Toyota Hilux GR Sport jadi salah satu model yang menarik di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022. Mobil double cabin ini menyedot antusias pengunjung, termasuk kami ketika pertama kali memandangnya.
Diparkirkan di booth khusus Toyota Gazoo Racing, Hilux GR Sport jadi satu-satunya mobil berperawakan tangguh yang didandani kosmetika GR khas Toyota. Tapi sayang kehadirannya di lantai GIIAS belum untuk dijual, produk ini masih dalam tahap finalisasi yang dalam waktu dekat kabarnya akan segera dilepas resmi oleh PT Toyota-Astra Motor (TAM).
Toyota Hilux GR Sport yang dibawa ke GIIAS 2022 adalah produk yang sama dengan model di Thailand. Pengembangannya melibatkan tim Gazoo Racing sehingga membuat mobil ini punya kelas lebih tinggi dibanding varian di bawahnya.
Kehadiran di pasar global bisa dibilang sebagai model GR double cabin pertama yang diproduksi dengan DNA motorsport berdasarkan konsep utama Gazoo Racing. Tentu jadi menarik, rancang bangunnya memadupadankan antara desain tangguh dan sporty khas keluarga GR Sport yang lain.
Pengembangan Toyota Hilux GR Sport berpenggerak 4WD ini terinspirasi dari mobil balap kelas dunia Toyota yang ambil bagian di kompetisi elit World Rally Championship (WRC). Salah satu bagian yang di-highlight adalah penggunaan suspensi berjenis Monotube-nya.
Baca juga: Strategi dan Pendekatan Toyota Multi-pathway Strategy dalam Mewujudkan Netralitas Karbon
Desain monotube sendiri menciptakan area piston yang lebih besar guna memberi kinerja redaman yang andal dengan respons yang lebih cepat. Di lain hal memiliki fungsi sebagai pembuangan panas yang diklaim lebih baik.
Konstruksi peredam kejut ini juga berguna untuk menjaga kualitas kinerja oli di dalam komponen suspensi ketika dipacu di kondisi jalan yang berat. Dalam pengaplikasianya, dijelaskan oleh Toyota bila pegas koil depan dibuat lebih keras untuk merepresentasikan karakter khusus dari Hilux GR Sport.
Penggunaan suspensi tipe monotube jadi upgrade signifikan pada suspensi yang sebelumnya. Suspensi lama itu diperkenalkan pada generasi Hilux reguler, termasuk aplikasi pegas daun belakang yang diracik ulang dengan komponen bushing baru.
Lantas dengan pemakaian suspensi serta rancang kaki-kaki ini memberikan peningkatan yang positif dalam hal handling dan respons sudut kemudi. Selain itu juga mendukung kinerja di jalur lurus, dan saat diajak bermanuver di jalan rusak serta berat.
Meski begitu sektor kenyamanan ketika dipakai di jalan halus juga tetap jadi prioritas. Dengan respons cepat terhadap getaran, membuat Toyota Hilux GR Sport bukan hanya andal di jalan ekstrem tapi rasanya bakal nyaman bila dipilih sebagai kendaraan harian.
Sebagai produk flagship dari jajaran pick-up Hilux, varian GR Sport ini dijejali mesin terbaru 1GD berkapasitas 2.800 cc. Jantung pacu itu serupa dengan kepunyaan Toyota Fortuner terbaru yang belum lama ini dilepas resmi ke konsumen Indonesia.
Sengaja membandingkan dengan Toyota Hilux reguler, maka mesin di varian GR Sport jelas lebih buas. Setidaknya punya power lebih besar hingga 37 persen.
Di atas kertas penggunaan mesin itu mampu memproduksi tenaga maksimal hingga 201,2 hp dan torsi puncak menyentuh 499,1 Nm. Bila melihat data tersebut, tentu saja model ini cocok buat konsumen yang mencari mesin dengan spesifikasi tinggi untuk keperluan medan rusak atau membawa beban berat.
Untuk membuat Toyota Hilux GR Sport jadi lebih punya kelas, tentu saja ada pembeda di bagian eksterior. Model yang ditampilkan di arena GIIAS sekali lagi punya kemiripan dengan Hilux GR Sport versi pasar Thailand.
Sebagai contohnya. Di komponen grill menggunakan kelir hitam dengan emblem bertuliskan Toyota lengkap dengan emblem GR. Kemudian pengaplikasian overfender yang garang senada warna bodi, hingga dibekali pelek 18 inci GR alloy wheel.
Selanjutnya adalah penggunaan striping warna khas Gazoo racing (samping & belakang). Juga di pijakan kaki, identitas stiker berpenggerak 4X4 di bak, dan logo GR Sport di bagian buritan.
Sementara pada interior terdapat jok depan dalam kombinasi kulit hitam dan suede sintetis dengan aksen merah dan jahitan yang kontras. Identitas GR Sport dituangkan juga pada sandaran kursi, karpet, tombol starter, dan logo di bawah setir.
Aura sporty dan racing di balik kemudi Toyota Hilux GR Sport makin terasa berkat pengaplikasian aksen serba hitam. Soal fitur keselamatan, mobil ini sudah dilengkapi dengan 7 airbags dan paket keselamatan aktif Toyota Safety Sense (TSS).
Dari beberapa bocoran tenaga penjual Toyota di GIIAS 2022, keran pemesanan dari Hilux GR Sport ternyata sudah dibuka. Booking-fee yang dipatok sekitar Rp15 juta dan menjanjikan unit bakal dirilis oleh pabrikan dalam beberapa bulan ke depan.
Sebagai referensi harga saja, Toyota Hilux GR Sport di Thailand diniagakan dengan banderol 1,291,900 Baht atau setara Rp537 juta. Nah bila penasaran melihat wujud garangnya, Anda bisa langsung menyambangi booth Toyota hingga 21 Agustus 2022 mendatang. (ADV)
Baca juga: All New Toyota GR 86 Dilego Rp900 Jutaan, Ini Nilai Jualnya
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2024. Semua Hak Cipta Dilindungi.