Esemka Debut di IIMS 2023, Luncurkan Bima EV

esemka bima EV

 

KEY TAKEAWAYS

  • Esemka tampil perdana di IIMS 2023

    Meluncurkan Bima versi listrik dengan harga setengah miliar lebih
  • PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) ikut pameran otomotif IIMS 2023. Mereka meluncurkan Bima EV. Ini sekaligus menepis rumor soal rebagde mobil listrik Cina, Bima ini berbentuk blind van dan minibus seperti DFSK Gelora E. Penggunaanya tentu bisa banyak sektor. Dapat dipakai sebagai kendaraan komersial maupun penumpang. Harganya setengah miliar lebih. Bima EV Passenger Car Rp540 juta dan Bima EV Cargo Van Rp530 juta.

    Penggunaan pikap Bima sebagai basis EV memang dilakukan Esemka. Mengingat model produksi sudah ada, bisa meracik ulang sasis seraya mengembangkan struktur rangka semi-monokok sesuai kebutuhan. Tentu hal ini berhubungan erat dengan cost production. Termasuk demi menekan harga jual.

    esemka bima EV

    Kalau kita melihat spesifikasi Esemka Bima bermesin ICE 1,2 liter E-power I4 DOHC. Daya maksimum tersembur mencapai 72 kW (98 PS) dan torsi maksimal 119 Nm. Sedangkan versi Bima EV mencapai 75 kW atau setara 102 PS. Lantaran sifat dinamo elektrik itu kuat, momen puntir puncak bisa tembus di atas varian ICE, yakni 165 Nm.

    Dengan penggunaan baterai ternari lithium ion, jarak tempuh diklaim sanggup mencapai 300 km sekali isi penuh. Pengecasan baterai bisa dilakukan satu jam metode quick charge dan 8 jam slow charge.

    esemka bima EV

    Guna menunjang kebutuhan sebagai kendaraan komersial ringan. Maka penanaman permanent magnet synchronous motor dipasang berada di sasis belakang. Alhasil bisa menggunakan sistem gerak rear wheel drive (RWD). Mengenai bentuk, wajahnya sama dengan model bensin. Walau notabene sebagai mobil listrik, namun ia tetap memiliki kisi-kisi depan macam kidney grille BMW.

    Lalu di bagian bawah ada ventilasi udara. Terus bukaan pintu baris kedua model geser untuk mempermudah akses masuk keluar. Hal ini juga mirip kepunyaan DFSK Gelora E. Dan bukan perkara sukar untuk mengubah bak belakang menjadi beratap. Sehingga bisa mengangkut banyak penumpang maupun barang. Untuk ukuran. Mobil memiliki panjang 4.495 mm, lebar 1.680 mm, tinggi 1.990 mm dan jarak sumbu roda 2.925 mm. Sedangkan ground clearance 165 mm. Ukuran pelek 14 inci serta profil ban 175/65. Bobot maksimal 2.350 kg.

    Rencana besar Esemka terhadap Bima EV, ingin menyasar pengusaha kelas usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Sekadar info tambahan. Saudara kembar Bima di Cina, yakni Star Truck maupun Q20 belum memiliki versi jantung elektrik. Mereka pertama kali mewujudkannya menjadi kendaraan listrik murni. (Alx/Odi)

     

    Baca Juga: IIMS 2023 Dibuka Presiden Joko Widodo

    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Mobil Unggulan

    • Yang Akan Datang

    Artikel Mobil dari Carvaganza

    • VinFast VF 3 Raih Most Test-Driven Vehicle di IIMS 2025, Mobil Listrik Kompak Terlaris
      VinFast VF 3 Raih Most Test-Driven Vehicle di IIMS 2025, Mobil Listrik Kompak Terlaris
      Muhammad Hafid . Hari ini
    • Daihatsu Indonesia Recall Rocky & Ayla 1.2 CVT: Segera Perbarui Software ECU Anda
      Daihatsu Indonesia Recall Rocky & Ayla 1.2 CVT: Segera Perbarui Software ECU Anda
      Anjar Leksana . Hari ini
    • Bedah Spek dan Pembaruan Mercedes-AMG G 63, SUV Buas Rp7,2 Miliar
      Bedah Spek dan Pembaruan Mercedes-AMG G 63, SUV Buas Rp7,2 Miliar
      Alvando Noya . Hari ini
    • Test Drive BYD Sealion 7 Jakarta – Bandung , Apa Istimewanya? (Bagian 1)
      Test Drive BYD Sealion 7 Jakarta – Bandung , Apa Istimewanya? (Bagian 1)
      Eka Zulkarnain H . Hari ini
    • Aion V Jadi Primadona Selama IIMS 2025, Raih 733 SPK
      Aion V Jadi Primadona Selama IIMS 2025, Raih 733 SPK
      Zenuar Yoga . Hari ini

    Artikel Mobil dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Advisory Stories
    • Road Test
    • Daftar Ubahan New Toyota Camry Hybrid 2025 dan Skema Cicilannya
      Daftar Ubahan New Toyota Camry Hybrid 2025 dan Skema Cicilannya
      Anjar Leksana . Hari ini
    • Gelora E dan Seres E1 Dominasi Capaian DFSK-Seres di IIMS 2025
      Gelora E dan Seres E1 Dominasi Capaian DFSK-Seres di IIMS 2025
      Setyo Adi Nugroho . Hari ini
    • Ada Problem ECU, Astra Daihatsu Motor Recall Rocky dan Ayla
      Ada Problem ECU, Astra Daihatsu Motor Recall Rocky dan Ayla
      Anjar Leksana . Hari ini
    • Persiapan Mudik Lebaran, Suzuki Beri Diskon Suku Cadang 15 Persen
      Persiapan Mudik Lebaran, Suzuki Beri Diskon Suku Cadang 15 Persen
      Anjar Leksana . Hari ini
    • Road Trip Efisien dan Nyaman Jakarta-Ciwidey Bersama Mercedes-Benz EQE 350 4Matic SUV
      Road Trip Efisien dan Nyaman Jakarta-Ciwidey Bersama Mercedes-Benz EQE 350 4Matic SUV
      OTO . Hari ini
    • Xpeng X9 Siap Bersaing di Indonesia, Kenali Dulu Spesifikasinya
      Xpeng X9 Siap Bersaing di Indonesia, Kenali Dulu Spesifikasinya
      Muhammad Hafid . Hari ini
    • Mercedes-Benz Electric G 580 Edition One: Tangguh dan Ramah Lingkungan
      Mercedes-Benz Electric G 580 Edition One: Tangguh dan Ramah Lingkungan
      Muhammad Hafid . 27 Feb, 2025
    • Komparasi Spesifikasi AION V, Geely EX5 dan BYD Atto3
      Komparasi Spesifikasi AION V, Geely EX5 dan BYD Atto3
      OTO . 23 Feb, 2025
    • Harga Bersaing, Adu Kekuatan Hyptec HT Vs BYD Sealion 7
      Harga Bersaing, Adu Kekuatan Hyptec HT Vs BYD Sealion 7
      OTO . 23 Feb, 2025
    • Review Test Suzuki S-Presso di IIMS 2025: Mobil Murah Masih Relevan Buat Harian
      Review Test Suzuki S-Presso di IIMS 2025: Mobil Murah Masih Relevan Buat Harian
      Ardiantomi . 21 Feb, 2025
    • Pascaliburan Jangan Lupa Cek Bagian Kendaraan Ini!
      Pascaliburan Jangan Lupa Cek Bagian Kendaraan Ini!
      Setyo Adi Nugroho . 30 Jan, 2025
    • Potensi Masalah Kendaraan di Perjalanan Sepanjang Waktu Liburan
      Potensi Masalah Kendaraan di Perjalanan Sepanjang Waktu Liburan
      Setyo Adi Nugroho . 30 Jan, 2025
    • Tips Berkendara Saat Hujan di Libur Nataru
      Tips Berkendara Saat Hujan di Libur Nataru
      Setyo Adi Nugroho . 30 Des, 2024
    • Perhatikan Faktor Ini untuk Atasi Mesin Hilang Tenaga dan Ngelitik
      Perhatikan Faktor Ini untuk Atasi Mesin Hilang Tenaga dan Ngelitik
      Setyo Adi Nugroho . 30 Des, 2024
    • Berkendara Liburan Akhir Tahun, Persiapkan Hal Ini Biar Aman dan Nyaman
      Berkendara Liburan Akhir Tahun, Persiapkan Hal Ini Biar Aman dan Nyaman
      Setyo Adi Nugroho . 11 Des, 2024
    • Test Drive BYD Sealion 7: Di Mana Letak Kelebihannya?
      Test Drive BYD Sealion 7: Di Mana Letak Kelebihannya?
      Eka Zulkarnain . 03 Mar, 2025
    • First Drive Chery Tiggo Cross: Mengancam Lawan dengan Paket Fitur dan Harga!
      First Drive Chery Tiggo Cross: Mengancam Lawan dengan Paket Fitur dan Harga!
      Setyo Adi Nugroho . 12 Feb, 2025
    • Test Drive New Hyundai Creta N Line: Semakin Asyik Dikendarai
      Test Drive New Hyundai Creta N Line: Semakin Asyik Dikendarai
      Anjar Leksana . 12 Feb, 2025
    • First Drive Mazda CX-80 PHEV: Performa dan Konsumsi BBM Impresif!
      First Drive Mazda CX-80 PHEV: Performa dan Konsumsi BBM Impresif!
      Setyo Adi Nugroho . 31 Jan, 2025
    • Test Drive Mazda CX-30: Karakter Sporty Mendominasi Plus Kenyamanan Ekstra
      Test Drive Mazda CX-30: Karakter Sporty Mendominasi Plus Kenyamanan Ekstra
      Setyo Adi Nugroho . 21 Jan, 2025