GAIC Aion UT Disiapkan untuk Melawan BYD Dolphin

GAC Aion UT

GAC Aion baru saja membuka jalur pemesanan untuk model UT di Tiongkok, siap bersaing dengan BYD Dolphin di segmen hatchback elektrik. Menariknya, Aion UT dibanderol lebih murah 10 ribu yuan atau sekitar Rp 22 jutaan dibandingkan dengan model pabrikan yang saat ini memimpin pasar elektrifikasi global. Harganya berkisar antara 89.800 yuan (Rp198,9 jutaan) hingga 109.800 yuan (Rp242,9 jutaan berdasarkan kurs pada 09/01).

Potensi Aion UT untuk masuk ke pasar Indonesia cukup besar. Mobil ini adalah model ketiga dari Aion yang dirancang untuk pasar global, setelah generasi kedua Aion V dan sedan Aion RT. Ini menunjukkan kemungkinan besar bahwa model ini akan dipasarkan ke luar negeri setelah peluncuran domestiknya.

BYD telah lebih dulu masuk ke Indonesia dengan memasarkan Dolphin dan mendapatkan respons yang cukup positif. Jika Aion UT juga dipasarkan di sini, bisa jadi akan meningkatkan daya saing dengan banderol yang lebih kompetitif.

GAC Aion UT

Aion UT, yang sebelumnya dikenal dengan nama kode AY2, adalah mobil kompak yang dirancang untuk mobilitas perkotaan. Dimensinya panjang 4.270 mm, lebar 1.850 mm, dan tinggi 1.575 mm. Sebagai perbandingan, BYD Dolphin memiliki dimensi panjang 4.290 mm, lebar 1.770 mm, dan tinggi 1.570 mm. Aion UT memiliki jarak sumbu roda 2.750 mm.

Desain Aion UT mencerminkan gaya khas Aion dengan banyak bagian tubuh yang membulat. Tampilan depannya terkesan menggemaskan dengan sektor penerangan berbentuk tajam. Bumper depan dilengkapi grille dengan kisi-kisi hitam dan lampu kabut LED. Bagian belakang memiliki konsep minimalis dengan bumper kontras yang menyambung dengan cladding hitam yang mengelilingi mobil. Lampu kombinasi belakang bermain dengan pola geometris yang sederhana, dan pilar D diberi kover sewarna bodi untuk menambah detail tampilan.

Untuk performa, GAC Aion UT menggunakan motor listrik magnet permanen dengan tenaga puncak 100 kW atau 134 hp. Energi berasal dari baterai jenis LFP berkapasitas 44 kWh, memberikan jarak tempuh 420 km. Jarak tempuh ini cukup untuk penggunaan di perkotaan, namun diperlukan strategi pengisian daya jika digunakan untuk perjalanan luar kota. Meski begitu, jarak tempuh ini lebih kecil dari klaim awal yang menunjukkan 600 km. Proses pengisian daya dari 30% ke 80% membutuhkan waktu sekitar 24 menit.

GAC Aion UT

Interiornya membawa nuansa futuristik dan minimalis dengan minim tombol fisik di dasbor. Material soft touch dipadukan dengan trim kromium matte pada setir dan handle. Fitur seperti pengisi daya smartphone nirkabel, cupholder, dan banyak kompartemen juga hadir. Konsol tengah bergaya floating menambah kesan modern.

Layar utama untuk multimedia sekaligus kontrol fungsi kendaraan berukuran besar, yaitu 14,6 inci, sementara panel instrumen digital berukuran 8,8 inci. Sistem infotainment mendukung HiCar, CarLink, dan CarPlay. Ada juga asisten suara berbasis AI yang memungkinkan pengguna mengatur navigasi, kursi, dan kontrol suhu melalui perintah suara.

Kabinnya lapang dengan bagasi berkapasitas 440 liter, mampu menampung empat koper medium. Kapasitas ini bisa dimaksimalkan hingga 1.600 liter dengan melipat rata kursi belakang. (Hfd)

Baca Juga: 

Canggihnya Platform Teknologi Magazine Battery di Seluruh Mobil-mobil AION

GAC Aion Rilis Model Global Hyper GT, Berpeluang Dijual di Indonesia

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil GAC Unggulan

Artikel Mobil GAC dari Carvaganza

  • Debut di IIMS 2025, Aion Siap Bawa SUV Listrik Mewah
    Debut di IIMS 2025, Aion Siap Bawa SUV Listrik Mewah
    Bangkit Jaya . Hari ini
  • Ngegas Aion V Jakarta - Jogja Nonstop, Cek Hasil Konsumsi Listriknya
    Ngegas Aion V Jakarta - Jogja Nonstop, Cek Hasil Konsumsi Listriknya
    Bangkit Jaya . 10 Feb, 2025
  • Aion Lirik Segmen Hybrid, Sedang Seleksi Produk Baru untuk Indonesia
    Aion Lirik Segmen Hybrid, Sedang Seleksi Produk Baru untuk Indonesia
    Bangkit Jaya . 09 Feb, 2025
  • Laku Dipesan Ratusan Unit, Aion V Siap Dikirim ke Konsumen Bulan Depan
    Laku Dipesan Ratusan Unit, Aion V Siap Dikirim ke Konsumen Bulan Depan
    Bangkit Jaya . 06 Feb, 2025
  • Aion Y Plus Dapat Fitur Baru, Bisa Update Gratis ke Dealer Resmi
    Aion Y Plus Dapat Fitur Baru, Bisa Update Gratis ke Dealer Resmi
    Anjar Leksana . 03 Feb, 2025

Artikel Mobil GAC dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test
  • Aion Akan Pajang Model Baru di IIMS 2025, Apakah GAC GS8?
    Aion Akan Pajang Model Baru di IIMS 2025, Apakah GAC GS8?
    Bangkit Jaya Putra . 10 Feb, 2025
  • Pasarnya Seksi, Aion Lagi Seleksi Mobil Hybrid yang Pas buat Konsumen Indonesia
    Pasarnya Seksi, Aion Lagi Seleksi Mobil Hybrid yang Pas buat Konsumen Indonesia
    Bangkit Jaya Putra . 10 Feb, 2025
  • AION V Sudah Terpesan 800 Unit, Pengiriman ke Konsumen Maret 2025
    AION V Sudah Terpesan 800 Unit, Pengiriman ke Konsumen Maret 2025
    Bangkit Jaya Putra . 05 Feb, 2025
  • Aion Y Plus Kini Dibekali Sistem Android Auto
    Aion Y Plus Kini Dibekali Sistem Android Auto
    Anjar Leksana . 03 Feb, 2025
  • Berbanderol Lebih Murah, Hatchback EV GAC Aion UT Mengancam BYD Dolphin
    Berbanderol Lebih Murah, Hatchback EV GAC Aion UT Mengancam BYD Dolphin
    Muhammad Hafid . 09 Jan, 2025
  • Tes Efisiensi Baterai AION V Sejauh 253 Km, Segini Konsumsi Dayanya
    Tes Efisiensi Baterai AION V Sejauh 253 Km, Segini Konsumsi Dayanya
    Bangkit Jaya Putra . 07 Feb, 2025
  • 10 Model EV yang Menarik Perhatian di 2024
    10 Model EV yang Menarik Perhatian di 2024
    Setyo Adi Nugroho . 18 Des, 2024
  • 5 Fitur Hyptec HT yang Mendukung Kenyamanan
    5 Fitur Hyptec HT yang Mendukung Kenyamanan
    Muhammad Hafid . 18 Okt, 2024
  • First Drive Aion ES: Cocok Buat Sedan EV Pertama Kalian!
    First Drive Aion ES: Cocok Buat Sedan EV Pertama Kalian!
    Setyo Adi Nugroho . 27 Jul, 2024