Girboks CVT Mitsubishi Xpander Tak Perlu Ganti Oli, Kenapa Bisa Begitu?

xpander CVT

Mitsubishi Xpander baru saja mendapatkan perubahan signifikan di sektor dapur pacunya. Lebih tepatnya komponen transmisi atau girboks otomatis. Peranti yang berguna untuk mendistribusikan tenaga dari mesin ke roda ini sekarang memakai jenis Continous Variable Transmission (CVT). Bukan cuma lebih unggul dalam kenyamanan berkendara, Mitsubishi mengklaim bahwa CVT di Xpander tak perlu melakukan pergantian oli.

KEY TAKEAWAYS

  • Klaim Mitsubishi

    CVT di Xpander tak perlu melakukan pergantian oli
  • CVT sekarang diciptakan dengan masa pakai lama

    Bahkan bisa bertahan hingga pemakaian 3 tahun atau 100 ribu km tanpa masalah
  • Tetap perlu pengecekan

    Termasuk dalam servis rutin untuk memantau kondisi transmisi CVT
  • Sebelum lebih jauh, ada baiknya kita mengenal lebih dulu model transmisi CVT yang dimaksud. Jenis transmisi otomatis CVT punya cara kerja yang berbeda dibanding Xpander sebelumnya, yakni otomatis konvensional (AT). CVT mengolah tenaga untuk dialirkan mesin ke roda via sabuk baja yang menyambungkan pulley-pulley unik.

    Kedua pulley ini (driven pulley dan drive pulley) bisa membesar dan mengecil sehingga mengubah rasio antar pulley secara berkelanjutan. Perubahan rasio inilah yang akhirnya memungkinkan tenaga dari mesin terdistribusi secara gradual seiring bertambahnya kecepatan. Karena perubahan rasio tak melalui gigi yang berganti, maka tak ada hentakkan saat rasio berubah seperti pada transmisi matik konvensional. Alhasil, ubahan percepatan pun terjadi sangat halus dan nyaman.

    Dijelaskan Mitsubishi dalam siaran pers, penyesuaian di pulley-pulley dimungkinkan oleh sistem pompa fluida. Tentunya di sini fluida yang dimaksud adalah oli atau pelumas khusus CVT. Ya, dalam transmisi CVT oli memang bukan bertugas sebagai pelumas atau pendingin semata seperti pada mesin, melainkan bagian dari sistem kerja komponen tersebut.

    Karena punya tugas yang penting, Mitsubishi meracik CVT-nya dengan oli bermasa pakai sangat panjang, bahkan tak perlu dilakukan pergantian. “Mobil Mitsubishi sudah seamless transmisinya dan maintenance-nya long-life. Jadi tidak ada perawatan khusus dan tidak ada ganti oli,” ujar Boediarto selaku General Manager After Sales PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI).

    Baca Juga: Tertarik Beli Mitsubishi Xpander Ultimate CVT Secara Kredit, Berapa Cicilannya?

     

    Xpander Cross CVT

    Menurut Mitsubishi dalam keterangannya, hal ini dimungkinkan sebab transmisi CVT di kendaraan mereka diciptakan dengan masa pakai yang lama. Bahkan perangkat CVT tersebut bisa bertahan hingga pemakaian 3 tahun atau 100 ribu km tanpa masalah.

    Walau diklaim punya umur panjang, dan tidak ada perawatan secara khusus, tapi pengguna mobil bertransmisi CVT ini tetap harus melakukan pengecekan rutin di setiap kilometer yang sudah ditentukan sebagai servis rutin untuk memantau kondisi transmisi CVT.

    “Pengecekan rutin dilakukan setiap 20 ribu km di bengkel resmi Mitsubishi untuk melihat kondisi, baik dari segi kuantitas, kualitas dari transmisi CVT tersebut,” imbuh Boediarto lewat pesan singkat beberapa waktu lalu.

    Oli CVT sebagai bagian penting dari transmisi canggih ini juga salah satu yang dicek kuantitas dan kualitasnya. Saat servis rutin, jumlahnya akan diukur secara seksama. Tak cuma itu, tim mekanik di bengkel resmi juga bakalan memeriksa apakah ada rembesan yang keluar dari girboks ini.

    "Pemeriksaan kebocoran oli CVT dan pemeriksaan kuantitas oil CVT dengan metode khusus tergantung tipe kendaraan. Mekanik Mitsubishi sudah ditraining untuk melakukan pemeriksaan tersebut," tambah Boediarto.

    Nah, transmisi yang olinya tak perlu diganti menurut Mitsubishi apabila mobil digunakan dengan kondisi normal. Namun, jika penggunaan sangat sering atau tergolong berat misalnya dijadikan kendaraan operasional, disarankan Xpander wajib melakukan penggantian oli CVT setiap kelipatan 40 ribu km.

    Hadirnya transmisi CVT di Mitsubishi Xpander, membuktikan bahwa kini kemajuan teknologi sudah berhasil diterima masyarakat. Bahkan, duo kembar Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia kini mempercayakan tugas transmisi otomatis pada CVT juga. Bagaimana dengan mobil Anda, apakah sudah menggunakan transmisi CVT? (Van/Odi)

     

    Baca Juga: Rekomendasi Varian Mitsubishi Xpander Terbaru yang Paling Cocok untuk Anda

    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Mobil Unggulan

    • Yang Akan Datang

    Artikel Mobil dari Carvaganza

    • 7 Rekomendasi Mobil Hybrid di Indonesia 2025: Hemat, Ramah Lingkungan, dan Kaya Fitur
      7 Rekomendasi Mobil Hybrid di Indonesia 2025: Hemat, Ramah Lingkungan, dan Kaya Fitur
      Muhammad Hafid . 31 Jan, 2025
    • TIPS: 6 Hal Ini Bisa Ganggu Perjalanan Liburan, Ini Solusinya
      TIPS: 6 Hal Ini Bisa Ganggu Perjalanan Liburan, Ini Solusinya
      Setyo Adi . 31 Jan, 2025
    • Mercedes-Benz Siapkan V-Class Listrik Untuk Lawan MPV Cina, Punya ADAS Level 3
      Mercedes-Benz Siapkan V-Class Listrik Untuk Lawan MPV Cina, Punya ADAS Level 3
      Alvando Noya . 31 Jan, 2025
    • MPV Listrik untuk Keluarga dan Bisnis, Ini 7 Hal Menarik Maxus Mifa 7
      MPV Listrik untuk Keluarga dan Bisnis, Ini 7 Hal Menarik Maxus Mifa 7
      Tomi Tomi . 31 Jan, 2025
    • Sukses Program Go Green Fund, Chery Omoda E5 Ramai Peminat
      Sukses Program Go Green Fund, Chery Omoda E5 Ramai Peminat
      Anjar Leksana . 31 Jan, 2025

    Artikel Mobil dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Advisory Stories
    • Road Test
    • V-Green dan eTreego Siapkan 100.000 Stasiun Pengisian Daya Khusus VinFast
      V-Green dan eTreego Siapkan 100.000 Stasiun Pengisian Daya Khusus VinFast
      Alvando Noya . 31 Jan, 2025
    • GT Radial Champiro SX-R Jadi Ban Resmi Balapan Super Series 2025
      GT Radial Champiro SX-R Jadi Ban Resmi Balapan Super Series 2025
      Anjar Leksana . 31 Jan, 2025
    • Seres E1 x Gofar Hilman Tampilkan Inovasi di IIMS 2025
      Seres E1 x Gofar Hilman Tampilkan Inovasi di IIMS 2025
      Zenuar Yoga . 31 Jan, 2025
    • GWM dan OTO Mall Exhibition Pamerkan Tank 300 HEV dan Haval Jolion di Summarecon Mall Serpong
      GWM dan OTO Mall Exhibition Pamerkan Tank 300 HEV dan Haval Jolion di Summarecon Mall Serpong
      OTO . 31 Jan, 2025
    • Short Blade Battery Geely EX5, Ngecas 10 Menit Bisa Tempuh Ratusan Km
      Short Blade Battery Geely EX5, Ngecas 10 Menit Bisa Tempuh Ratusan Km
      Anjar Leksana . 31 Jan, 2025
    • 7 Mobil Hybrid yang Bisa Jadi Pertimbangan di Awal 2025
      7 Mobil Hybrid yang Bisa Jadi Pertimbangan di Awal 2025
      Muhammad Hafid . 01 Feb, 2025
    • 7 Kelengkapan Ini Jadi Pendongkrak Kenyamanan Mitsubishi Xpander Cross
      7 Kelengkapan Ini Jadi Pendongkrak Kenyamanan Mitsubishi Xpander Cross
      Ardiantomi . 31 Jan, 2025
    • New Mitsubishi Pajero Sport Kian Komplet dan Canggih, Simak Beda Variannya!
      New Mitsubishi Pajero Sport Kian Komplet dan Canggih, Simak Beda Variannya!
      Ardiantomi . 31 Jan, 2025
    • 5 LMPV yang Laris Tahun Lalu, Bakal Tetap Jadi Favorit di 2025?
      5 LMPV yang Laris Tahun Lalu, Bakal Tetap Jadi Favorit di 2025?
      Muhammad Hafid . 30 Jan, 2025
    • Simak 7 Fitur Penunjang Kenyamanan Penumpang MPV Listrik Maxus Mifa 7
      Simak 7 Fitur Penunjang Kenyamanan Penumpang MPV Listrik Maxus Mifa 7
      Ardiantomi . 30 Jan, 2025
    • Pascaliburan Jangan Lupa Cek Bagian Kendaraan Ini!
      Pascaliburan Jangan Lupa Cek Bagian Kendaraan Ini!
      Setyo Adi Nugroho . 30 Jan, 2025
    • Potensi Masalah Kendaraan di Perjalanan Sepanjang Waktu Liburan
      Potensi Masalah Kendaraan di Perjalanan Sepanjang Waktu Liburan
      Setyo Adi Nugroho . 30 Jan, 2025
    • Tips Berkendara Saat Hujan di Libur Nataru
      Tips Berkendara Saat Hujan di Libur Nataru
      Setyo Adi Nugroho . 30 Des, 2024
    • Perhatikan Faktor Ini untuk Atasi Mesin Hilang Tenaga dan Ngelitik
      Perhatikan Faktor Ini untuk Atasi Mesin Hilang Tenaga dan Ngelitik
      Setyo Adi Nugroho . 30 Des, 2024
    • Berkendara Liburan Akhir Tahun, Persiapkan Hal Ini Biar Aman dan Nyaman
      Berkendara Liburan Akhir Tahun, Persiapkan Hal Ini Biar Aman dan Nyaman
      Setyo Adi Nugroho . 11 Des, 2024
    • First Drive Mazda CX-80 PHEV: Performa dan Konsumsi BBM Impresif!
      First Drive Mazda CX-80 PHEV: Performa dan Konsumsi BBM Impresif!
      Setyo Adi Nugroho . 31 Jan, 2025
    • Test Drive Mazda CX-30: Karakter Sporty Mendominasi Plus Kenyamanan Ekstra
      Test Drive Mazda CX-30: Karakter Sporty Mendominasi Plus Kenyamanan Ekstra
      Setyo Adi Nugroho . 21 Jan, 2025
    • Test Drive Pikap Toyota Hilux Rangga: Bukan Sekadar Kendaraan Niaga Biasa
      Test Drive Pikap Toyota Hilux Rangga: Bukan Sekadar Kendaraan Niaga Biasa
      Zenuar Yoga . 23 Des, 2024
    • First Drive Jetour X70 Plus: Andalkan Kelapangan Kabin dan Tenaga Perkasa
      First Drive Jetour X70 Plus: Andalkan Kelapangan Kabin dan Tenaga Perkasa
      Anjar Leksana . 19 Des, 2024
    • Test Drive Hyundai Santa Fe 2.5 GDi Calligraphy: Tetap Memberikan Esensi Kemewahan dan Kenyamanan
      Test Drive Hyundai Santa Fe 2.5 GDi Calligraphy: Tetap Memberikan Esensi Kemewahan dan Kenyamanan
      Anindiyo Pradhono . 14 Des, 2024