Ford Everest 2023 Mendebut, Rival Fortuner dan Pajero Sport Ini Makin Besar dan Canggih


Setelah Ranger Raptor, Ford lanjut mendebutkan Everest generasi baru. Masih menjadi versi penumpang pikap double cabin Ranger, dan saling berbagi platform. Ia dirilis untuk pasar global dan akan banyak diminati di pasar Asia, Asia Tenggara, Afrika dan Australia. Ada beberapa spek berbeda untuk mengikuti permintaan masing-masing market.

KEY TAKEAWAYS

  • Everest dirilis untuk pasar global dan akan banyak diminati di pasar Asia, Asia Tenggara, Afrika dan Australia

    Ada beberapa spek berbeda untuk mengikuti permintaan masing-masing market
  • Tersedia 4 pilihan mesin, 3 diesel dan 1 bensin

    Paling kecil 2,0-liter single-turbo diteruskan 2,0-liter Bi-turbo. Tertinggi pastilah enjin V6 3,0-liter turbo diesel. Sementara bensin diwakilkan unit EcoBoost 2,3-liter turbo
  • Ford Everest 2023

    Kini tampilan utuh All New Everest terbuka. Setelah sebelumnya lebih dulu diumbar saat sedang pengujian dalam balutan kamuflase. Tampilannya begitu tegap dan gagah. Mengingatkan postur penjelajah sejati macam Toyota Land Cruiser dan Nissan Patrol. Faktanya tetap di segmen SUV ladder frame sekelas Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport dan Isuzu Mu-X. Semuanya kompetitor berat bagi Everest di kawasan ASEAN. Namun mereka patut waspada melihat perubahan Everest.

    Ford Everest 2023

    Bukan kejutan melihat bagian wajah. Persis seperti Ranger yang banyak mengambil inspirasi dari Ford F-150 dan Maverick. Serbakotak dan tebal, sehingga membentuk kesan tegas serta semakin gagah. Satu palang horizontal melintang dari grille hingga lampu, bersamaan headlamp C-shape yang sepertinya juga berisi teknologi Matrix LED. Bagian bodi lain tampak sederhana dan memang tidak banyak dramatisir. Buritan cukup diisi lampu datar dengan pola pendaran membentuk huruf L. Seperti halnya SUV ladder-frame sekelas lain yang bagian bak dipermak dan dijadikan kabin penumpang.

    Ford Everest 2023

    Ukuran bodi membesar dibanding model terdahulu. Belum ada data detail soal itu, namun disebut wheelbase memanjang 50 mm menjadi 3.270 mm. Trek roda juga melebar 50 mm, diklaim memberikan pengendalian lebih mantap di jalan aspal dan off-road. Ia sangat siap menjelajah di dua alam. Bagian kolong diberi proteksi, sudah ada differential, mode off-road dan tow hook. Melibas genangan air juga sangat aman berkat kemampuan wading depth 80 cm.

    Baca Juga: Ford Mulai Pamer Generasi Baru Everest

     

    Ford Everest 2023

    Interior akhirnya terkuak. Tidak mengejutkan juga karena tetaplah sama seperti Ranger. Paling menonjol dari monitor superbesar di tengah. Untuk tipe Ambiente ukurannya 10-inci, sedangkan tipe Trend, Sport dan Platinum sebesar 12-inci. Masih ada panel instrumen digital 8-inci dan 12,4-inci khusus varian tertinggi Platinum. Sistem Ford SYNC 4A terbaru menjadi pusat segala informasi dan hiburan. Berisi ragam fungsi konektivitas untuk komunikasi juga. Termasuk menampilkan data off-road dan statistik berkendara. Fitur lain demi menunjang kenyamanan, berupa wireless charging, ventilated seat plus penghangat dan pengaturan kursi elektrik dengan memori.

    Ford Everest 2023

    Komposisi kursi diatur sebagai mobil penumpang. Kata pabrikan, akses ke baris ketiga makin gampang berkat kursi baris kedua yang dapat digeser maju dan mundur. Pelipatannya pun begitu praktis dengan perbanding 60:40 di baris kedua dan 50:50 di baris ketiga. Hebatnya lagi, semua bisa dilipat rata lantai sehingga menyajikan area luas nan datar. Lalu banyak area penyimpanan barang dan power outlet di setiap baris.

    Ford Everest 2023

    Seperti Ranger, konsumen diberi beberapa pilihan penggerak. Ada dua sistem 4WD. Pertama 4WD part-time yang bisa diatur melalui transfer case. Metode peralihan secara shift-on-the-fly dan tersedia dua-percepatan. Kemudian sistem 4WD permanen menggunakan pengaturan Electro-Mechanical Transfer Case (EMTC) dua-percepatan. Penggerak 4x2 RWD malah tidak dilupakan untuk permintaan negara tertentu.

    Ford Everest 2023

    Beranjak ke mesin, disediakan empat pilihan yang tiga di antaranya diesel. Paling kecil 2,0-liter single-turbo diteruskan 2,0-liter Bi-turbo. Tertinggi pastilah enjin V6 3,0-liter turbo diesel. Belum diketahui pasti besaran output dihasilkan. Jika mengacu Ranger Raptor versi Eropa, tenaganya 288 PS dan 491 Nm. Sementara perwakilan bensin tetap diberikan. Ialah unit EcoBoost 2,3-liter turbo yang juga dipakai di generasi terdahulu. Pilihan transmisi tergantu jantung penggerak, ada otomatis 6-percepatan atau SelectShift otomatis 10-percepatan.

    Ford Everest 2023

    Fitur keselamatan makin serius. Jumlah airbag tambah banyak hingga mencapai 9 titik. Termasuk kantong udara untuk bagian dada dan airbag tirai sampai baris ketiga. Fitur driver assistance pun tersedia. Ford memberikan sistem Adaptive Cruise Control (ACC) dalam tiga versi. Peranti penjaga lajur Lane-Keeping System mampu mendeteksi ujung jalan dan intervensi kemudi. Semua memakai radar dan kamera untuk mendeteksi obyek di sekitar. Ditambah lagi Pre-Collision Assist yang mampu berfungsi di persimpangan. Rem berfungsi secara otomatis jika pengemudi menyeberang apabila tidak memperlambat laju di persimpangan.

    Ford Everest 2023

    All New Everest akan dirakit di pabrik Rayong, Thailand. Belum ada harga lengkap, kemungkinan baru dirilis mendekati momen peluncuran ke publik. (Odi)

     

    Baca Juga: Ford Ranger Raptor 2023 Mendebut Ditenagai Enjin V6 3.0L 397 PS/583 Nm

    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Mobil Ford Unggulan

    Artikel Mobil Ford dari Carvaganza

    • Amerika Serbu Eropa, Ford Mustang GTD Lahap Nurburgring Kurang dari 7 Menit
      Amerika Serbu Eropa, Ford Mustang GTD Lahap Nurburgring Kurang dari 7 Menit
      Wahyu Hariantono . 12 Des, 2024
    • GJAW 2024: RMA Rilis Tiga Model SUV Ford, Salah Satunya Limited Edition
      GJAW 2024: RMA Rilis Tiga Model SUV Ford, Salah Satunya Limited Edition
      Anjar Leksana . 23 Nov, 2024
    • RMA Siap Rilis 3 Model SUV Baru Ford di GJAW 2024
      RMA Siap Rilis 3 Model SUV Baru Ford di GJAW 2024
      Anjar Leksana . 20 Nov, 2024
    • Lanjutkan Ekspansi, RMA Buka Dealer Ford Pertama di Bali
      Lanjutkan Ekspansi, RMA Buka Dealer Ford Pertama di Bali
      Zenuar Yoga . 08 Okt, 2024
    • Ford Everest Titanium Tawarkan Paduan SUV Tangguh dan Fitur ADAS Lengkap
      Ford Everest Titanium Tawarkan Paduan SUV Tangguh dan Fitur ADAS Lengkap
      Wahyu Hariantono . 07 Sep, 2024

    Artikel Mobil Ford dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Road Test
    • Ford Lanjut Tawarkan Promo Akhir Tahun
      Ford Lanjut Tawarkan Promo Akhir Tahun
      Muhammad Hafid . 14 Des, 2024
    • RMA Jual 3 Model Anyar Ford di GJAW 2024, Everest Tembus Rp1 Miliar Lebih
      RMA Jual 3 Model Anyar Ford di GJAW 2024, Everest Tembus Rp1 Miliar Lebih
      Anjar Leksana . 23 Nov, 2024
    • RMA Jual 3 Model Anyar Ford di GJAW 2024, Everest Tembus Rp1 Miliar Lebih
      RMA Jual 3 Model Anyar Ford di GJAW 2024, Everest Tembus Rp1 Miliar Lebih
      Anjar Leksana . 23 Nov, 2024
    • RMA Jual 3 Model Anyar Ford di GJAW 2024, Everest Tembus Rp1 Miliar Lebih
      RMA Jual 3 Model Anyar Ford di GJAW 2024, Everest Tembus Rp1 Miliar Lebih
      Anjar Leksana . 23 Nov, 2024
    • RMA Siap Bawa 3 Model Ford Terbaru di GJAW 2024
      RMA Siap Bawa 3 Model Ford Terbaru di GJAW 2024
      Anjar Leksana . 18 Nov, 2024
    • Membandingkan Ford Ranger dengan Rival Mitsubishi Triton dan Toyota Hilux
      Membandingkan Ford Ranger dengan Rival Mitsubishi Triton dan Toyota Hilux
      Setyo Adi Nugroho . 25 Mar, 2022
    • Minat dengan Hatchback Amerika Bekas? Cek Ford Fiesta S
      Minat dengan Hatchback Amerika Bekas? Cek Ford Fiesta S
      Helmi Alfriandi . 16 Nov, 2020
    • 6 Merek Mobil Dengan Penjualan Minim di Indonesia
      6 Merek Mobil Dengan Penjualan Minim di Indonesia
      Ardiantomi . 01 Nov, 2016
    • First Drive Ford Ranger Raptor: Double Cabin Termahal di Indonesia
      First Drive Ford Ranger Raptor: Double Cabin Termahal di Indonesia
      Setyo Adi Nugroho . 18 Mar, 2022