Girboks CVT Mitsubishi Xpander Tak Perlu Ganti Oli, Kenapa Bisa Begitu?

xpander CVT

Mitsubishi Xpander baru saja mendapatkan perubahan signifikan di sektor dapur pacunya. Lebih tepatnya komponen transmisi atau girboks otomatis. Peranti yang berguna untuk mendistribusikan tenaga dari mesin ke roda ini sekarang memakai jenis Continous Variable Transmission (CVT). Bukan cuma lebih unggul dalam kenyamanan berkendara, Mitsubishi mengklaim bahwa CVT di Xpander tak perlu melakukan pergantian oli.

KEY TAKEAWAYS

  • Klaim Mitsubishi

    CVT di Xpander tak perlu melakukan pergantian oli
  • CVT sekarang diciptakan dengan masa pakai lama

    Bahkan bisa bertahan hingga pemakaian 3 tahun atau 100 ribu km tanpa masalah
  • Tetap perlu pengecekan

    Termasuk dalam servis rutin untuk memantau kondisi transmisi CVT
  • Sebelum lebih jauh, ada baiknya kita mengenal lebih dulu model transmisi CVT yang dimaksud. Jenis transmisi otomatis CVT punya cara kerja yang berbeda dibanding Xpander sebelumnya, yakni otomatis konvensional (AT). CVT mengolah tenaga untuk dialirkan mesin ke roda via sabuk baja yang menyambungkan pulley-pulley unik.

    Kedua pulley ini (driven pulley dan drive pulley) bisa membesar dan mengecil sehingga mengubah rasio antar pulley secara berkelanjutan. Perubahan rasio inilah yang akhirnya memungkinkan tenaga dari mesin terdistribusi secara gradual seiring bertambahnya kecepatan. Karena perubahan rasio tak melalui gigi yang berganti, maka tak ada hentakkan saat rasio berubah seperti pada transmisi matik konvensional. Alhasil, ubahan percepatan pun terjadi sangat halus dan nyaman.

    Dijelaskan Mitsubishi dalam siaran pers, penyesuaian di pulley-pulley dimungkinkan oleh sistem pompa fluida. Tentunya di sini fluida yang dimaksud adalah oli atau pelumas khusus CVT. Ya, dalam transmisi CVT oli memang bukan bertugas sebagai pelumas atau pendingin semata seperti pada mesin, melainkan bagian dari sistem kerja komponen tersebut.

    Karena punya tugas yang penting, Mitsubishi meracik CVT-nya dengan oli bermasa pakai sangat panjang, bahkan tak perlu dilakukan pergantian. “Mobil Mitsubishi sudah seamless transmisinya dan maintenance-nya long-life. Jadi tidak ada perawatan khusus dan tidak ada ganti oli,” ujar Boediarto selaku General Manager After Sales PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI).

    Baca Juga: Tertarik Beli Mitsubishi Xpander Ultimate CVT Secara Kredit, Berapa Cicilannya?

     

    Xpander Cross CVT

    Menurut Mitsubishi dalam keterangannya, hal ini dimungkinkan sebab transmisi CVT di kendaraan mereka diciptakan dengan masa pakai yang lama. Bahkan perangkat CVT tersebut bisa bertahan hingga pemakaian 3 tahun atau 100 ribu km tanpa masalah.

    Walau diklaim punya umur panjang, dan tidak ada perawatan secara khusus, tapi pengguna mobil bertransmisi CVT ini tetap harus melakukan pengecekan rutin di setiap kilometer yang sudah ditentukan sebagai servis rutin untuk memantau kondisi transmisi CVT.

    “Pengecekan rutin dilakukan setiap 20 ribu km di bengkel resmi Mitsubishi untuk melihat kondisi, baik dari segi kuantitas, kualitas dari transmisi CVT tersebut,” imbuh Boediarto lewat pesan singkat beberapa waktu lalu.

    Oli CVT sebagai bagian penting dari transmisi canggih ini juga salah satu yang dicek kuantitas dan kualitasnya. Saat servis rutin, jumlahnya akan diukur secara seksama. Tak cuma itu, tim mekanik di bengkel resmi juga bakalan memeriksa apakah ada rembesan yang keluar dari girboks ini.

    "Pemeriksaan kebocoran oli CVT dan pemeriksaan kuantitas oil CVT dengan metode khusus tergantung tipe kendaraan. Mekanik Mitsubishi sudah ditraining untuk melakukan pemeriksaan tersebut," tambah Boediarto.

    Nah, transmisi yang olinya tak perlu diganti menurut Mitsubishi apabila mobil digunakan dengan kondisi normal. Namun, jika penggunaan sangat sering atau tergolong berat misalnya dijadikan kendaraan operasional, disarankan Xpander wajib melakukan penggantian oli CVT setiap kelipatan 40 ribu km.

    Hadirnya transmisi CVT di Mitsubishi Xpander, membuktikan bahwa kini kemajuan teknologi sudah berhasil diterima masyarakat. Bahkan, duo kembar Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia kini mempercayakan tugas transmisi otomatis pada CVT juga. Bagaimana dengan mobil Anda, apakah sudah menggunakan transmisi CVT? (Van/Odi)

     

    Baca Juga: Rekomendasi Varian Mitsubishi Xpander Terbaru yang Paling Cocok untuk Anda

    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Mobil Unggulan

    Artikel Mobil dari Carvaganza

    • Besok, Aletra Debut di Indonesia Luncurkan MPV Listrik Lawan BYD M6
      Besok, Aletra Debut di Indonesia Luncurkan MPV Listrik Lawan BYD M6
      Zenuar Yoga . Hari ini
    • TEST DRIVE: Mercedes-AMG A 35 Sedan, Oase Bagi Petrolhead di Tengah Badai EV
      TEST DRIVE: Mercedes-AMG A 35 Sedan, Oase Bagi Petrolhead di Tengah Badai EV
      Wahyu Hariantono . Hari ini
    • Presdir Inchcape: Tahun Depan GWM Rakit Lokal EV di Indonesia
      Presdir Inchcape: Tahun Depan GWM Rakit Lokal EV di Indonesia
      Alvando Noya . Hari ini
    • All New Hyundai Tucson Meluncur Bermesin Hybrid, Harga Mulai Rp632 Juta
      All New Hyundai Tucson Meluncur Bermesin Hybrid, Harga Mulai Rp632 Juta
      Muhammad Hafid . Hari ini
    • Tahun Depan CATL Rilis Baterai Natrium-Ion Terbaru, Punya Daya Tahan Lebih Andal
      Tahun Depan CATL Rilis Baterai Natrium-Ion Terbaru, Punya Daya Tahan Lebih Andal
      Muhammad Hafid . Hari ini

    Artikel Mobil dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Advisory Stories
    • Road Test
    • Aletra Siap Luncurkan Mobil Listrik Pesaing BYD M6 di GJAW 2024
      Aletra Siap Luncurkan Mobil Listrik Pesaing BYD M6 di GJAW 2024
      Zenuar Yoga . Hari ini
    • GWM Pastikan Mobil Listrik Ora Siap Beredar Tahun Depan
      GWM Pastikan Mobil Listrik Ora Siap Beredar Tahun Depan
      Alvando Noya . Hari ini
    • New Hyundai Tucson Resmi Mengaspal, Ada Varian Hybrid
      New Hyundai Tucson Resmi Mengaspal, Ada Varian Hybrid
      Muhammad Hafid . Hari ini
    • Daftar Mobil Murah di Akhir Tahun, Ada Brio Satya, Agya, Ayla, Calya dan Sigra
      Daftar Mobil Murah di Akhir Tahun, Ada Brio Satya, Agya, Ayla, Calya dan Sigra
      Setyo Adi Nugroho . Hari ini
    • CATL Luncurkan Baterai Natrium-ion Gen 2 Pada 2025, Tahan Suhu  Minus 40 Derajat Celsius
      CATL Luncurkan Baterai Natrium-ion Gen 2 Pada 2025, Tahan Suhu  Minus 40 Derajat Celsius
      Muhammad Hafid . 20 Nov, 2024
    • Sama-sama SUV Hybrid, Komparasi Hyundai Santa Fe Vs Honda CR-V
      Sama-sama SUV Hybrid, Komparasi Hyundai Santa Fe Vs Honda CR-V
      Setyo Adi Nugroho . 30 Okt, 2024
    • Alasan All New Mitsubishi Triton Tangguh Buat Kerja, Tapi Juga Asyik Buat Gaya
      Alasan All New Mitsubishi Triton Tangguh Buat Kerja, Tapi Juga Asyik Buat Gaya
      Ardiantomi . 29 Okt, 2024
    • Menilik Kembali Ragam Keunggulan Mitsubishi Xforce
      Menilik Kembali Ragam Keunggulan Mitsubishi Xforce
      Ardiantomi . 29 Okt, 2024
    • Fakta Menarik dari Supercar Terbaru Ferrari F80 yang Sarat Kecanggihan
      Fakta Menarik dari Supercar Terbaru Ferrari F80 yang Sarat Kecanggihan
      Alvando Noya . 22 Okt, 2024
    • Perangkat Nissan Serena e-Power yang Mendukung Perjalanan Luar Kota
      Perangkat Nissan Serena e-Power yang Mendukung Perjalanan Luar Kota
      Anjar Leksana . 21 Okt, 2024
    • Berkaca dari Kecelakaan Cipularang KM 92, Apa yang Harus Dilakukan Biar Tak Terulang
      Berkaca dari Kecelakaan Cipularang KM 92, Apa yang Harus Dilakukan Biar Tak Terulang
      Setyo Adi Nugroho . 14 Nov, 2024
    • Jangan Disepelekan, Ban Serep Juga Butuh Perhatian
      Jangan Disepelekan, Ban Serep Juga Butuh Perhatian
      Setyo Adi Nugroho . 04 Nov, 2024
    • Tips Perawatan Ban Mobil Memasuki Musim Hujan
      Tips Perawatan Ban Mobil Memasuki Musim Hujan
      Setyo Adi Nugroho . 18 Okt, 2024
    • Perhatikan Jenis Barang Saat Memanfaatkan Bagasi Depan Mobil Listrik
      Perhatikan Jenis Barang Saat Memanfaatkan Bagasi Depan Mobil Listrik
      Setyo Adi Nugroho . 02 Okt, 2024
    • Tips Menghadapi Kemacetan Horor seperti di Puncak
      Tips Menghadapi Kemacetan Horor seperti di Puncak
      Setyo Adi Nugroho . 18 Sep, 2024
    • Test Drive Hyundai Ioniq 5 N di Mandalika: Solusi Listrik Mobil Sport Buat "Petrolhead"
      Test Drive Hyundai Ioniq 5 N di Mandalika: Solusi Listrik Mobil Sport Buat "Petrolhead"
      Wahyu Hariantono . 18 Nov, 2024
    • Road Test BYD M6: MPV Listrik Pertama Buat Boyong Keluarga
      Road Test BYD M6: MPV Listrik Pertama Buat Boyong Keluarga
      Muhammad Hafid . 21 Okt, 2024
    • Road Test Honda Accord RS e:HEV: Lebih Irit dari LCGC!
      Road Test Honda Accord RS e:HEV: Lebih Irit dari LCGC!
      Wahyu Hariantono . 16 Okt, 2024
    • First Drive Rolls-Royce Spectre: Puncak Strata Kemewahan
      First Drive Rolls-Royce Spectre: Puncak Strata Kemewahan
      Wahyu Hariantono . 08 Okt, 2024
    • Test Drive Seres E1: Paket EV Menarik Buat Dipakai Aktivitas Harian
      Test Drive Seres E1: Paket EV Menarik Buat Dipakai Aktivitas Harian
      Ardiantomi . 01 Okt, 2024