Honda Motor Co.,Ltd mendaftarkan gambar paten All New CR-V 2023 di Indonesia. Hal itu tertera di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM. Tepatnya di dokumen Berita Resmi Desain Industri, nomor pengajuan A00202200178. Kans masuk sini sangat besar, mengingat medium SUV ini merupakan produk global. Melihat spesifikasi di mancanegara, enjin 1,5-liter VTEC Turbo dipertahankan.
Betul, pemacu itu masih sama dengan model eksis di sini. Namun unit mendapat revisi supaya performa maupun efisiensi meningkat. Pengembangannya fokus ke turbo. Header 4-2 diformulasi ulang. Namun demikian, keluaran power tak berubah. Buncahan daya tetap 190 hp (193 PS) dan torsi 243 Nm. Bedanya semua didapat di putaran mesin lebih rendah. Tenaga puncak diraih pada 6.000 rpm dan torsi mulai 1.700 - 5.000 rpm. Penyalur ke roda depan juga tetap mengandalkan CVT. Tapi semakin halus.
Sedangkan varian hybrid punya teknis seperti Civic e:HEV terbaru. Mobil berbekal pemacu 4-silinder 2,0-liter siklus Atkinson. Terus dipadankan dua motor elektrik sehingga menghasilkan daya 204 hp (207 PS). Salah satu motor elektrik punya torsi lebih besar hingga 335 Nm. Sebetulnya Honda Prospect Motor bakal mendatangkan kendaraan hybrid. Mungkin CR-V 2023 salah satunya.
Baca Juga: Resmi Mendebut, Begini Spek dan Detail All New Honda CR-V Generasi Keenam
Lalu mengenai visual tubuh. Tampang generasi terbaru CR-V lebih mirip dengan BR-V di Indonesia. Namun profil tetap menunjukkan sebuah SUV 7-seater dan semakin melar. Panjang bodi menjadi 4.694 mm (+69 mm), lebar 1.864 mm (+10 mm), namun makin rendah ke 1.681 mm (-8 mm). Wheelbase menjadi 2.700 mm atau memanjang 40 mm. Bila formatnya begitu, bakal terjadi penambahan ruang kaki di penumpang baris kedua maupun ketiga.
Fitur ADAS andalan, Honda Sensing mendapatkan penyempurnaan, seperti model di Negeri Paman Sam. All New CR-V 2023 memiliki kamera baru dengan sudut 90 derajat. Kemudian sistem radar mampu memantau area sekitar, 120 derajat. Yang menarik, terdapat imbuhan peranti anyar. Generasi gres kini punya Traffic Jam Assist (TJA), Low-Speed Braking Control and Traffic Sign Recognition (TSR), Blind Spot Information (BSI) dan Adaptive Cruise Control (ACC) plus Low-Speed Follow and Lane Keeping Assist (LKAS).
Dan untuk kali pertama, Honda CR-V punya fitur Hill Descent Control. Ini bisa menjadi perpaduan tepat bagi yang memilih opsi AWD. Terutama buat penunjang kemampuan di medan off-road lumayan berat. Kapan masuk pasar Indonesia? Kemungkinan besar tahun depan. (Alx/Odi)
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.