Melalui divisi N Brand, Hyundai telah menunjukkan bahwa mobil listrik mereka tak sekadar alat transportasi sehari-hari. Hasilnya adalah Ioniq 5 N, versi performa tinggi yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan adrenalin penggunanya. Mobil ini siap dijual di Indonesia dan dijadwalkan untuk debut di GIIAS 2024. Sebagai bagian dari perkenalan kepada media Asia Tenggara, Hyundai mengundang OTO Media Group ke Korea Selatan untuk menghadiri Pan-ASEAN N Day 2024.
Acara Track Day ini diadakan di Hyundai Motor Group Driving Experience Center di Taean, Korea Selatan, menandai penyelenggaraan Pan-ASEAN N Day untuk pertama kalinya dan ekspansi N Brand ke negara-negara di kawasan Asia Pasifik.
Joon Park, Head of N Brand, menunjukkan antusiasme begitu tinggi ketika menceritakan perjalanan divisi khusus ini. “Motorsport adalah DNA kami. WRC, TRC Word Tour, Nurburgring 24 Hours, adalah dunia balap yang kami lakukan, karena kami ingin sangat dekat ke konsumen, dan ini lah mobil-mobil balap yang bisa kami kendarai sebagai konsumen. Ketika kami mengembangkan N model, kami memiliki filosofi kuat,” ujarnya dalam kata sambutan, (16/5).
“Tidak ada modifikasi diperlukan untuk menikmati pengalaman berkendara di sirkuit. Mobil sport masih bisa praktis, namun kami tidak ingin menjadikannya membosankan. Kami ingin performa yang emosional. Jadi, kemampuan balap, menikung dan mobil sport buat harian. Inilah cara kami merancang sebuah mobil,” tambah Joon.
N Day menekankan pentingnya inovasi, khususnya Hyundai Ioniq 5 N sebagai model N pertama yang menggunakan tenaga listrik. HMG Driving Experience Center Taean, sebagai fasilitas pengalaman berkendara dan merek terbesar di Korea Selatan, menawarkan berbagai tantangan di area seluas 1,26 juta meter persegi yang tidak dapat dilakukan oleh Ioniq 5 versi reguler.
Lintasan buatan dirancang untuk memberikan pengalaman yang lebih mendalam. termasuk Braking Course, Dry Handling Circuit, Wet Handling Circuit, High Speed Oval, Vehicle Dynamics Area, Wet Circular Course, Kick Plate Course, dan Off-road Course. Setiap lintasan dirancang khusus untuk memungkinkan pengunjung merasakan kemampuan luar biasa dari Ioniq 5 N dalam melakukan slalom, balapan drag, hingga drifting.
Spesifikasi Ioniq 5 N memang jauh lebih unggul dibandingkan model standar. Dengan dukungan dua motor listrik, kendaraan ini mampu menghasilkan tenaga hingga 609 PS (601 hp) dan torsi 740 Nm. Fitur N Grin Boost (NGB) dapat meningkatkan angka tersebut secara signifikan, dengan tenaga melonjak menjadi 650 PS (641 hp) dan torsi menjadi 770 Nm, meskipun hanya untuk durasi 10 detik. Daya tersebut disalurkan ke keempat roda, memungkinkan akselerasi dari 0-100 km/jam dalam waktu 3,5 detik (atau 3,4 detik dengan NGB) dan kecepatan maksimum 260 km/jam. Profil performa ini sangat berbeda jika dibandingkan dengan Ioniq 5 versi standar.
Fitur canggih Ioniq 5 N memberikan pengalaman berkendara sangat menyenangkan. Misalnya, mencoba N Pedal yang memungkinkan berkendara cepat tanpa perlu menginjak rem, hanya dengan melepas pedal gas. N eShift memberikan sensasi transmisi nyata, sementara N Launch Control dan N Drift Optimizer menawarkan akselerasi kuat dan kemampuan drifting. N Grin Boost menambah tenaga dan torsi, membuat Ioniq 5 N seperti mainan yang selalu menarik untuk dimainkan, meskipun tetap merupakan mobil listrik yang praktis digunakan sehari-hari.
Hyundai juga menawarkan Avante N atau Elantra N dalam lineup N mereka. Mobil ini berpotensi dijual di Indonesia sebagai pesaing Honda Civic Type R, dengan penggerak roda depan dan mesin turbo 2,0-liter yang didukung oleh fitur balap dari N, Elantra N menjanjikan pemuas adrenalin. Pada N Day, mobil ini digunakan untuk slalom dan pengalaman sirkuit.
Namun, N Day tidak hanya tentang model N. Di HMG Driving Experience Center Taean, terdapat arena off-road. Menggunakan Hyundai Palisade 2.2 AWD yang dikemudikan oleh instruktur, sesi ini menampilkan rintangan yang menantang. Palisade terbukti memiliki kemampuan off-road yang mungkin tidak disadari oleh banyak pemiliknya, mampu menaklukkan tanjakan dan turunan curam hingga 70 derajat serta kondisi traksi yang hilang di pasir dan lumpur, dengan mudah diatasi dengan mengatur mode AWD yang mencakup Snow Mode, Mud Mode, dan Sand Mode. (Odi)
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.