ELECTRIA: Faktor yang Membuat Nissan Leaf Ideal untuk Mobilitas Harian

Electria OTO Media Group

 

KEY TAKEAWAYS

  • Meski fitur dan kelengkapan biasa saja, Leaf tetap ideal untuk dipakai harian

    Terutama adanya sistem E-Pedal, membuat sensasi mobil listrik begitu terasa
  • Di pasar mobil listrik dunia, Nissan Leaf termasuk salah satu yang paling populer jika berkiblat pada angka penjualannya. Sudah lebih dari setengah juta unit Leaf laku terjual, sejak generasi pertamanya meluncur 2011 lalu. Selain itu, Leaf juga menjadi pelopor mobil listrik yang diproduksi oleh pabrikan mainstream dan dijual massal.

    Popularitasnya dilihat oleh Nissan di Indonesia untuk memasarkannya juga. Menyusul telah berkembangnya pasar mobil listrik. PT Nissan Motor Distributor Indonesia (NMDI) meluncurkan Nissan Leaf generasi kedua pada Agustus 2021 lalu. Ia adalah model elektrifikasi kedua Nissan yang meluncur di pasar Tanah Air, setelah Kicks e-Power setahun sebelumnya.

    Bersamaan dengan program spesial “Electria: Know Your Best EV Criteria”, OTO Media Group kembali memilih Nissan Leaf untuk diuji. Kami rasa Leaf adalah mobil listrik yang cukup ideal untuk kebutuhan mobilitas harian di kota besar seperti Jakarta.

    Di atas kertas, Leaf tidak bisa dibilang superior dibandingkan dua mobil listrik lain yang kami tes secara bersamaan yaitu Hyundai Kona Electric dan Ioniq 5. Spesifikasinya cenderung sederhana, tetapi sudah cukup untuk kebutuhan berkendara sehari-hari dengan mobil listrik. Apalagi dengan dimensinya yang ringkas dan praktis untuk dikendarai di kawasan urban yang padat.

    Dengan sekali isi penuh, baterai Nissan Leaf yang berkapasitas 40 kWh dan diklaim mampu diajak menempuh jarak hingga 311 kilometer menurut pengetesan WLTP. Jarak lebih dari 300 km bisa dicapai dengan catatan saat baterai 100%, Leaf dikendarai dengan kondisi AC tidak nyala. Jadi begitu AC dinyalakan, angka di indikator menjadi berkurang. Hal ini berlaku jika semakin banyak fitur digunakan selama berkendara. Kecuali jika mengaktifkan mode berkendara Eco.

    Electria OTO Media Group

    Tes dilakukan dengan lebih dulu mengisi baterai bersamaan di Kantor PLN Gambir, Jakarta Pusat. Agar ketiga mobil memulai rangkaian tes dengan baterai 100%. Pengetesan mengambil rute berkeliling kota jakarta, baik di dalam kota, jalan tol, sampai ke kawasan Tangerang Selatan sebagai titik finish.

    Secara dimensi, Nissan Leaf masuk dalam kelas yang sama dengan Honda Civic dan Mazda3. Wujudnya sebuah hatchback. Tapi jika dibandingkan, kami merasa posisi duduk di jok pengemudi Leaf lebih tinggi. Agak janggal memang, tapi setidaknya posisi ini memberikan visibilitas yang lebih luas ke arah depan dan samping.

    Synchronous motor EM57 yang dipakai Nissan Leaf ini menghasilkan tenaga 148 hp (150 PS) dan torsi 320 Nm. Seharusnya sudah lebih dari cukup untuk dipakai berkendara urban. Walaupun torsinya terbilang besar, tapi mobil ini justru melaju dengan linear sejak awal diajak berakselerasi. Karakternya masih bisa dikatakan halus, makanya akan mudah bagi pengemudi yang baru merasakan mobil listrik untuk beradaptasi dengannya.

    Sambil menikmati hantaran torsi dari motor listriknya yang halus, kepraktisan Nissan Leaf untuk bermobilitas juga diberikan lewat setirnya yang ringan. Sempat kami bergantian mobil untuk saling merasakan karakter berkendaranya masing-masing, tapi kemudi milik Leaf paling ringan diputar dibandingkan Ioniq 5 dan Kona Electric. Nilai plus untuk kubu Nissan agar pengemudi tidak cepat lelah seandainya harus mengemudi intens dalam durasi yang lama. Faktor ini juga akan menguntungkan saat melalui jalan sempit atau berkelok.

    Baca Juga: Sensasi Kesenyapan Hyundai Ioniq 5 dan Kepintarannya Mengolah Energi

     

    Electria OTO Media Group

    Kabin Nissan Leaf tidak asing desainnya dibandingkan mobil bermesin konvensional buatan pabrikan ini. Semuanya mudah dijangkau dan dioperasikan seperti infotainment, AC, dan banyak fitur lainnya. Nissan tidak mencoba membuatnya terkesan sangat canggih seperti kebanyakan gimik. Yang berbeda paling hanya cara operasikan tuas transmisinya, yang seperti joystick.

    Selain karena motor listrik tidak menghasilkan getaran dan suara berisik, kesenyapan Leaf saat melaju juga memberikan nuansa tenang dari dalam kabin. Kita tetap bisa merasakan laju motor listriknya dari suara berdenging yang dihasilkan seiring naiknya kecepatan.

     

    Fitur Tidak Superior Tapi Esensial

    review nissan leaf

    Kalau membandingkan kelengkapan fitur Nissan Leaf dengan dua lansiran Hyundai, memang di atas kertas bisa dibilang kalah lengkap. Tapi setidaknya fitur-fitur yang hadir di hatchback ini sangat cukup memadai, bahkan mengisi checklist fitur apa saja yang memang diperlukan untuk berkendara dengan nyaman di kota.

    Contohnya untuk pengemudi. Kita hanya bisa memilih mode berkendara Normal atau Eco. Nissan tidak merancangnya untuk menjadi mobil untuk diajak kebut-kebutan, meski torsinya sampai 320 Nm. Jadi kita cuma bisa memilih antara mau berkendara normalnya saja, atau ingin mengirit listrik di baterainya.

    Aktivasi mode Eco akan sekaligus menyalakan fitur E-Pedal di mobil ini. Ya, itu label untuk fitur regenerative braking di Nissan Leaf, yang bisa dimanfaatkan mendaur ulang energi dari proses deselerasi agar bisa menghemat baterainya. E-Pedal juga tidak ada level pengoperasiannya, jadi kita hanya bisa memilih fitur ini aktif atau mati. Bisa juga dipakai saat mode Normal. Fitur ini memudahkan berkendara, dengan cara membuat efek deselerasi lebih kuat ketika pedal gas dilepas, jadi tidak perlu menggunakan pedal rem untuk mengurangi kecepatan bahkan sampai berhenti.

    Infotainment cukup memadai. Sudah mendukung Apple CarPlay dan Android Auto untuk cegah kebosanan di perjalanan. Layar di tengah dashboard ini juga terintegrasi dengan kamera 360 derajat untuk membantu melihat sekeliling mobil seandainya akan parkir di tempat yang gelap atau bermanuver di jalanan sempit. Sementara untuk manajemen pengisian baterai bisa diakses dari MID (multi information display) yang mendampingi speedometer analog.

    review nissan leaf

    Sunroof atau panoramic roof memang tidak tersedia. Tapi tak masalah, toh akan jarang dipakai di Jakarta yang cuacanya sangat panas dan terpolusi. Setidaknya bisa membantu AC agar tidak dipasang terlalu kencang atau dingin, yang imbasnya ke konsumsi listrik lebih hemat.

    Fitur keselamatan yang ada di Leaf memang tidak lengkap, apalagi kalau bahas soal ADAS (advanced driver assist system). Fitur aktif yang hadir yaitu Forward Collision Warning dan Forward Emergency Braking, yang akan mencegah potensi tabrakan dengan kendaraan di depan seandainya kita terlambat mengerem. Cruise control juga tidak adaptif. Tidak ada seperti lane keeping assist, blind spot warning, rear cross traffic alert, dan sebagainya yang bisa mengganggu kenyamanan dan kekhusyukan mengemudi jika terlalu sering memberi peringatan.

    Seperti dikatakan, daftar fitur yang dimiliki Nissan Leaf memang tidak selengkap mobil listrik lain yang kami coba. Tapi apa yang sudah tersedia di mobil ini sudah cukup mendukung kebutuhan esensial berkendara sehari-hari, bahkan untuk mempertahankan kenyamanan dan keasikan berkendaranya.

    Jadi tidak heran kalau Nissan Leaf bisa menjadi mobil listrik dengan penjualan yang sangat tinggi secara global. Karakter berkendaranya praktis dan cukup menyenangkan. Fiturnya cukup akomodatif dan memenuhi kebutuhan esensial saat mengemudi. Tapi seberapa hemat soal konsumsi energinya, kita akan bahas nanti selanjutnya.
    (Why/Odi)

     

    Baca Juga: Tes Konsumsi Energi Nissan Leaf, Keliling Kota Cuma Rp5 Ribuan

    Jelajahi Nissan Leaf

    • Tampak Depan Bawah Nissan Leaf
    • Tampak belakang serong Leaf
    • Tampak Depan Nissan Leaf
    • Tampak Grille Leaf
    • Lampu depan Leaf
    • lampu belakang Leaf
    • Pelek Leaf
    • Nissan Leaf Front Side View
    • Tampak depan medium Nissan Leaf
    • Nissan Leaf Front Cross Side View
    Nissan Leaf
    Rp 738 - 740 Juta Cicilan : Rp 16,84 Juta

    Model Mobil Nissan

    Mobil Nissan
    • Nissan Livina
      Nissan Livina
    • Nissan Magnite
      Nissan Magnite
    • Nissan Serena
      Nissan Serena
    • Nissan Ariya
      Nissan Ariya
    • Nissan Kicks 2024
      Nissan Kicks 2024
    • Nissan Kicks e-Power
      Nissan Kicks e-Power

    Don't Miss

    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Mobil Nissan Unggulan

    Bandingkan & Rekomendasi

    Tren Hatchback

    • Yang Akan Datang

    Artikel Mobil Nissan Leaf dari Carvaganza

    • Generasi Ketiga Nissan Leaf Bakal Jadi SUV, Lawan Kona dan ZS EV
      Generasi Ketiga Nissan Leaf Bakal Jadi SUV, Lawan Kona dan ZS EV
      Alvando Noya . 05 Des, 2023
    • ELECTRIA: Nissan Leaf, Mobil Listrik Berspesifikasi Ideal Untuk Mobilitas Harian
      ELECTRIA: Nissan Leaf, Mobil Listrik Berspesifikasi Ideal Untuk Mobilitas Harian
      Wahyu Hariantono . 26 Jul, 2022
    • Nissan Leaf Eropa Sudah Facelift, Apa Saja yang Berubah?
      Nissan Leaf Eropa Sudah Facelift, Apa Saja yang Berubah?
      Wahyu Hariantono . 24 Feb, 2022
    • Nissan Gandeng PLN Hadirkan Charging Station Mobil Listrik
      Nissan Gandeng PLN Hadirkan Charging Station Mobil Listrik
      Zenuar Yoga . 03 Nov, 2021
    • Di Indonesia Baru Dijual, Nissan Eropa Sudah Siapkan Pengganti Leaf
      Di Indonesia Baru Dijual, Nissan Eropa Sudah Siapkan Pengganti Leaf
      Alvando Noya . 21 Okt, 2021

    Artikel Mobil Nissan Leaf dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Road Test
    • Tak Dapat Subsidi Mobil Listrik, Nissan Buka Peluang Rakit Leaf EV di Indonesia
      Tak Dapat Subsidi Mobil Listrik, Nissan Buka Peluang Rakit Leaf EV di Indonesia
      Bangkit Jaya Putra . 13 Mar, 2023
    • ELECTRIA: Nissan Leaf, Ideal untuk Mobilitas Harian
      ELECTRIA: Nissan Leaf, Ideal untuk Mobilitas Harian
      Wahyu Hariantono . 27 Jul, 2022
    • GIIAS 2021: Nissan Leaf Sita Perhatian, Pengunjung Pameran Bisa Coba Mobil Listrik
      GIIAS 2021: Nissan Leaf Sita Perhatian, Pengunjung Pameran Bisa Coba Mobil Listrik
      Anjar Leksana . 17 Nov, 2021
    • GIIAS 2021: Cicilan Mobil Listrik Nissan Leaf Mulai Rp 10 Jutaan
      GIIAS 2021: Cicilan Mobil Listrik Nissan Leaf Mulai Rp 10 Jutaan
      Setyo Adi Nugroho . 09 Nov, 2021
    • GIIAS 2021: Bisa Tempuh 100 km, Biaya Listrik Nissan Leaf Tak Semahal Segelas Kopi
      GIIAS 2021: Bisa Tempuh 100 km, Biaya Listrik Nissan Leaf Tak Semahal Segelas Kopi
      Anjar Leksana . 09 Nov, 2021
    • 5 Alasan Mengapa All New Nissan Leaf Layak Dilirik untuk Kendaraan Harian
      5 Alasan Mengapa All New Nissan Leaf Layak Dilirik untuk Kendaraan Harian
      Setyo Adi Nugroho . 02 Sep, 2021
    • Nissan Leaf Datang Menantang Hyundai Ioniq, Simak Perbandingannya
      Nissan Leaf Datang Menantang Hyundai Ioniq, Simak Perbandingannya
      Setyo Adi Nugroho . 18 Agu, 2021
    • First Drive Nissan Leaf: Mengendarai Mobil Listrik Itu “Biasa Saja” (Part-2)
      First Drive Nissan Leaf: Mengendarai Mobil Listrik Itu “Biasa Saja” (Part-2)
      Ivan Hermawan . 22 Mar, 2019
    • First Drive Nissan Leaf: Kesan Pertama “Biasa Saja” Terhadap Mobil Listrik (Part-1)
      First Drive Nissan Leaf: Kesan Pertama “Biasa Saja” Terhadap Mobil Listrik (Part-1)
      Ivan Hermawan . 22 Mar, 2019