FIRST IMPRESSION: Merasakan Keganasan MV Agusta All New Brutale 800

JAKARTA, 28 Februari 2017 – Setelah resmi meluncurkan All New Brutale 800, PT Motor Varese Indonesia (MVI) selaku pemegang merek MV Agusta di Indonesia menyediakan unit test ride bagi jurnalis otomotif di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat, Minggu lalu. Menjajal kegarangan motor dengan desain body futuristis dengan sasis sadle yang terlihat seperti “mengambang” ini dikawasan Sirkuit Sentul, Motovaganza juga mendapatkan kesempatan tersebut. Melihat penampilannya, motor dengan aliran naked ini terlihat begitu buas, apalagi jika melihat tiga pipa buangan gas buang di bagian sisi kanan motor. Impresi pertama duduk di atas jok MV Agusta New Brutale 800 terasa sangat berkarakter. Hal ini diyakini dengan posisi berkendara yang sedikit agak menunduk serta dimensi setang yang terbilang lebar. MV Agusta New Brutale 800 memiliki tinggi kursi pengendara yang berjarak 829 mm – ini membuat pengendara yang memiliki postur tinggi badan sekitar 175 cm - tidak mengalami masalah  baik soal bobot maupun handling karena kaki bisa menapak sempurna. Speedometer hanya terlihat memuat informasi kecepatan, level bahan bakar, gir transmisi dan riding mode posisition. Tidak membutuhkan waktu lama setelah gelaran coaching clinic bertema safety riding usai, kami pun langsung mencoba untuk memacu motor yang memiliki mesin tiga silinder berkapasitas 800 cc. Baca juga: All New MV Agusta Brutale 800 Diperkenalkan, Harga Rp 530 Juta Baca juga: Intip Detail All New MV Agusta Brutale 800 Baca juga: Safety Riding MV Agusta Owner Club Indonesia (MVOCI) di Sentul Kesan pertama begitu kami mantap untuk memutir gas, motor sudah menghentak seolah mengajak berlari kencang. MV Agusta New Brutale dilengkapi dengan riding mode dengan tiga channel - Rain, Normal/Touring dan Sport - di posisi 3.000 rpm saja mesin masih ‘merengek’ butuh putaran lebih tinggi lagi. Torsi mesin masih terasa liar sampai menginjak rpm tinggi. Menguji fungsi quick shifter up and down yang tersemat pada motor dan juga telah dilengkapi dengan slipper clutch yang beroperasi melalui teknologi hidrolik dan Electronically Assisted Shift (EAS) 2.0 Up and Down Gear Shift, dikelola oleh sistem MVICS terbaru. Motor yang dijual seharga 530 juta rupiah (On The Road Jakarta) ini terbilang nyaman dan “mau” diajak maneuver. Torsi mesin masih terasa liar sampai menginjak rpm tinggi, seperti saat masuk gigi tiga. Di posisi sport pada riding mode, ban depan motor berkesan tidak menapak alias wheelie. Tarikannya terasa seperti rambut “dijambak” setan. Handling naked bike garang tersebut cukup stabil untuk bermanuver di tikungan. Suspensi milik Sachs mampu meredam guncangan dengan baik. Menurut informasi yang didapat, suspensi ini juga mengalami revisi dari model sebelumnya yang sedikit lebih keras sehingga motor seringkali terasa kehilangan traksi. Terlebih suspensi Marzocchi bertipe upside down dibagian depannya membuat handling motor kian mantab. Sayangnya, pihak PT Motor Varese Indonesia hanya menyediakan satu motor dengan waktu yang terbatas untuk media test sehingga kamipun harus “mau tak mau” bergantian dengan media lain yang juga penasaran dengan buasnya motor asal Italia ini. Syaiful Achmad

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Federal Oil Tawarkan Promo Menarik, Ada Hadiah Tiket MotoGP!
    Federal Oil Tawarkan Promo Menarik, Ada Hadiah Tiket MotoGP!
    Zenuar Yoga . 24 Apr, 2025
  • Suzuki Indonesia Beri Warna Baru Met Sonoma Red untuk V-Strom 250SX
    Suzuki Indonesia Beri Warna Baru Met Sonoma Red untuk V-Strom 250SX
    Anjar Leksana . 22 Apr, 2025
  • Khusus Pengguna Skutik! Ada Promo Servis Hari Kartini di AHASS Jakarta-Tangerang
    Khusus Pengguna Skutik! Ada Promo Servis Hari Kartini di AHASS Jakarta-Tangerang
    Zenuar Yoga . 21 Apr, 2025
  • Harga Masih Terjangkau, New Honda CB150 Verza 2025 Punya Warna Baru
    Harga Masih Terjangkau, New Honda CB150 Verza 2025 Punya Warna Baru
    Anjar Leksana . 16 Apr, 2025
  • Mirip Honda Dream, Lihat Spesifikasi Solar Proud CBS 2025
    Mirip Honda Dream, Lihat Spesifikasi Solar Proud CBS 2025
    Anjar Leksana . 14 Apr, 2025
  • Bujet Terbatas? Ini Pilihan Motor Murah yang Tetap Fungsional
    Bujet Terbatas? Ini Pilihan Motor Murah yang Tetap Fungsional
    Zenuar Yoga . 24 Apr, 2025
  • Ketahui Harga Promo CFMoto Papio XO-2 dan Detail Spesifikasinya
    Ketahui Harga Promo CFMoto Papio XO-2 dan Detail Spesifikasinya
    Anjar Leksana . 23 Apr, 2025
  • 8 Fitur Unggulan Yamaha Gear Ultima yang Layak Dipertimbangkan
    8 Fitur Unggulan Yamaha Gear Ultima yang Layak Dipertimbangkan
    Zenuar Yoga . 22 Apr, 2025
  • WMoto Swiftbee 125 cc Desainnya Menarik! Harga Lebih Murah dari Scoopy
    WMoto Swiftbee 125 cc Desainnya Menarik! Harga Lebih Murah dari Scoopy
    Anjar Leksana . 22 Apr, 2025
  • Yamaha R25 MY 2025 Pakai Mesin Baru dan Lebih Canggih, Ini Bedanya dengan Versi Lama
    Yamaha R25 MY 2025 Pakai Mesin Baru dan Lebih Canggih, Ini Bedanya dengan Versi Lama
    Zenuar Yoga . 21 Apr, 2025
  • Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Bangkit Jaya Putra . 21 Apr, 2025
  • Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Terpaksa Mudik Pakai Motor, Perhatikan Hal Ini Sebelum Berangkat
    Terpaksa Mudik Pakai Motor, Perhatikan Hal Ini Sebelum Berangkat
    Zenuar Yoga . 18 Mar, 2025
  • Tips Mudah Menjaga Keawetan Cat Doff pada Motor
    Tips Mudah Menjaga Keawetan Cat Doff pada Motor
    Alvando Noya . 10 Mei, 2024
  • Test Ride Maka Cavalry: Jadi Standar Skutik Listrik Lokal yang Ideal
    Test Ride Maka Cavalry: Jadi Standar Skutik Listrik Lokal yang Ideal
    Bangkit Jaya Putra . 04 Mar, 2025
  • First Ride 4 Model QJMotor: Mana yang Cocok untuk Anda?
    First Ride 4 Model QJMotor: Mana yang Cocok untuk Anda?
    Zenuar Yoga . 03 Mar, 2025
  • Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Setyo Adi Nugroho . 27 Feb, 2025
  • First Ride Yamaha Aerox Alpha: Pembuktian Matic Sport Bukan Cuma Gimik
    First Ride Yamaha Aerox Alpha: Pembuktian Matic Sport Bukan Cuma Gimik
    Bangkit Jaya Putra . 16 Jan, 2025
  • First Ride Honda CUV e: Senyap dan Bertenaga
    First Ride Honda CUV e: Senyap dan Bertenaga
    Zenuar Yoga . 02 Jan, 2025