Ferrari F80 Lanjutkan Singgasana Supercar Hybrid LaFerrari

Ferrari F80

Kami menyaksikan peluncuran supercar Ferrari yang bersejarah. Sebuah peristiwa yang terjadi setiap sepuluh tahun sekali sejak tahun 1984, dimulai dengan produksi Ferrari GTO sebagai e-Turbo pertama. Penerbangan selama lebih dari 15 jam dari Jakarta ke Maranello, Italia, kami tempuh. Untuk melihat langsung kemunculan perdana F80

Menggantikan LaFerrari sebagai hybrid pertama, Ferrari F80 membawa esensi supercar yang sejati dengan DNA Formula 1. Namun masih menyenangkan untuk dikemudikan di jalan raya. Ferrari F80 didesain dengan tampilan eksterior agresif, yang didominasi oleh garis aerodinamis di seluruh bodinya.

Desain Ferrari F80 diilhami oleh mekanisme jet darat Formula 1. Penyelenggara memperlihatkan sasis tanpa bodi untuk menunjukkan "jeroan" dari Ferrari F80. Kita bahkan bisa melihat suspensi horizontal yang serupa dengan sistem shock absorber Formula 1. Merupakan keberuntungan untuk menyaksikan langsung peluncuran yang bersejarah ini dan menjadi satu-satunya media dari Indonesia yang mendapatkan kesempatan istimewa ini.

Ferrari F80 didesain untuk dapat beroperasi di berbagai kondisi jalan, memungkinkan pengguna menikmatinya tidak hanya di sirkuit balap tetapi juga di jalan umum. Desainnya yang mencerminkan supercar autentik dengan bonnet yang pendek dan bagian belakang yang lebih panjang dirancang untuk mengoptimalkan aerodinamika selama akselerasi.

F80 memiliki desain single-seater yang unik, namun masih dapat menampung satu penumpang tambahan. Kursi dibuat asimetris antara pengemudi dan penumpang depan, memberikan sensasi berkendara seperti single-seater. Akan tetapi, ini menyebabkan jarak antar penumpang menjadi sangat dekat, sehingga tidak tersedia ruang di konsol tengah.

Tidak perlu berharap akan adanya ruang penyimpanan yang luas. Mobil ini memang didesain untuk menampilkan mesin dengan konfigurasi belakang. Mesin V6 3.0-liter e-Turbo yang dipadukan dengan sistem penggerak e-4WD dan motor listrik terintegrasi.

Ferrari F80 diakui mampu menghasilkan tenaga hingga 1200 hp, dengan 900 hp berasal dari mesin konvensional dan 300 hp dari motor listrik. Suara knalpot yang memukau pun menegaskan keagungan mesin V6 tersebut.

Menariknya, Ferrari F80 tidak memiliki mode listrik atau e-mode. Motor listriknya hanya berperan dalam meningkatkan kinerja mesin, bukan sebagai penggerak utama layaknya mobil hybrid pada umumnya.

Pengembangan dan produksi baterai hybrid serta motor listrik Ferrari F80 dilaksanakan secara internal oleh pabrikan. Hal ini bertujuan untuk menghasilkan teknologi hybrid yang berkelanjutan, termasuk aspek durabilitas baterai dan motor listrik, serta menjaga performa mesin agar tetap sesuai dengan standar Ferrari.

Performa mesin sudah dibuktikan pabrikan. Akselerasi dari 0 hingga 100 km/jam dapat dicapai hanya dalam 2,1 detik. Sebuah rekor baru juga telah diukir dengan catatan waktu satu putaran di Sirkuit Fiorano hanya dalam 1 menit 15 detik. Hal ini menegaskan bahwa para penggemar Ferrari selalu mengharapkan performa puncak dan kekuatan yang mengagumkan. (Mc)

Baca Juga: Ferrari Ogah Pasang Turbo ke Mesin V12

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Ferrari Unggulan

Artikel Mobil Ferrari dari Carvaganza

  • EKSKLUSIF DARI MARANELLO: Ferrari F80 Resmi Buka Selubung, Penerus LaFerrari dengan DNA F1
    EKSKLUSIF DARI MARANELLO: Ferrari F80 Resmi Buka Selubung, Penerus LaFerrari dengan DNA F1
    Munawar Chalil . 17 Okt, 2024
  • FIRST DRIVE: Ferrari 12Cilindri, Sensasi Buas Terkendali Khas Gran Turismo V12
    FIRST DRIVE: Ferrari 12Cilindri, Sensasi Buas Terkendali Khas Gran Turismo V12
    Wahyu Hariantono . 10 Okt, 2024
  •  Ferrari 12Cilindri 'Murah' Ini Bisa Dibeli Seharga Honda Brio
    Ferrari 12Cilindri 'Murah' Ini Bisa Dibeli Seharga Honda Brio
    Alvando Noya . 26 Sep, 2024
  • TEST DRIVE: Ferrari Roma Spider, Kesempurnaan Antara Performa dan Kenyamanan
    TEST DRIVE: Ferrari Roma Spider, Kesempurnaan Antara Performa dan Kenyamanan
    Anindiyo Pradhono . 25 Sep, 2024
  • Sportswear Puma edisi Ferrari menjadi Koleksi Terlaris
    Sportswear Puma edisi Ferrari menjadi Koleksi Terlaris
    Eka Zulkarnain H . 24 Agu, 2024

Artikel Mobil Ferrari dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test
  • Ferrari F80 Mendebut, Supercar Hybrid Sang Penerus LaFerrari
    Ferrari F80 Mendebut, Supercar Hybrid Sang Penerus LaFerrari
    OTO . 17 Okt, 2024
  • Ferrari Roma Versi Atap Terbuka Meluncur di Indonesia
    Ferrari Roma Versi Atap Terbuka Meluncur di Indonesia
    Alvando Noya . 07 Des, 2023
  • Inden Capai Tahunan, Konsumen Ferrari Juga Harus Punya Kesabaran
    Inden Capai Tahunan, Konsumen Ferrari Juga Harus Punya Kesabaran
    Bangkit Jaya Putra . 13 Feb, 2023
  • Ferrari 296 GTS Resmi Mengaspal di Indonesia
    Ferrari 296 GTS Resmi Mengaspal di Indonesia
    Bangkit Jaya Putra . 11 Feb, 2023
  • Mengencani Ferrari 296 GTS di Italia, Merasakan Paradigma Baru Kendaraan Super
    Mengencani Ferrari 296 GTS di Italia, Merasakan Paradigma Baru Kendaraan Super
    OTO . 19 Okt, 2022
  • 10 Mobil Klasik Ferrari Termahal di Dunia, Tembus Sampai Rp 1 Triliun
    10 Mobil Klasik Ferrari Termahal di Dunia, Tembus Sampai Rp 1 Triliun
    Rizki Satria . 04 Mei, 2021
  • First Drive Ferrari Roma Spider: Melayani dengan Kesempurnaan dan Kenyamanan
    First Drive Ferrari Roma Spider: Melayani dengan Kesempurnaan dan Kenyamanan
    Anindiyo Pradhono . 23 Sep, 2024
  • Test Drive Ferrari 296 GTS: Menikmati Raungan V6 Hybrid dengan Atap Terbuka di Tuscany
    Test Drive Ferrari 296 GTS: Menikmati Raungan V6 Hybrid dengan Atap Terbuka di Tuscany
    OTO . 26 Okt, 2022
  • First Drive Ferrari 296 GTB: Mesin V6 Hidup Kembali dengan Pendekatan Teknologi Hybrid
    First Drive Ferrari 296 GTB: Mesin V6 Hidup Kembali dengan Pendekatan Teknologi Hybrid
    Setyo Adi Nugroho . 05 Agu, 2022