Di India, New Suzuki Baleno 2022 meluncur tanggal 23 Februari. Pemberitaan lagi gencar di sana bersama tebaran foto mata-mata. Namun kini tampilan aslinya sudah terkuak tanpa perlu menunggu hari-H. Prinsipal kami di sana mendapatkan bocoran gambar asli berikut spesifikasi dari brosur. Kalau diperhatikan, ubahannya tergolong niat. Kemungkinan besar juga diadopsi untuk Baleno di pasar Indonesia.
Sekarang terlihat jelas bagian mana saja yang mengalami penyegaran. Karena ini facelift kedua, jangan berharap ada perubahan besar-besaran dari seluruh desain. Profil masih sama dengan bentuk bodi dipertahankan. Rombakan di luar fokus ke fasad dan buritan saja. Dari samping bahkan cuma mengganti desain pelek.
Mulai dari muka. Sebenarnya pola rancang desain wajah masih identik. Cuma grille mengalami desain ulang hingga dibuat lebih melebar. Sangat jembar hingga merambah lampu utama sisi bagian atas. Padahal kalau tidak mengubah grille, sepertinya bentuk lampu tetap sama saja. Jadinya headlamp LED menyipit yang dihias Daytime Running Light (DRL) gaya anak panah. Imbas perubahan itu ternyata mengubah bentuk kap mesin. Bemper turut mendapat sentuhan anyar agar didapat tampilan tegas. Kini rumah fog lamp mengecil sebagai konsekuensi grille besar.
Menjalar ke samping, tidak sesuatu yang jauh berbeda. Garis bahu masih mengalir tinggi ke belakang. Bersama hiasan kromium di lis jendela dan gagang pintu. Desain pelek sewajarnya berubah meski disinyalir tetap berukuran 16-inci. Di belakang, lampu mendapat satu bidang baru di pintu bagasi. Sepertinya berfungsi juga sebagai lampu dengan pendaran setengah melingkar. Bemper hanya berubah sedikit. Posisi reflektor pindah posisi jadi lebih tinggi.
Baca Juga: Suzuki Baleno 2022 Terkuak, Tampilan Tak Kalah Menarik dari Honda City Hatchback
Interior mengalami revisi lumayan banyak. Desain setir tak lagi pakai gaya jadul sejak Ertiga generasi pertama. Akhirnya berganti model baru meski dipakai juga oleh Ertiga gen-2, Jimny dan lainnya. Pemandangan tak kalah berbeda tersaji di dasbor. Area tengah kini dikuasai monitor ekstrabesar berukuran 9-inci. Sudah dilengkapi ragam konektivitas termasuk Android Auto dan Apple CarPlay. Ventilasi AC dan tombol climate control diubah. Sekarang berjajar rapi.
Ada fitur baru belum pernah ada sebelumnya. Ia jadi pertama di kelasnya yang dilengkapi head-up display. Kemudian ada kamera 360 derajat, wireless charger, automatic climate control, keyless entry, cruise control dan auto headlamp. Intinya menambah kemudahan dan kenyamanan berkendara. Bahkan sistem audio hasil racikan Arkamys. Penumpang belakang akan dibuai ventilasi AC di tengah. Bersamaan USB port untuk mengisi baterai gawai.
Peranti keselamatan juga makin komplet. Jumlah airbag bertambah menjadi 6 titik. ABS+EBD sudah pasti ada berikut Electronic Stability Control (ESC) dan Hill Hold khusus di varian AMT.
Nah, transmisi dan mesin Baleno di India adalah pembeda utama dengan versi Indonesia. Berlanjut ke model 2022, disebut hanya menggunakan opsi enjin bensin K-Series Dual Jet 1,2-liter bertenaga 90 PS. Pilihan transmisi tetap ada manual 5-percepatan dan AMT 5-percepatan. Belum tersedia varian mild-hybrid atau CVT. Mungkin disimpan untuk penyegaran selanjutnya. Yang pasti mesin 1,2-liter ini tetap irit. Klaim terdahulu untuk Baleno M/T didapat 22,34 km/liter dan AMT 22,94 km/liter.
Kehadiran New Maruti Suzuki Baleno juga akan diikuti versi Toyota-nya, yaitu Glanza. Sepertinya tetap melanjutkan rebadge seperti model terdahulu. Bagaimana dengan Indonesia? Kami yakin Baleno baru juga akan seperti ini. Diekspektasikan beberapa tambahan fitur yang sama, meski mekanikal penggerak diyakini tak berubah. Nantikan saja. (Odi)
Baca Juga: Suzuki Ertiga dan XL7 Facelift Menanti Peluncuran, Dikabarkan Pakai Matik Baru
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.