Dalam hal teknologi, Ducati ingin sportbike mereka berada di level tertinggi. Inovasi terus dicari seolah tak ada kata puas. Sampai batasan pun berani didobrak ke tingkat selanjutnya. Bahkan terus membenamkan mekanisme balap ke motor harian. Panigale V4 R kabarnya bakal menjadi sepeda motor produksi pertama yang menggunakan Seamless Shift Gearbox MotoGP.
Seamless Shift Gearbox atau perpindahan gigi mulus untuk kendaraan roda dua merupakan teknologi teratas. Peranti canggih itu hanya digunakan motor balap yang berlaga di MotoGP. Pertama kali diterapkan Honda RC212V dari 2011 lalu. Output-nya meminimalkan kehilangan daya, menjaga keseimbangan bodi, mengurangi beban suspensi dan ban, serta memberikan efisiensi deselerasi yang lebih baik saat engine brake.
Seperti halnya fitur kontrol traksi, winglet, dan quick-shifter, telah bermigrasi dari balapan ke motor jalan raya. Ya, masa depan tidak dapat dihindari. Tak dapat dipungkiri kalau beberapa superbike masa mendatang juga bakal dibekali transmisi mulus.
Namun, ada beberapa kendala mengapa Seamless Shift Gearbox belum dipakai ke motor produksi. Pertama, masing-masing pabrikan MotoGP sangat menjaga rahasia transmisi perpindahan gigi mulusnya. Kedua, girboks balap sangat mahal.
Dulu Yamaha pernah mengajukan paten teknologi perpindahan gigi ini di YZF-R1 2018. Namun masih belum ada tindak lanjut hingga hari ini. Hal itu seolah membuktikan bahwa biaya untuk gearbox seamless bukanlah hal sepele.
Baca Juga: Belum Ada Tanda-tanda Motor Listrik Ducati, Ini Alasannya
Yamaha memang tergolong pionir di bidang komersialisasi transmisi seamless, tapi itu belum cukup membuktikan. Sekarang giliran Ducati yang menyerahkan hak paten Seamless Shift Gearbox ke motor produksi massal.
Dalam beberapa tahun terakhir, Ducati telah bekerja untuk membuat mesin MotoGP yang relevan dengan jalan raya. Terbukti mereka melahirkan Panigale V4 dan Streetfighter V4. Mesin V4 itu sendiri berkaitan erat dengan motor balap. Hadir dengan poros engkol berputar terbalik dan sejumlah kesamaan lain dengan kuda besi yang dipakai pembalap MotoGP. Dan kini pabrikan Italia mengajukan hak paten berkaitan transmisi perpindahan mulus ke produksi massal.
Seamless Shift Gearbox paten yang diajukan Ducati mirip Dual Clutch Transmission (DCT) milik Honda. Bedanya, tidak menggunakan kopling ganda, tapi kombinasi roller bearing yang dapat terkunci. Ducati mengembangkannya lebih sederhana dan murah. Selain itu, disebutkan juga bisa disematkan ke girboks konvensional.
Dokumen yang didaftarkan tidak lagi berbentuk gambar sketsa, melainkan foto. Artinya, paten tersebut bukan cuma sebatas ide liar, melainkan sudah dites dan dibuat. Insinyur Ducati tampaknya bakal membawa ke khalayak lebih luas.
Transmisi mulus tentu menjadi inovasi terbaru yang diturunkan dari MotoGP, kemudian menginspirasi motor sport untuk bersaing di Kejuaraan WorldSBK juga. Jika Ducati mendapatkan transmisi mulus itu, pabrikan asal Bologna boleh dibilang memulai revolusi baru di kelas sportsbike. (Bgx/Odi)
Sumber: Bennetts, Visordown
Baca Juga: Pertama Kali Ada di Motor, Ducati Multistrada V4 S 2021 Kini Bersertifikat Radar
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.