023
    • Hyundai Stargazer X Vs Mitsubishi Xpander Cross, Pilih Mana?
      Hyundai Stargazer X Vs Mitsubishi Xpander Cross, Pilih Mana?
      Setyo Adi Nugroho . 16 Agu, 2023
    • Hyundai Stargazer Prime Bertabur Fitur dan Kelengkapan, Simak Detailnya
      Hyundai Stargazer Prime Bertabur Fitur dan Kelengkapan, Simak Detailnya
      Eka Zulkarnain . 25 Mei, 2023
    • Test Drive Hyundai Ioniq 5 N di Mandalika: Solusi Listrik Mobil Sport Buat "Petrolhead"
      Test Drive Hyundai Ioniq 5 N di Mandalika: Solusi Listrik Mobil Sport Buat "Petrolhead"
      Wahyu Hariantono . 18 Nov, 2024
    • All New Hyundai Kona Electric: Improvement Segala Sektor
      All New Hyundai Kona Electric: Improvement Segala Sektor
      Bangkit Jaya Putra . 19 Agu, 2024
    • First Drive Hyundai Ioniq 5 N: Mobil Listrik untuk Para Kaum Petrolhead?
      First Drive Hyundai Ioniq 5 N: Mobil Listrik untuk Para Kaum Petrolhead?
      Anindiyo Pradhono . 24 Mei, 2024
    • Road Test Hyundai Stargazer X: Mudah Melibas Jalanan Pegunungan!
      Road Test Hyundai Stargazer X: Mudah Melibas Jalanan Pegunungan!
      Setyo Adi Nugroho . 13 Des, 2023
    • Test Drive Hyundai Stargazer X: Mencari Perbedaan Nyata untuk Segmen Berbeda
      Test Drive Hyundai Stargazer X: Mencari Perbedaan Nyata untuk Segmen Berbeda
      Wahyu Hariantono . 04 Sep, 2023