Ducati Indonesia Rilis Hypermotard 698 Mono dan DesertX Rally
Dalam acara 'We Ride As One' di Candi Prambanan, Yogyakarta, Ducati Indonesia meluncurkan dua sepeda motor baru: Hypermotard 698 Mono dan DesertX Rally. Hypermotard 698 Mono khususnya, adalah sepeda motor Ducati pertama yang menggunakan mesin satu silinder dalam 30 tahun terakhir. Sementara itu, DesertX Rally adalah peningkatan dari model sebelumnya, DesertX.
"Kesempatan ini sangat istimewa bagi Ducati Indonesia. Kami dapat berkumpul dan merayakan acara global tahunan 'We Ride As One' di lokasi ikonik Candi Prambanan. Hadir lebih dari 300 Ducatisti, dan ini adalah momen yang luar biasa. Ditambah lagi dengan peluncuran dua sepeda motor unggulan kami, yaitu Ducati Hypermotard 698 Mono dan Ducati DesertX Rally," ujar Jimmy Budhijanto, CEO Ducati Indonesia, dalam siaran persnya.
Ducati Hypermotard 698 Mono merupakan sepeda motor satu silinder pertama dari Ducati yang menawarkan pengalaman berkendara yang menyenangkan, mendominasi, sederhana, dan ringan. Sedangkan Ducati DesertX Rally adalah sepeda motor jalan raya yang dirancang untuk mengatasi medan offroad yang paling menantang, dengan desain kontemporer yang terinspirasi oleh sepeda motor Enduro dari era 80-an.
Ducati Hypermotard 698 Mono
Ducati Hypermotard 698 Mono adalah motor satu silinder pertama dari Ducati, yang merupakan hasil gabungan DNA supermoto dan DNA motor sport Ducati. Dengan geometri kemudi dan jarak sumbu roda yang optimal, serta inersia roda depan yang rendah dan distribusi bobot yang lebih ringan dibandingkan motor lain di kelasnya, motor ini mengadopsi teknologi teknis dari Ducati Panigale, mulai dari mesin, elektronik, hingga sasis, memberikan pengalaman berkendara yang unik dan berbeda.
Dari segi teknis, Ducati Hypermotard 698 Mono dirancang untuk performa maksimal di jalan raya. Mesin Superquadro Mono yang digunakan adalah mesin satu silinder paling ekstrem yang pernah terpasang pada motor produksi, dengan kemampuan mencapai 10.250 rpm, yang diklaim sebagai yang tertinggi di kelasnya.
Mesin ini memiliki kesamaan teknologi dengan Panigale V4-R yang terpasang pada mesin 659 cc satu silinder, turunan dari Panigale 1299. Dengan piston bore 116 mm, ruang bakar yang dilengkapi katup titanium, dan sistem distribusi Desmodromic yang sama dengan yang digunakan Ducati di MotoGP, motor ini menghasilkan tenaga sebesar 77,5 Hp, angka yang hampir setara dengan Triumph Trident 660 dengan mesin tiga silinder.
Mesin buasnya dikombinasikan dengan rangka trellis yang hanya berbobot 7,2 Kg, dilengkapi dengan pelek alloy model Y lima palang dan swingarm aluminium. Untuk pengereman, menggunakan kaliper Brembo M4.32 dengan cakram 330 mm di depan dan 240 mm di belakang.
Dalam hal desain, Ducati Hypermotard 698 Mono menampilkan struktur yang dirancang seefisien mungkin, memancarkan aura sporty. Mulai dari jok yang tinggi hingga buntut yang lancip, setiap detail dirancang untuk memperkuat kesan tangguhnya.
Hypermotard 698 Mono juga menawarkan versi khusus, yaitu RVE, yang beraksen 'Graffiti' yang unik, terinspirasi dari seni jalanan, memberikan nuansa yang halus namun kompleks.
Fitur-fiturnya meliputi Ducati Traction Control, Ducati Wheelie Control, Engine Brake Control, Ducati Power Launch, dan Ducati Quick Shift (DQS) Up/Down untuk versi RVE. Selain itu, terdapat Cornering ABS dengan empat pengaturan, dan empat mode berkendara: Sport, Road, Urban, dan Wet. Semua informasi ini ditampilkan pada layar instrumen berukuran 3,8 inci.
Ducati DesertX Rally
DesertX Rally adalah karya yang memadukan keahlian Ducati dalam pembuatan motor jalan raya dengan kebutuhan untuk medan offroad. Motor ini dirancang untuk mengatasi segala rintangan di luar jalan raya, menggabungkan performa unggul dengan kenyamanan pengendara, menjadikannya pilihan ideal bagi petualang sejati.
Dalam hal desain, motor ini membawa interpretasi modern dari motor Enduro tahun 80-an. Diciptakan oleh tim Ducati Centro Stile, fokus pada kesederhanaan dan durabilitas, menampilkan kekuatan dan keunikan di setiap detailnya.
Perbedaan dari model standar termasuk ketinggian yang lebih, shock absorber depan dan belakang dari Kayaba, velg Takasago, serta desain jok yang disesuaikan untuk rally, dilengkapi dengan skin plate di bagian depan mesin sebagai pelindung.
DesertX Rally ditenagai oleh mesin Testastretta 937 cm3 dengan katup Desmodromic Testastretta 11° yang berpendingin cairan. Mesin ini dapat menghasilkan tenaga hingga 110 Hp pada 9.250 rpm dan torsi maksimum 92 Nm pada 6.500 rpm, sesuai dengan standar Euro5.
Motor ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur canggih, termasuk 6 Mode Berkendara yang didukung oleh 4 Mode Daya, memungkinkan perubahan respons mesin sesuai dengan kebutuhan pengendara. Dua pengaturan khusus untuk mode Enduro dan Rally menawarkan adaptasi yang optimal, sementara mode lain seperti Sport, Touring, Urban, dan Wet memberikan fleksibilitas dalam berbagai situasi berkendara. (Bgx)
Baca Juga:
Artikel Unggulan
- Terbaru
- Populer
Artikel yang direkomendasikan untuk anda
Motor Ducati Unggulan
- Populer
Artikel Motor Ducati dari Oto
- Berita
- Artikel Feature
- Road Test