Indikasi kemunculan generasi Honda HR-V paling anyar semakin kuat. Unit gres kedapatan tengah menjalani pembuatan TVC (Television Commercial) di kawasan PIK, Jakarta Utara. Sebelumnya data mengenai suksesor sudah terdaftar di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kemenkumham dan Samsat DKI. Sekarang tinggal menunggu waktu saja untuk peluncuran resmi. Sekadar prediksi saja, IIMS 2022 segera digelar pada Februari, sehingga bisa menjadi panggung tepat buat publikasi.
Untuk menyegarkan ingatan kita kembali. Di dalam Samsat, Honda HR-V 2022 memiliki empat varian mulai E, S, SE dan RS. Semuanya bertransmisi CVT. Tipe RS (tertinggi) punya NJKB Rp305 juta. Sehingga perkiraan banderol on the road di kisaran Rp400 juta ke atas. Dengan harga sebesar itu, ekspektasi fitur yang tertanam harus semakin canggih.
BR-V 2022 saja memiliki Honda Sensing. Harapannya, varian atas HR-V RS harus berbekal perangkat serupa. Misal, isi fitur meliputi Collision Mitigation Braking System (CMBS), Forward Collision Warning (FCW) – Integrated with CMBS, Lane Keeping Assist System (LKAS) dan Road Departure Mitigation (RDM). Terus ditambah Lane Departure Warning (LDW), Adaptive Cruise Control (ACC) with Low Speed Follow (LSF) serta Auto High Beam. Keamanan generasi penerus semakin mantap saat berselancar di jalanan.
Baca Juga: Honda HR-V 2022 Bermesin 1.5L Turbo Bakal Dipasarkan di Indonesia, Cek Nilai Jualnya
Lalu mengenai jantung pacu di bawah kap HR-V RS. Sudah bukan rahasia lagi kalau ia menggunakan enjin 1,5 liter empat silinder segaris VTEC turbo DOHC, 16 Katup + DBW. Dengan ukuran diamater langkah 73,0 mm x 89,5 mm. Buncahan hasil pembakaran internal memberi lontaran tenaga 178 PS di 5.600 rpm. Kemudian dorongan torsi puncak 240 Nm sejak 2.000 rpm - 5.000 rpm. Mesin ini sama seperti milik Civic turbo. Lantas semua lontaran energi kinetik didistribusikan via transmisi CVT.
Demi menyasar segmentasi market lebih luas lagi. Honda Prospect Motor tetap menyediakan mesin ringkas naturally aspirated di HR-V 2022. Yakni enjin 1,5 liter yang sama dari City hatchback. Ia menggantikan konfigurasi Single Over Head Camshaft (SOHC) di model lawas. Berkat racikan baru DOHC. Buncahan daya sedikit bertambah menjadi 121 PS di 6.600 rpm. Torsi maksimum 145 Nm digapai pada 4.300 rpm.
Eksterior Honda HR-V RS memiliki pola guratan kisi-kisi anyar. Itu turut menambah kesan tangguh serta bentuk bodi dengan kap mesin panjang. Lalu bagian sisi dibentuk lebih tajam juga vertikal. Formulasi Honda Architecture merupakan bahasa penyempurnaan pada keluaran produk baru. Pabrikan betul-betul memikirkan bagaimana cara membuat mobil aman, nyaman dan stabil.
Interiornya kini semakin lapang, mencuatkan sosok SUV premium. Terlihat gaya modern minimalis, diawali dengan sapuan horizontal pada panel instrumen. Lalu setiap elemen diposisikan amat presisi untuk memberikan kesan jembar. Difusi udara dibikin tertata, menciptakan aliran udara segar di samping dan sisi atas. Angin berembus dari ventilasi berbentuk L unik yang diposisikan di sudut atas dasbor. Dekorasi kabin terlihat sederhana plus head unit mengambang. Tapi sentuhannya istimewa. Tunggu kedatangannya. (Alx/Odi)
Baca Juga: Honda Accord Dapat Sentuhan Premium untuk Model 2022
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.