PT Toyota Astra Motor (TAM) telah meluncurkan New Fortuner yang menampilkan pembaruan pada eksterior, interior, dan fitur-fiturnya. Kami berkesempatan untuk melihat lebih dulu pembaruan pada Fortuner ini.
Toyota menyediakan dua varian untuk diuji, yaitu varian 4x4 2.8 GR-S yang merupakan varian paling tinggi, serta 4x2 2.8 VRZ dengan GR Part TSS, yang merupakan varian tertinggi untuk penggerak 4x2. Diskusi kita akan berfokus pada varian 4x4 GR-S yang tertinggi.
Varian 4x4 GR-S menampilkan SUV lebih elegan tanpa menghilangkan aura sporty. Dominasi kromium di bagian depan berkurang, digantikan pewarnaan piano black. Merupakan ciri khas dari GR-Sport yang juga terlihat di beberapa model Toyota lain.
Perubahan paling mencolok terlihat dari bentuk bumper depan dan grille. Jika sebelumnya grille heksagonal terlihat tebal dan mendominasi, kini dengan sentuhan GR-S, tampilan tersebut telah dihilangkan. Bagian depan didominasi oleh lubang udara yang terpisah dari bumper, yang tersembunyi dengan pewarnaan gelap. Lampu depan dengan aksen LED yang terpisah menjadi salah satu pembaruan pada varian ini, bersama dengan pencahayaan tambahan di area bumper yang kini lebih sederhana, dilengkapi dengan foglamp berdesain baru dan DRL LED yang ramping di bagian bawah. Kesan tinggi diperkuat dengan front under skirt yang didesain ulang.
Perbedaan di bagian samping terlihat dari area roda. Fortuner GR-S terbaru memakai velg 18 inci desain baru. Di varian tertinggi ini, Toyota menambahkan kaliper berwarna merah yang kontras, memberikan kesan sporty lebih kuat. Pembaruan roda juga termasuk suspensi monotube baru yang akan kami bahas lebih lanjut dalam impresi berkendara.
Area samping kini lebih sederhana tanpa sentuhan kromium, stiker, atau warna berbeda pada pegangan pintu seperti model sebelumnya. Warna two-tone, hitam di atap dan putih pada bodi, membuat pegangan pintu serasi dengan warna bodi. Footstep disediakan di samping untuk memudahkan akses masuk dan keluar, dengan warna rumah spion hitam sebagai pembeda.
Bergerak ke bagian belakang, bentuknya mirip dengan model sebelumnya. Toyota menghadirkan desain bumper belakang baru yang menegaskan kesan tinggi kendaraan. Fitur baru lainnya adalah lampu sein sequential yang memberikan kesan produk premium modern. Stoplamp Fortuner kini lebih modern dengan bentuk yang ramping dan tajam. Fortuner terbaru juga dilengkapi dengan pintu belakang yang bisa dibuka dengan sensor tendangan dan power back door untuk kemudahan pengguna.
Di interior, perubahan lebih terlihat dengan pembaruan yang jelas. Konsumen akan menemukan detail jahitan merah di dashboard, jok, dan lingkar kemudi yang menambah aura sporty SUV. Joknya menggunakan kombinasi suede dan kulit yang nyaman, meskipun desainnya tidak berubah. Logo GR-S terlihat di beberapa tempat seperti headrest, karpet, lingkar kemudi, dan scuff plate.
Head unit juga diperbarui pakai monitor 9 inci yang memiliki interface anyar. Pada pandangan pertama, interface ini terasa lebih intuitif dan mudah dioperasikan. Sistem ini telah terintegrasi dengan fitur T-Intouch dan aplikasi tambahan untuk hiburan seperti RCTI+, Noice, dan lainnya. Perubahan lainnya adalah kaca tengah yang kini digital, dapat berfungsi sebagai perekam gambar dan menyimpan insiden di belakang kendaraan.
Penumpang di belakang juga dapat menikmati fitur baru. Toyota menyediakan layar hiburan berukuran 11,6 inci yang terletak di tengah atap. Layar ini lebih lebar dan memiliki resolusi gambar tinggi. Cara pengoperasiannya berbeda dari head unit depan. Memberikan kesan seolah-olah penumpang memiliki tablet hiburan pribadi. Layar ini dapat terkoneksi dengan berbagai aplikasi hiburan. Sebagai fitur tambahan, Toyota juga memperkenalkan LDCM 2 Remote immobilizer beserta hotspot wifi dalam mobil yang dapat digunakan untuk mengoperasikan unit kepala dan oleh pengguna mobil lain.
Dalam hal performa, tidak ada perubahan. Toyota masih mempertahankan mesin 1GD-FTV 4 silinder segaris dengan 4 katup DOHC dan VNT intercooler. Mesin berkapasitas 2.755 cc ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 201 hp dan torsi 500 Nm, yang dikawinkan dengan transmisi otomatis 6 percepatan dan sport sequential switchmatic. Kesan sporty semakin terasa dengan adanya paddle shift di belakang kemudi Fortuner yang memudahkan pergantian gigi transmisi sesuai kebutuhan. Tersedia juga mode berkendara Eco, Sport, dan Normal untuk menyesuaikan dengan berbagai kondisi jalan.
Dalam area terbatas Toyota Driving Experience di Sunter, Jakarta Utara, tenaga New Fortuner cepat terisi di putaran bawah. Sensasi tarikan mesin diesel turbo yang khas tetap dapat dirasakan oleh para penggemar diesel. Perbedaan pada model baru terletak pada suspensi yang kini terasa lebih kaku atau keras. Perubahan ini membuat SUV lebih stabil saat dikendalikan, mengurangi gejala limbung saat bermanuver. Bahkan saat menginjak pedal gas lebih dalam, pengemudi menjadi lebih percaya diri. Namun, saat melaju pelan di area berbatu atau melewati polisi tidur, suspensi yang lebih kaku ini dapat terasa sedikit mengguncang namun masih dalam batas kenyamanan.
Lingkar kemudi terasa agak berat. Saat bermanuver, pengemudi perlu sedikit tenaga ekstra untuk memutar kemudi. Hal ini mungkin terasa bagi yang biasa berkendara dengan kendaraan kecil, namun di sisi lain, kontrol saat berada di kecepatan tinggi menjadi lebih linier.
Perubahan varian puncak Fortuner GR-S tampaknya memenuhi kebutuhan akan SUV medium yang kuat, namun tetap nyaman dan berpenampilan premium. Pembaruan eksterior dan interior membuat Fortuner tetap relevan di tengah persaingan segmen yang kini dipenuhi berbagai model.
Bagi yang merasa varian 4x4 terlalu mahal, varian 4x2 yang juga telah diperbarui di bagian eksterior dan interior bisa menjadi alternatif. Varian 4x2 teratas, misalnya, dengan sentuhan GR-Sport yang tepat, menjadikan SUV ini lebih menawan dan ideal sebagai pilihan utama bagi para peminat kendaraan perkotaan. Pembaruan pada interior juga tidak kalah menarik, termasuk interface head unit yang baru, layar hiburan belakang berukuran 11,6 inci, serta LCDM 2 remote immobilizer dan wifi dalam mobil yang meningkatkan kenyamanan selama berkendara.
Namun, pengujian yang lebih mendalam dan berjangka panjang tentu saja sangat diperlukan. Fortuner memiliki peran penting sebagai produk SUV medium bertenaga diesel yang disukai banyak orang di Indonesia. (Sta)
Baca Juga: Toyota New Fortuner 2024 Meluncur dengan Wajah Baru dan Peranti TSS
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.